Layanan Jasa Dirmanto.web.id
Whatsapp Online ChatOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-21.00 WIB.

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress. Informasi ini disampaikan agar pembaca yang akan memulai membangun blog menggunakan wordpress, baik untuk keperluan pribadi maupun organisasi, perusahaan. Menjadi lebih mudah memilih jasa hosting yang akan digunakan.

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress
Gambar Ilustrasi Server Hosting: Do Not Dwell

Berikut adalah 7 Tips penting dalam memilih Jasa Layanan Web Hosting untuk kebutuhan Website / Blog menggunakan engine wordpress:

  1. Tersedia Fasilitas Backup
  2. Mendukung Sertifikasi SSL Domain
  3. Kuota Space, Bandwidth, Bisa Upgrade
  4. Menjalankan Versi Database dan PHP Terbaru
  5. Menggunakan cPanel
  6. Sistem Sekuritas Memadai
  7. Teknikal Support 24 jam, Mudah dihubungi

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress

#1 Fitur Backup Pada Server Hosting.

Kesalahan apapun bisa saja terjadi ketika melakukan update, edit dan sebagainya. Adanya fitur backup, akan sangat membantu menjadi solusi jika suatu saat anda mengalami kesalahan yang menyebabkan kehilangan data. Biasanya, sistem backup tersedia mulai harian, mingguan dan bulanan.

Karena backup amat penting, kami juga menyarankan untuk memiliki fasilitas backup cadangan selain memanfaatkan fitur yang tersedia internal pada cPanel hosting yang anda sewa. Banyak penyedia backup yang anda bisa dapatkan secara online.

#2 SSL Domain.

Agar lebih mudah dipahami, Domain SSL adalah ketika sebuah url web/blog dapat diakses menggunakan https bukan http, terlihat logo kunci gembok berwarna hijau disebelah kiri alamat url. Ini penting, karena sejak tahun 2014, google mulai akan memilih web pengguna ssl untuk lebih utama ditampilkan pada mesin pencariaanya. Lihat Informasi Google Terkait SSL.

Fasilitas SSL bisa anda dapatkan biasanya gratis sudah termasuk layanan dari hosting provider langganan anda. Jika belum, anda bisa melakukan setting ssl gratis, sendiri dengan memanfaatkan layanan pihak ketiga, salah satunya adalah CloudFlare.

#3 Pastikan Space dan Bandwidth dapat disesuaikan setiap saat.

Kebutuhan akan space juga bandwidth tidak dapat selalu ditentukan diawal. Karena terkait perkembangan tertentu. Semisal jika web/blog semakin lama semakin banyak pengunjung, Pengisian data lama-kelamaan semakin membutuhkan ruang untuk gambar, video, file dan sebagainya. Maka dengan quota yang selalu bisa diupgrade setiap saat, akan memudahkan kita kedepan.

Sebaiknya, pilih paket hosting paling murah, sesuai dengan data space serta kemampuan bandwidth yang dibutuhkan untuk website/blog anda terlebih dahulu. Agar biaya yang dikeluarkan untuk sewa hosting, menjadi lebih efisien.

#4 Versi PHP serta Database Terbaru

Berjalan terus bersama perkembangan core wordpress, versi php saat ini yang disarankan untuk dapat menjalankan engine wordpress pada server hosting adalah dengan menggunakan php versi 7.2 (terbaru). Walaupun masih support dengan versi sebelumnya mulai dari 5.6 dan seterusnya. Sedangkan untuk Database MySQL, dibutuhkan mulai versi 5.6 dan 10.0 jika menggunakan MariaDB.

Update terakhir, seperti yang dilansir pada situs resmi : https://wordpress.org/support/update-php/, lebih disarankan untuk menggunakan versi php mulai dari 7.3. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua theme dan plugin dapat bekerja dengan baik pada versi php terbaru.

Jadi sebaiknya, coba diperiksa dulu sebelum melakukan upgrade atau memilih hosting dengan versi php terbaru. Periksa situs wordpress anda untuk mengetahui cocok menggunakan versi php yang mana dengan mengakses informasi tentang PHP Compability Checker.

#5 Menggunakan cPanel sebagai Hosting Manager

Jika tipe hosting yang digunakan adalah shared, maka sudah 99% hosting manager yang digunakan layanan jasa penyedia jasa webhosting adalah menggunakan cPanel (control Panel). Cara penggunaan yang mudah, dapat memungkinkan kita mengelola file, database, email serta install wordpress dengan cepat dan mudah.

#6 Tanya Sekuritas Server

Secara standar, setiap server hosting pasti sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang handal, seperti anti spam, anti malware dan sejenisnya. Namun demikian, tidak ada salahnya menanyakan sekuritas tambahan seperi anti ddos, bruteforce, anti malware dan sebagainya. Jika suatu saat dibutuhkan, maka kita dapat menambahkan sistem external khusus pada website/blog.

Informasi ini tidak menjadi acuan bahwa jika terjadi sesuatu yang sifatnya “kebocoran sekuritas”, selalu disebabkan oleh sistem keamanan server yang kurang memadai. Namun, bisa juga dari penggunaan program/script/theme/plugin bajakan, atau tidak selalu terupdate secara berkala.

#7 Tim Support yang Handal serta Pengalaman

Poin ini ditulis terakhir, namun sebenarnya merupakan poin paling penting dari ke enam poin sebelumnya. Sebuah hosting yang servernya mahal, sekuritas bagus, jika tidak didukung dengan pelayanan cepat dan familiar, maka kita akan kesulitan untuk mendapatkan manfaat dari pelayanan.

Contoh kasus: anggap saja situs anda menggunakan wordpress dan memiliki fungsi untuk menerima pendaftaran calon siswa baru, member baru atau karyawan baru.

Kemudian pada suatu saat, pada jam saat sedang berlangsung pendaftaran, situs anda tidak dapat diakses, dan tidak ada petugas pelayanan hosting yang bisa dihubungi, lalu apakah anda harus menunggu sampai esok hari ?

Tipe pelayanan 24 jam dengan dukungan personil sales/support yang familiar, handal, profesional serta mengerti banyak tentang wordpres, akan menjadi keunggulan utama.

wordpress hosting

Sebagai referensi, beberapa layanan provider terbaik webhosting indonesia adalah seperti disampaikan dibawah ini (mengandung link afiliasi) :

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress.
Keungulan utama tersedia pada penyedia jasa Web Hosting Indonesia diatas, dapat kita rasakan mulai dari Harga Murah, Domain Gratis, Unlimited Space dan Bandwith, hingga keunggulan bersifat teknis, seperti adanya fasilitas backup, website builder, juga teknologi SSD Space yang akan mambuat Data tersimpan lebih aman.

Selain layanan shared hosting terpercaya, link diatas juga terdapat layanan vps (virtual private server), biasanya akan dibutuhkan jika trafik kunjungan ke website / blog anda sudah melebihi 650 visitor per hari. Jika sudah seperti itu, kebutuhan server hosting anda akan semakin meningkat. Biasanya, faktor profit/pendapatan juga akan menyesuaikan.

Tips Memilih Layanan Web Hosting Indonesia
Tips Memilih Web Hosting versi Dirmanto.web.id

7 Tips Logis Memilih Hosting Untuk WordPress — Anda sudah siap memiliki blog maupun website menggunakan cms populer wordpress? semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat. Silahkan sampaikan sesuatu yang anda ingin ketahui pada kolom komentar yang telah tersedia.

jasa dirmanto.web.id
jasa – dirmanto.web.id
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.