Cara Mudah Memiliki Aset Bisnis Online Gratis

Cara Mudah Memiliki Aset Bisnis Online Gratis! Bukan tutorial, tulisan ini sebenarnya lebih cocok sebagai bahan pengingat saja. Apalagi sekarang, kita sedang berada pada era teknologi digital yang semakin terus canggih. Coba perhatikan di sekitar, Apakah Anda melihat smartphone, komputer, laptop? Atau bahkan Anda sekarang sedang membaca informasi ini menggunakan sebuah alat dengan model layar sentuh yang terhubung dengan internet?

Jadi, terkadang tanpa kita sadari, sebenarnya Anda secara otomatis sudah menjadi pengguna aset modern berteknologi tinggi sebagai gaya hidup. Coba Anda perhatikan lagi : Anda perlu sebuah akun email agar seluruh fasilitas pada smartphone dapat dinikmati secara maksimal. Belum lagi terintegrasi dengan aplikasi chat yang selalu Anda gunakan untuk berkomunikasi bersama anggota keluarga. Atau bahkan sekedar membaca kabar teman pada status sosial medianya.

Namun pertanyaan besarnya adalah : " Apakah Anda sudah memanfaatkan aset teknologi canggih yang secara bawaan sudah Anda punya ini sebagai perangkat untuk membantu menjalankan usaha? "

Jika sudah, maka silahkan berhenti melanjutkan membaca. Namun jika belum, mari sama-sama kita optimalkan aset digital yang sudah anda miliki saat ini, secara lebih maksimal lagi.

Cara Mudah Memiliki Aset Bisnis Online Gratis
Benar, hanya perlu 5 tahapan mudah saja untuk mewujudkannya.

5 Tahap Mudah Agar Segera Memiliki Aset Bisnis Online Gratis

Apa saja? Mengapa hanya 5? Bukankah bisnis online itu merupakan suatu hal yang rumit? Bisa jadi, iya. Tapi mari kita buat segala sesuatu menjadi ringan serta mudah saja untuk kita coba, jika Anda mau. Selanjutnya, persiapkan waktu 10 hingga 15 menit untuk mencoba menerapkannya, ya. Lets Go!

✔ Membuat Akun Email Khusus Bisnis

Mengapa disarankan seperti itu? pertimbangan utamanya adalah untuk jangka panjang. Agar kemudian hari anda dapat melakukan filter dengan memisahkan mana akun untuk kebutuhan khusus bisnis dan pribadi. Ini penting, tak sedikit yang di kemudian hari kesulitan memilahnya. Jadi, kita persiapkan sejak awal saja, ya.

Ada beberapa layanan email yang mungkin juga sudah Anda kenal. Namun khusus untuk keperluan bisnis online, Dirman Personal Blog lebih menyarankan memanfaatkan layanan email dari Google Mail, atau yang lebih Anda kenali dengan istilah populer : Gmail. Sekarang Anda sudah punya sebuah alamat gmail untuk kebutuhan pribadi? Coba daftar satu akun lagi, pergunakan khusus untuk keperluan bisnis online saja, ya.

✔ Membuat Akun Sosial Media Khusus Bisnis

Siapa yang tak punya akun sosial media populer seperti facebook, instagram atau bahkan tiktok. Akun medsos mana yang belum anda miliki? Silahkan membuatnya sekarang ya. Bagaimana jika sudah, apakah saya harus membuat baru? Tidak perlu. Khusus untuk facebook dan instagram, anda cukup membuat sebuah halaman bisnis interaktif menggunakan akun profil yang sudah anda miliki saat ini. Caranya mudah, gunakan tombol di bawah ini :

Tak perlu tergesa-gesa, silahkan selesaikan sampai Anda benar-benar siap dan telah memiliki tipe akun bisnis di media social favorit Anda. Khusus untuk TikTok, silahkan beralih pada halaman informasi resminya tentang Bagaimana Mengembangkan Bisnis Bersama TikTok. Jujur saja, saya termasuk pengguna baru di aplikasi TikTok, jadi belum bisa bercerita banyak tentang cara menggunakan akun bisnisnya. Anda mungkin sudah ada yang pernah punya pengalaman menarik tentang akun bisnis TikTok ?

✔ Membuat Website Profil Bisnis

Jangan terlalu mudah terpengaruh oleh istilah keren teknologi. Mendengar website saja, lalu Anda sudah berpikir sesuatu yang amat sulit untuk dilakukan. Perkembangan teknologi itu, sebenarnya memudahkan, bahkan memanjakan. Termasuk dalam urusan membuat website. Sebagai pemula, kita bisa langsung membuat website gratis hanya dengan beberapa kali klik saja.

Faktanya : Hampir Semua Pebisnis Sudah Memiliki Website

Ya, memang. Bisa jadi fitur web yang disediakan platform gratisan memang tak selalu seiring dengan harapan. Namun paling tidak, sebagai langkah awal memiliki aset bisnis online, Anda sudah tak perlu menunggu esok-lusa, langsung aksi saja. Tak percaya ? Silahkan beralih ke halaman cara membuat website gratis untuk pemula menggunakan blogspot.

✔ Membuat Profil di Marketplace

Ada aset bisnis online yang sifatnya “Inside“, ada juga yang bersifat “Outside“. Nah, kedua tahap terakhir ini merupakan opsi yang termasuk outside (di luar aset mandiri milik pribadi). Namun tetap saja penting, karena memulai bisnis pada dasarnya adalah membangun sebuah imej branding yang baik secara terus menerus. Ibarat Anda memiliki sebuah Restoran, tentu orang akan lebih tertarik mencoba jika Anda memiliki cabang di mana-mana. Anda pernah ingat, dulu ada sebuah bisnis restoran yang maju pesat bernama “Rumah Makan PONYO” ?

Jadi, setelah Bisnis Anda memiliki alamat email, social media serta website, sebaiknya buatlah akun di beberapa situs Marketplace Indonesia yang populer, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lain sejenisnya.

Cara Mudah Memiliki Aset Bisnis Online Gratis Terbaru

Benar-benar mudah, bukan? Ya benar, sekarang Anda pasti sudah menyadari bahwa sebenarnya dari semua uraian aset bisnis online di atas tadi, sudah ada yang saat ini Anda miliki. Sudah dilist apa sajakah aset bisnis tersebut?

Selanjutnya, yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan aset bisnis online yang sudah Anda miliki adalah dengan merawat serta mengembangkannya sesuai harapan bisnis yang Anda inginkan.

✔ Lakukan Update Konten dan Promosi Berkala

Cara yang kelima (terakhir), adalah menyediakan waktu khusus secara berkala untuk melakukan update konten dan promosi pada semua aset bisnis yang sekarang sudah Anda miliki secara gratis. Contoh nyata melakukannya cukup banyak sekali, antara lain, seperti :

  • Mengirimkan penawaran menggunakan alamat email bisnis
  • Melakukan posting secara berkala pada setiap akun medos bisnis
  • Mengisi konten website setiap seminggu sekali
  • Memasang produk unggulan pada situs marketplace

Cara tersebut dapat Anda lakukan secara gratis. Namun jika pada saat tertentu (sedang mengadakan promo misalnya), Bisnis Anda membuuhkan promosi berbayar, Anda dapat melakukan dengan cara seperti berikut ini :

  • Melakukan Promosi Produk dengan cara Memasang Iklan di Social Media
  • Membangun link branding dengan memanfaatkan blogger untuk mengulas atau menuliskan Review bisnis Anda
  • Mengiklankan Website Profil Bisnis di Google
  • Memanfaatkan fitur premium pada marketplace agar bisnis anda tampil lebih intens

Saya bertanya sekali lagi, mudah kan? Mengapa Anda tidak langsung mencobanya sekarang? Atau mungkin ada hal lain yang masih menjadi kesulitan Anda? Jika iya, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia. Atau, Anda dapat menghubungi penulis blog ini untuk dijadikan sebagai mentor dalam membangun serta mengembangkan aset bisnis digital yang Anda butuhkan.

Cara Mudah Memiliki Aset Bisnis Online Gratis (Todo List)

Buatlah semacam daftar tugas secara berurutan sesuai tahapan di atas agar lebih memudahkan Anda untuk mengontrol waktu produktif secara berkala. Silahkan mencoba, semoga Anda segera memiliki sebuah peluang bisnis online yang sukses serta bermanfaat bagi seluruh keluarga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.