Ngobrol BarengYuk.. diskusi, berbagi informasi seputar dunia blog.

7 Platform Blogging Terbaik Hingga 2019

7 Platform Blogging Terbaik Hingga 2019. Walaupun saat ini saya hanya menggunakan 2 (dua) platform blog saja untuk ngeblog, yakni wordpress dan blogger, namun sebenarnya banyak platform yang dapat dimanfaatkan untuk anda yang ingin memiliki blog sesuai dengan kesesuaian dan ketertarikan serta kemampuan masing-masing. Menurut survey yang saya buat kecil-kecilan pada kanal telegram, wordpress dan blogger / blogspot, memang menempati nilai tinggi yang paling banyak dipergunakan saat ini.

Sedangkan jika coba searching dari beberapa web yang menayangkan statistik penggunaan, wordpress masih memiliki peminat yang tinggi, berkisar antara 50% hingga 61% pemilik blog menggunakan platform wordpress, baik self hosted, maupun non hosting.

7 Platform Blogging Terbaik Hingga 2019
Gambar Oleh: The Blogging Budha

7 Platform Blogging Terbaik Hingga 2019, berikut adalah pilihannya:

  1. WORDPRESS
    Wordpress tersedia dalam 2 pilihan versi, self hosted, dimana kita dapat mendownload engine wordpress untuk di install sendiri pada hosting yang sudah kita miliki sebelumnya. WordPress non hosted, atau yang biasanya dikenal dengan istilah wordpresscom, dimana kita bisa langsung mendaftar gratis pada halaman wordpress.com.
  2. BLOGGER
    Dulu, kita lebih mengenalnya dengan istilah blogspot, merupakan alat publikasi blog yang gratis hingga saat ini. Pada tahun 1999, paltform blog ini didirikan dan dikelola oleh Pyra Labs, yang kemudian di akuisisi oleh google sejak tahun 2003 sampai sekarang. Jika anda pengguna email google (gmail), maka mendaftar untuk memiliki akun blogspot hanya cukup dengan mengakses Halaman Blogger saja.
  3. TUMBLR
    Bagi pemula, platform ini sebenarnya sangat sesuai, karena sederhana, namun memiliki fitur yang cukup kaya, termasuk memasukkan konten berupa gambar, video, audio dan lain sebagainya. Untuk mendaftar, bisa langsung mengakses halaman resmi tumblr. Namun, platform ini sudah diblokir dari koneksi internet indonesia.
  4. WIX
    Adalah platform pengembangan web berbasis cloud dan didirikan pada tahun 2006 oleh Israel Avishai Abrahami, Nadav Abrahami dan Giora Kaplan. Untuk mencobanya, silahkan langsung mendaftar pada WIX.COM.
  5. SQUARESPACE
    Agak sedikit berbeda dengan platform lain, Squarespace merupakan sebuah network jaringan antar pembaca dan penulis dalam sebuah jalur yang dimiliki oleh pengembangnya, SVBTLE. Jika anda sering memiliki ide-ide baru yang ingin dituangkan secara online, maka platform ini akan cocok. Tertarik mencoba? silahkan langsung membuat akun Squarespace.
  6. JOOMLA
    Beberapa tahun yang lalu, saya sempat menggunakan platform ini untuk membuat sebuah website (bukan blog), walaupun pada dasarnya bersifat sama secara pengisian konten, namun menggunakan joomla memang lebih cocok untuk membangun sebuah website utama. Jika anda ingin mencoba, silahkan membaca dokumentasi resminya melalui website joomla.
  7. MEDIUM
    Anda masih ingat blogdetik? Nah, kegunaan Medium ini juga kurang lebih hampir sama, dimana kita dapat mendaftar sebagai penulis tamu, yang kemudian menuangkan menuangkan tulisan kita yang dapat dipublikasikan pada situs medium. Anda ingin mencoba? Silahkan Mendaftar.

7 Platform Blogging Terbaik Hingga 2019. Tulisan ini merupakan pengalaman pribadi, berdasarkan informasi yang didapat dari mencoba langsung, maupun melalui survey atau bertanya pengalaman dari penguna lainnya. Artikel ini bukan merupakan saran keharusan untuk mempergunakan salah satu atau semua pilihan platform diatas.

Bagaimana dengan anda, sudah menggunakan paltform blog apa saja untuk ngeblog…??

2 Comments

Saran / Kritik / Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.