Bergabung di GrupNgobrol Seputar Blog, bersama narablog Indonesia.

Membuat Website Dengan WordPress

Membuat Website Dengan WordPress. Sebelumnya pernah ditulis pada blog ini tentang Membangun Website Pribadi Menggunakan WordPress, dimana pada artikel tersebut membahas cara membuat website dari wordpress versi gratis, biasa dikenal dengan wordpress dot com. Alamat blognya, jadi (misal) blogsaya dot wordpress dot com.

Yang akan kita bahas sekarang adalah cara membuat website dengan wordpress hosting berbayar (self hosted) menggunakan fitur instalasi mudah serta cepat dari cPanel. Apa perbedaanya? Silahkan simak tulisan sebelumnya seperti disebutkan diatas, perbedaan signifikan ada pada alamat website serta fitur yang digunakan.

Membuat Website Dengan WordPress
Install WordPress Gratis dari cPanel

Sebelum berlanjut langkah utama membuat website menggunakan wordpress, syarat utama yang diperlukan adalah sudah memiliki alamat domain dan hosting.

Baca tentang Domain Hosting.

Cara Install WordPress di cPanel

Ada 2 (dua) software populer pada cPanel yang dapat digunakan untuk install wordpress:

Membuat Website Dengan WordPress
Tampilan Software QuickInstall pada cPanel
  1. Quick Install, beberapa hosting provider, seperti salah satunya adalah Hostgator, masih menggunakan software quickinstall. Caranya mudah, setelah login cPanel, pilih menu Software kemudian Quick Install, lakukan sesuai petunjuk yang tersedia.
  2. Softaculous, dibandingkan quickinstall, software ini lebih populer, cara penggunaan untuk install wordpress sama dengan quickinstall, dengan fitur yang lebih kaya. Pada cPanel, dikenal juga dengan nama Softaculous Apps Installer.
Membuat Website Dengan WordPress
Tampilan Softaculous pada cPanel

Membuat Website Dengan WordPress

Setelah memiliki website wordpress, lalu website apa saja yang bisa dibangun? tentunya banyak sekali sesuai dengan kebutuhan, bisa untuk sekedar blog non profit, blog profit menjual layanan jasa, produk atau pay per click dengan cara memasang iklan seperti google adsense.

Bahkan, website wordpress bisa dimanfaatkan untuk membangun sebuah bisnis online menggunakan Tema Desain khusus untuk website online shop, website agen tour, travel, wisata serta rental mobil, profil perusahaan, komunitas dan masih banyak lagi.

Membuat Website Dengan WordPress
Pilih WordPress Hosting Super Cepat

Jika anda mengenal seorang programer, bisa saja anda gandeng untuk membuat fitur khusus lainnya, seperti integrasi pembayaran bank, kartu kredit untuk kebutuhan toko online, sms gatheway, bahkan fasilitas online booking jika website anda adalah jasa agen hotel dan wisata.

Semakin banyak saat ini baik individu, kelompok maupun organisasi dan perusahaan yang menggunakan wordpress sebagai engine webnya. Hampir semua fitur yang dibutuhkan sudah tersedia pada wordpress, baik dari sisi theme (desain tema), maupun plugin tambahan.

Menarik bukan? sekarang anda sedang memiliki rencana membuat website untuk kebutuhan usaha? pakai wordpress saja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.