Blog Fotografi Awards 2017
Download AplikasiGunakan Aplikasi Untuk Mengakses DIRMANTO.web.id

Usahakan Website Anda Mobile Friendly

Usahakan Website Anda Mobile Friendly, mengapa demikian? karena pengguna internet yang notabene akan menjadi pengakses web dan pembaca blog kita saat ini sudah banyak mempergunakan gadget smartphone, sehingga mau tidak mau, tampilan web atau blog kita haruslah mengikuti perkembangan tersebut dengan menjadikan website dan blog kita dapat diakses dengan mudah dan nyaman baik dari dekstop (pc komputer, laptop, notebook), maupun gadget smartphone.

Usahakan Website Anda Mobile Friendly

Bagaimana agar dapat meng-Usahakan Website Anda Mobile Friendly? Apakah sulit, perlu keahlian khusus sebagai programer, apakah membutuhkan waktu editorial yang panjang?

TIDAK! pada saat ini, apalagi kita membuat web atau blog dengan menggunakan platform blogspot dan wordpress, yang mana cara membuatya telah kita bahas pada tulisan sebelumnya pada web ini. Dan karena web ini juga menggunakan platform wordpress, marilah kita buktikan beberapa kemudahan tersebut, diantaranya adalah sebagai berikut :

Telah tersedia berbagai macam tampilan (wordpress theme) yang sudah mobile friendly, atau yang lebih dikenal dengan Responsive Theme. Sehingga ketika kita sudah menginstall wordpress, maka kita tinggal memilih tema/theme yang sudah ada keterangan Responsive Theme. Dengan menjadikan website atau blog kita dengan tampilan mobile friendly, maka pengguna internet dapat lebih mudah untuk mengakses.

Dengan menjadikan website/blog mobile friendly, akan semakin memudahkan pengunjung mengakses dimana dan kapan saja.

Nah, untuk dapat mencari theme responsive tersebut, kita tinggal melakukan pencarian di mesin pencari google dengan kata kunci “WordPress Responsive Theme”, maka akan banyak keluar hasil alamat download tema responsif yang dapat kita pasang untuk website atau blog. Diantaranya yang kebetulan saya gunakan saat ini adalah menggunakan tema buatan MyThemeShop, yang alamat website nya dapat kita lihat disini.

Lalu apakah tema responfif harus selalu berbayar? Tentunya juga tidak. Karena tema berbayar tidak selalu berarti menjadikan hasil yang maksimal. Hal ini terbukti banyak pemilik website dan blog menggunakan tema yang gratis atau bahkan membuat sendiri tema tersebut bagi yang sudah bisa membuatnya.

Kemudian bagaimana mengetahui bahwa tampilan web atau blog kita sudah Mobile Friendly? Google menyediakan online tools untuk memeriksanya, tools tersebut dapat kita jumpai dengan mengakses halaman ini.

Usahakan Website Anda Mobile Friendly

Pada gambar diatas, menerangkan bahwa dirmanto.web.id sudah Mobile Friendly, silahkan dibuktikan dengan mengakses website ini menggunakan Tablet atau Smartphone anda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Kebaikan