Ngobrol BarengYuk.. diskusi, berbagi informasi seputar dunia blog.

Apa Yang Dilakukan Setelah Memiliki Blog

Apa Yang Dilakukan Setelah Memiliki Blog ?
Pengalaman ini berlaku bagi yang memiliki blog dengan engine blogger maupun wordpress. Mengacu kepada fungsi awal sebenarnya dari blog, adalah sebuah media online yang berisi tulisan, cerita, baik personal maupun yang lain (iklan, publikasi produk, –dsb). Maka “nyawa” utama nya adalah “menulis/menyampaikan”, dimana saat ini bentuk menulis tersebut sudah berkembang tidak hanya sekedar berupa “diary” namun juga untuk keperluan lain.

Apa Yang Dilakukan Setelah Memiliki Blog

Sebelum kita lanjutkan, mari kita lihat artikel sebelumnya, tentang :

  • Memiliki blog pribadi menggunakan Blogger — Lihat Disini.
  • Memiliki blog pribadi menggunakan WordPress — Lihat Disini.

Setelah memiliki blog pribadi, maka sebagai awal dan merupakan yang terpenting adalah, menulis. Terus saja menulis dengan topik yang mudah, bersifat keseharian serta dikuasai, seperti misalnya : kegiatan keseharian, pengalaman usaha, ketika berkunjung ke tempat wisata, acara yang pernah dihadiri, dan pengalaman pribadi lainnya. Tidak perlu terlalu mengambil topik khusus, karena biasanya akan membuat ide untuk kita menulis menjadi terbatas.

Apa Yang Dilakukan Setelah Memiliki Blog ?
Topik khusus untuk blog, biasanya akan berkembang sendiri sesuai perjalanan kita memiliki blog, semisal ; jika anda memiliki keahlian khusus, maka akan berkembang dengan topik keahlian tersebut, yang kemudian akan memerlukan sebuah blog baru untuk pemasaran jika keahlian tersebut bersifat produk atau jasa, yang lebih jauh lagi akan memerlukan sebuah blog yang berfungsi sebagai Toko Online atau Jasa Online. Nah, jika sudah demikian, maka kemungkinan anda sudah dapat menjadikan aktivitas ngeblog sebagai penghasilan tambahan.

Terkait manfaat ngeblog, selain sedikit uraian diatas, juga dapat menjadi sarana silaturahmi kita dengan yang lain, karena biasanya akan kita temukan ‘wadah-wadah’ atau komunitas blogger, baik melalui media sosial, maupun yang lainnya. Seperti yang dialami oleh DIRMANTO.web.id yang hingga saat ini masih mengikuti sebuah komunitas blogger di jogja dengan nama KBJ (Komunitas Blogger Jogja).

Dengan ber-silaturahmi dan berteman bersama blogger-blogger lain, maka kita akan semakin mendapatkan ilmu untuk dapat kita jadikan penyesuaian untuk blog pribadi. Dan selain dapat bertemu pada saat gathering atau acara lainnya, sebagai aktifitas harian juga bisa dengan saling berkunjung antar blog masing-masing untuk membaca tulisan baru, memberi saran, masukan, komentar, dan lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa saran teknis lanjutan yang dapat dilakukan sebagai blogger terkait uraian Apa Yang Dilakukan Setelah Memiliki Blog tersebut diatas.

Semoga bermanfaat.

 

2 Comments

Saran / Kritik / Komentar