Blog Fotografi Awards 2017
Download AplikasiGunakan Aplikasi Untuk Mengakses DIRMANTO.web.id

Wisata Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Wisata Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa.
Indonesian Railway Museum, Wisata Sejarah Keluarga sudah lama saya dan pendamping mengidamkan untuk berkunjung kesana. Namun karena satu dan lain hal, baru beberapa waktu yang lalu kami bisa memenuhi keinginan untuk berkunjung ke Indonesian Railway Museum atau yang kita kenal dengan Museum Kereta Api Ambarawa.

Wisata Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa
Museum Kereta Api Ambarawa

Indonesian Railway Museum, Wisata Sejarah Keluarga — Museum Kereta Api Indonesia pada awalnya adalah sebuah stasiun yang bernama Stasiun Willem I. Yang dibangun oleh pemerintah Hindia Belanda pada tanggal 21 Mei 1873. Pada masa pengoperasiannya, Stasiun Willem I digunakan sebagai sarana transportasi militer di sekitar jawa tengah.

Setelah tidak beroperasi lagi, pada tanggal 8 April 1976, Stasiun Willem I atau dikenal dengan Stasiun Mbarawa, diresmikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Supardjo Rustam, sebagai Museum Kereta Api Ambarawa. Sebagai bangunan cagar budaya yang memiliki keindahan arsitektur bangunan stasiun, museum ini juga dilengkapi dengan beragam koleksi lokomotif dan benda bersejarah terkait dengan operasional kereta api.

Selain koleksi lokomotif uap yang terpajang sebagai monumen cagar budaya, para pengunjung juga dapat menikmati perjalanan wisata dengan menaiki kereta api wisata dengan rute Ambarawa – Tuntang, pulang pergi dengan lokomotif penarik jenis uap maupun kereta diesel vintage.

Selain menjadi sarana pengetahuan sejarah kereta api dan konservasi, museum kereta api ambarawa ini juga merupakan sarana pengetahuan dan rekresasi bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Wisata Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa, Indonesian Railway Museum – Museum Kereta Api Ambarawa, Indonesia. Buka setiap senin s.d minggu pukul 08.00 s.d 17.00 WIB, dengan harga tiket masuk Rp. 5.000 untuk pelajar, dan Rp. 10.000 untuk dewasa.

Indonesian Railway Museum, Wisata Sejarah Keluarga.

Wisata Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa, area wisata yang dapat dinikmati di Museum Kereta Api Ambarawa, antara lain adalah :

AREA DIPO
Adalah tempat menyimpan, menyiapkan, melakukam pemeriksaan, pemeliharaan dan perbaikan ringan agar lokomotif baik uap dan disesel dapat siap untuk melakukan tugasnya menarik rangkaian kereta api. Untuk melakukan semua kegiatan itu, dipo dilengkapi dengan bangunan, jalan rel khusus untuk pemeliharaan, gudang persediaan suku cadang atau komponen, fasilitas pendukung dan ruang pegawai pengelola dipo.

TURN TABLE
Biasa dikenal atau disebut juga dengan nama Meja Putar. Adalah fasilitas penunjang untuk memutar posisi kabin lokomotif.
PETA LOKASI Museum Kereta – Indonesian Railway Museum, Ambarawa, Jawa Tengah.

Jika anda beserta keluarga melakukan perjalanan antar kota Yogyakarta dan Semarang, maka anda akan melewati daerah ambarawa yang mana lokasi Museum Kereta Api Indonesia tersebut berada. Happy Trip, Enjoy with your Family.

7 Komentar

Tinggalkan Kebaikan