Join di Telegram Bergabung Untuk Berbagi Pengalaman Bersama-sama

Sebaiknya Menggunakan Google Search Console

Sebaiknya Menggunakan Google Search Console. Terutama bagi anda pemilik website maupun blog yang menggunakan hosting berbayar (paid hosting, self hosting). Dahulu, google search console ini dikenal dengan nama google web master tools. Dimana fasilitas dan sarana didalamnya akan sangat bermanfaat bagi pemilik situs web/blog.

Cara mendaftar Google Search Console ini juga mudah, apalagi jika sudah memiliki email milik google (google mail/gmail), karena sudah secara otomatis integrasi dengan akun email yang kita miliki.

Sebaiknya Menggunakan Google Search Console
Sumber Gambar: amazeemetrics.com – Google Webmaster Tools

Sebaiknya Menggunakan Google Search Console

Cara mendaftarkan blog:

  • Login akun gmail
  • Akses tautan: https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in
  • Pilih tombol berwarna merah dengan tulisan: Tambahkan Properti (Add Property, jika bahasa inggris)
  • Verifikasi dengan memilih metode unggah File HTML
  • Download file HTML yang disediakan kemudian upload menggunakan cPanel hosting pada direktory utama website (public_html)
  • Setelah file diupload, tekan tombol Verifikasi (berwarna merah), pada bagian kiri bawah
  • Jika proses dilakukan dengan benar, maka saat ini website/blog anda sudah terdaftar pada fasilitas google search console

Lalu apa saja manfaatnya?
Ada 2 (dua) manfaat utama jika terdaftar pada google search console ini :

  1. Dapat dipergunakan untuk monitor blog, seperti: trafik akses, halaman yang tidak tersedia, halaman error, halaman duplikat, fitur pengaksesan versi mobile, identifikasi halaman yang tidak ditemukan (404), melihat status indeks hingga menganalisa CTR (click through rate) di halaman pencarian.
  2. Identifikasi halaman malware & request review ketika blog kita terkena malware

Untuk manfaat pertama (monitor blog, dsb), dapat anda rasakan sendiri sembari jalan dengan mencoba fitur-fitur yang tersedia pada google search console. Poin nomor 2 (dua), inilah yang terkadang sering menjadi hal yang terlupakan, padahal dengan terdaftar pada google webmaster search console ini akan memudahkan kita untuk menganalisa serta menampilkan kembali blog yang sebelumnya terblokir aksesnya oleh browser tertentu karena malware (biasanya teridentifikasi langsung oleh browser chrome).

Sebaiknya Menggunakan Google Search Console
Contoh Tampilan Ketika Blog Anda Terdeteksi Terkena Malware

Biasanya, jika blog anda sudah menampilan seperti gambar diatas ketika diakses, maka solusinya tidak hanya dengan membersihkan file atau folder yang terinfeksi saja, namun perlu mengajukan sebuah review melalui Google Search Console yang akan diproses paling tidak dalam waktu 24 jam.

Dan menariknya, Google Search Console akan memberikan informasi dimana file terinfeksi tersebut berada melalui email, sehingga dapat menghemat waktu kita untuk mencari untuk kemudian dapat melakukan eksekusi terhadap file tersebut. Demikian, semoga bermanfaat, silahkan mendaftar Google Search Console sekarang juga.

Tinggalkan Kebaikan