Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare

Sebelum membahas lebih lanjut tentang Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare, mari sebelumnya kita ketahui bersama apa itu SSL dan CloudFlare.

Pengertian singkat tentang SSL dan CloudFlare

Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare
Gambar Ilustrasi Sertifikat SSL Oleh: ablion.in

Mulai bulan Agustus 2014 yang lalu, Google Search Center Central Blog sudah menyarankan kepada para pemilik website untuk dapat segera menyesuaikan alamat webnya agar dapat diakses menggunakan https, hal ini dilakukan agar tercipta iklim kepercayaan yang lebih baik lagi dari sisi pencarian juga pengaksesan terhadap berbagai situs website.

Apa itu SSL?

SSL adalah kependekan dari Secure Socket Layer, merupakan sebuah protokol keamanan yang digunakan pada hampir semua interaksi hingga transaksi aman oleh sistem yang menggunakan jalur koneksi internet. SSL dapat merubah suatu protokol alur koneksi seperti TCP (protokol kontrol transmisi) menjadi sebuah lintasan aman bagi penggunanya.

SSL, saat ini menjadi sangat familiar dan menjadi pilihan tambahan fasilitas keamanan untuk sebuah situs yang didalamnya mengandung informasi penting hingga sistem transaksi seperti : website toko online (online shop), web profil perusahaan, situs pemerintahan, marketplace, termasuk juga situs blog pribadi seperti dirmanto.web.id.

Apa itu CloudFlare?

Merupakan sebuah layanan CDN (Content Delivery Network), di mana dapat kita manfaatkan sebagai “jembatan” akses antara server hosting yang kita pergunakan melalui fasilitas Cloud yang dimiliki oleh Cloudflare, sehingga dapat membantu filterisasi pengaksesan agar lebih cepat dan relatif stabil.

Pada layanan Cloudflare, bahkan tersedia juga fasilitas anti DDoS (Distributed Denial of Service) dan kemampuan tambahan lain dalam versi premium. Fitur lengkap yang ditawarkan oleh CloudFlare dapat diakses melalui halaman https://www.cloudflare.com/plans/.

3 Langkah Mudah Mendapatkan Fitur SSL Gratis dari CloudFlare

Setelah kita bahas sekilas di atas mengenai Secure Socket Layer dan CloudFlare, mari berlanjut ke topik utama, yaitu Bagaimana Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis melalui layanan CloudFlare.

Lakukan 3 langkah mudah ini :

  1. Mendaftar (Gratis) pada layanan CloudFlare dengan mengakses halaman https://dash.cloudflare.com/sign-up.
  2. Pilih yang GRATIS (Free Plan). Setelah sukses, maka tahap selanjutnya adalah mendaftarkan nama domain kita pada layanan cloudflare.
  3. Ikuti semua petunjuk dengan benar (termasuk perubahan name server, pemeriksaan dns), hingga domain kita benar-benar sudah bekerja secara maksimal menggunakan layanan cloudflare.

Hingga tahapan ini, biasanya kita perlu menunggu mulai 24 hingga 48 jam, agar dapat memastikan bahwa seluruh dns pada domain kita sudah tercover menggunakan fasilitas dns clouflare. Setelah dipastikan name server dan seluruh dns kita bekerja dengan baik pada layanan cloudflare, maka tahapan selanjutnya adalah :

  1. Login akun Cloudflare.
  2. Pilih nama domain yang sebelumnya kita daftarkan.
  3. Pilih Menu Crypto.
    Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare
  4. Pilih Flexible SSL (Tersedia pada scroll up/down sebelah kanan).
    Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare
  5. Tunggu sejenak, biasanya sekitar 20 s.d 35 menit, setelah berhasil maka akan ditandai dengan perubahan menjadi warna HIJAU pada tulisan Status Active Certificate.

Sebagai catatan, tampilan gambar di atas berdasarkan pengalaman penggunaan pada tahun 2017. Jadi, bisa saja berbeda dengan tampilan dashboard akun cloudflare terbaru saat ini. Namun alurnya tetap sama.

Setelah fitur SSL Gratis dari cloudflare aktif, langkah berikutnya adalah mempersiapkan pada sisi blog kita, yaitu :

  • Install & aktifkan plugin CloudFlare (tersedia 2 plugin yang disarankan yakni dengan nama: CloudFlare Flexible SSL Plugin & CloudFlare), DIRMANTO.web.id sendiri menggunakan plugin dengan nama CloudFlare.
    Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare
  • Install & aktifkan Plugin Really Simple SSL.
    Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare

Setelah installasi dan aktifasi plugin di atas selesai, kita kembali ke layanan cloudflare dimana tadi kita menunggu sejenak untuk aktifasi fasilitas Flexible SSL. Jika saat ini sudah aktif, pilih opsi “Always use HTTPS” menjadi ON. Pada bagian “Rule“, pastikan juga masukkan dengan nama-domain.tld sehingga menjadikan hasil input host domain : nama-domain.tld, dan *.nama-domain.tld.

Apabila seluruh tahapan di atas sukses, maka saat ini kita sudah memiliki blog yang dilengkapi dengan pemanggilan url aman yang diawali dengan https://nama-domain.tld, atau bisa kita cek menggunakan situs pemeriksa SSL yang salah satunya dapat kita coba dengan mengakses halaman website  https://www.sslshopper.com/ssl-checker.html.

Jika sukses, maka hasilnya akan tampak seperti gambar di bawah ini.

Tampilan Pemeriksaan SSL Cloudflare
situs pemeriksa SSL Online

Selain melengkapi alamat url blog kita dengan SSL Gratis, sebenarnya kita bisa juga membeli SSL Premium berbayar untuk kebutuhan yang lebih serius seperti untuk website online shop atau aset bisnis online lainnya agar mendapatkan kepercayaan lebih dengan fitur keamanan sertifikat SSL.

Manfaat Menggunakan Cara Mendapatkan Fitur SSL Gratis CloudFlare

Selain masih gratis, manfaat baik lain yang bisa kita dapatkan antara lain adalah website atau situs blog pribadi menjadi lebih aman karena sertifikat keamanan berupa SSL tersebut dapat membantu melakukan metode enkripsi permintaan dan respons dari HTTP normal. Jadi, website kamu sudah dilengkapi dengan SSL?

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

12 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *