Bergabung di GrupNgobrol Seputar Blog, bersama narablog Indonesia.

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress. Informasi ini disampaikan agar pembaca yang akan memulai membangun blog menggunakan wordpress, baik untuk keperluan pribadi maupun organisasi, perusahaan. Menjadi lebih mudah memilih jasa hosting yang akan digunakan.

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress
Gambar Ilustrasi Server Hosting: Do Not Dwell

Berikut adalah 7 Tips penting dalam memilih Jasa Layanan Web Hosting untuk kebutuhan Website / Blog menggunakan engine wordpress:

  1. Tersedia Fasilitas Backup
  2. Mendukung Sertifikasi SSL Domain
  3. Kuota Space, Bandwidth, Bisa Upgrade
  4. Menjalankan Versi Database dan PHP Terbaru
  5. Menggunakan cPanel
  6. Sistem Sekuritas Memadai
  7. Teknikal Support 24 jam, Mudah dihubungi

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress.

Mari kita bahas betapa penting 7 (tujuh) poin diatas agar dalam melilih Layanan Hosting dapat sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan web/blog yang dibangun.

Fitur Backup Pada Server Hosting.

Kesalahan apapun bisa saja terjadi ketika melakukan update, edit dan sebagainya. Adanya fitur backup, akan sangat membantu menjadi solusi jika suatu saat anda mengalami kesalahan yang menyebabkan kehilangan data. Biasanya, sistem backup tersedia mulai harian, mingguan dan bulanan.

SSL Domain.

Agar lebih mudah dipahami, Domain SSL adalah ketika sebuah url web/blog dapat diakses menggunakan https bukan http, terlihat logo kunci gembok berwarna hijau disebelah kiri alamat url. Ini penting, karena sejak tahun 2014, google mulai akan memilih web pengguna ssl untuk lebih utama ditampilkan pada mesin pencariaanya. Lihat Informasi Google Terkait SSL.

Pastikan Space dan Bandwidth dapat disesuaikan setiap saat.

Kebutuhan akan space juga bandwidth tidak dapat selalu ditentukan diawal. Karena terkait perkembangan tertentu. Semisal jika web/blog semakin lama semakin banyak pengunjung, Pengisian data lama-kelamaan semakin membutuhkan ruang untuk gambar, video, file dan sebagainya. Maka dengan quota yang selalu bisa diupgrade setiap saat, akan memudahkan kita kedepan.

Versi PHP serta Database Terbaru

Berjalan terus bersama perkembangan core wordpress, versi php saat ini yang disarankan untuk dapat menjalankan engine wordpress pada server hosting adalah dengan menggunakan php versi 7.2 (terbaru). Walaupun masih support dengan versi sebelumnya mulai dari 5.6 dan seterusnya. Sedangkan untuk Database MySQL, dibutuhkan mulai versi 5.6 dan 10.0 jika menggunakan MariaDB.

Menggunakan cPanel sebagai Hosting Manager

Jika tipe hosting yang digunakan adalah shared, maka sudah 99% hosting manager yang digunakan layanan jasa penyedia jasa webhosting adalah menggunakan cPanel (control Panel). Cara penggunaan yang mudah, dapat memungkinkan kita mengelola file, database, email serta install wordpress dengan cepat dan mudah.

Tanya Sekuritas Server

Secara standar, setiap server hosting pastilah sudah memiliki security sistem handal, seperti anti spam, anti malware dan sejenisnya. Namun demikian, tidak ada salahnya menanyakan sekuritas tambahan seperi anti ddos, bruteforce, anti malware dan sebagainya. Jika suatu saat dibutuhkan, maka kita dapat menambahkan sistem external khusus pada website/blog.

Tim Support yang Handal serta Pengalaman

Poin ini ditulis terakhir, namun sebenarnya merupakan poin paling penting dari ke enam poin sebelumnya. Sebuah hosting yang servernya mahal, sekuritas bagus, jika tidak didukung dengan pelayanan cepat dan familiar, maka kita akan kesulitan untuk mendapatkan manfaat dari pelayanan.

Tipe pelayanan 24 jam dengan dukungan personil sales/support yang familiar, handal, profesional serta mengerti banyak tentang wordpres, akan menjadi keunggulan utama.

wordpress hosting

Penyedia layanan sewa hosting indonesia yang memiliki poin penting sebagai pertimbangan untuk dipilih, salah satunya adalah Hostinger, dengan alamat website hostinger.co.id/web-hosting.

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress.
Keungulan utama yang dimiliki Hostinger sebagai Web Hosting Indonesia Terbaik, dapat kita rasakan mulai dari Harga Murah, Domain Gratis, Unlimited Space dan Bandwith, hingga keunggulan bersifat teknis, seperti adanya fasilitas backup, website builder, juga teknologi SSD Space yang akan mambuat Data tersimpan lebih aman.

Paket Web Hosting Hostinger Indonesia
Pilihan Paket Web Hosting di Hostinger Indonesia

Seperti pada gambar diatas, Hostinger memiliki paket Web Hosting Single, Web Hosting Premium dan Web Hosting Bisnis. Akan memudahkan kita memilih paket hosting yang saat ini sesuai dengan kebutuhan. Tersedia fasilitas space dan banwidth yang tidak terbatas, juga gratis domain. Pasti seru kan.. Siapa yang tidak mau Domain Gratis!? 🙂

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress — Anda sudah siap memiliki blog maupun website menggunakan cms populer wordpress? semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.