Teknologi Digital Sebagai Aset Penting UMKM Indonesia. Lakukan adaptasi sekarang atau bisnis anda tak dapat bersaing di era teknologi industri modern ini. Tak ada istilah terlambat maupun terhambat. Anda mau? maka pasti BISA!.

Dirman Personal Blog sendiri mulai intens melakukan duplikasi informasi tentang pentingnya aset teknologi digital bagi pelaku UMKM sejak 2017 yang lalu. Saat itu ketika mengikuti acara Digitalisasi Pemasaran Industri UMKM.

Teknologi Digital Sebagai Aset Penting UMKM Indonesia
Era Industri Dalam Teknologi Digital

Rupanya tak hanya praktisi teknologi saja yang sudah melakukan sosialisasi terhadap masyarakat umum. Pemerintah, mulai melirik peluang baik ini serta melaksanakan edukasi berkala kepada seluruh lapisan masyarakat.

Jenis Industri Yang Sudah Berpacu Bersama Teknologi

Sebelum kita mengulas lebih jauh, ada baiknya mengetahui industri apa saja yang saat ini sudah beradaptasi menggunakan teknologi digital, terutama yang erat berkaitan dengan pemasaran melalui internet. Berikut adalah beberapa Industri yang sudah “Melek Teknologi Digital“.

Industri Properti

Langkah besar pada perkembangan adaptasi teknologi di bidang industri properti ini boleh dibilang dimulai pada sektor properti hunian. Anda mungkin mengingatnya, atau bahkan pernah menjadi konsumen dalam hal pembelian produk maupun jasa properti.

Bagaimana mudahnya mulai saat itu kita bisa mencari dengan sangat cepat ketika membutuhkan sebuah rumah sewa, hotel, penginapan, homestay hanya dengan duduk di depan komputer yang tersambung dengan koneksi internet. Atau bahkan anda bisa menjual tanah dalam hitungan hari tanpa perlu pergi jauh menawarkan kemana-mana.

Bahkan sekarang, setelah hadirnya aplikasi saat mengenggam smartphone, anda dapat melakukan semua kemudahan di atas sambil duduk santai minum teh atau rebahan cantik di kursi sofa kesayangan.

Bukan itu saja, saat putra-putri kita sekolah di luar kota, saat ini tak perlu susah untuk mencari kos-kosan. Sudah tersedia banyak penyedia informasi sewa kost di aplikasi smartphone. Seperti salah satu contohnya adalah MamiKos.com.

Industri Fashion

Kebutuhan sandang memang tak akan pernah hilang. Industri fashion juga merupakan sektor bisnis yang cukup cepat menyesuaikan dengan era teknologi internet canggih. Sejak kita kemudian mengenal ada butik online, toko baju online, gerai kaos online; memilih dan membeli pakaian, cukup dilakukan menggunakan perangkat canggih yang terhubung ke internet.

Tak terbatas hanya pada pakaian, aksesoris fashion dapat kita temukan dengan mudah di internet, seperti misalnya: sepatu, kacamata, topi, tas, dompet bahkan alat kecantikan serta kebutuhan pribadi.

Industri Kerajinan

Pernah mendengar kerajinan radio dari kayu dengan nama produk Magno? Jika belum, anda bisa mengaksesnya melalui website resminya magno-design.com. Dengan memanfaatkan teknologi pemasaran digital online melalui internet, radio kayu magno bisa dengan cepat menembus pasar international sehingga produknya yang unik tersebut saat ini sudah sangat mendunia.

Tak hanya itu, banyak pengrajin indonesia yang sekarang sudah mulai kebanjira pesanan dari mancanegara, tak terkecuali pada sektor kerajinan rumahan seperti : kerajinan kulit, kerajinan gerabah, kerajinan ukiran, batik, tenun, anyaman, keramik dan masih banyak lagi kerajinan lokal buatan asli indonesia yang sudah sangat menjadi terkenal di luar negeri berkat adanya kecanggihan teknologi.

Industri Makanan Minuman

Siapa yang tidak bersentuhan dengan kuliner setiap hari. Makan dan minum adalah kebutuhan pokok manusia. Hampir sama halnya seperti pakaian, sektor industri ini juga termasuk yang langsung sigap beradaptasi bersama perkembangan kemajuan teknologi.

Anda mungkin sering melihat rumah tetangga yang letaknya saja jauh dari jalan raya, namun hampir setiap satu jam sekali hilir mudik pengendara motor yang memesan dan membawa makanan atau minuman untuk dikirimkan kepada pemesan. Atau sebuah booth kulineran yang tak menyediakan banyak kursi meja, namun stok dagangannya selalu habis sebelum sore hari.

Bahkan, anda saat ini mungkin ada yang sambil memesan gado-gado secara online saat membaca artikel ini. Layanan pesan-antar kuliner online, sudah menjadi tren populer sekarang. Anda sendiri menggunakan aplikasi favorit apa untuk memesan kuliner online ?

Teknologi didominasi oleh dua jenis orang: mereka yang mengerti apa yang tidak mereka kendalikan dan mereka yang mengendalikan apa yang tidak mereka pahami.

Archibald Putt

Teknologi Digital Sebagai Aset Penting UMKM Indonesia

Lalu sejauh mana teknologi menjadi sangat penting sebagai aset industri bisnis online dan pelaku UMKM? Serta apa saja manfaatnya?

Bisnis adalah mengikuti Tren Konsumen

Berjualan apa saja, tentu mendapatkan pembeli merupakan tujuan yang pasti diinginkan oleh setiap penjual. Artinya, pemilik bisnislah yang harus menyesuaikan perkembangan tren pembeli, bukan sebaliknya.

Semisal seperti saat ini, konsumen lebih senang melakukan transaksi jual beli menggunakan internet, tentu anda sebagai pelaku usaha perlu memiliki sebuah media yang dapat dikunjungi calon pembeli untuk selanjutnya tertarik dan membeli produk anda.

Teknologi sebagai sarana pemasaran terbarukan

Ini sudah pasti. Strategi pemasaran harus terus kita update, mengingat pelaku bisnis yang bisa saja adalah saingan anda, akan terus menyesuaikan bisnisnya dengan tren teknologi terbaru.

Contoh kasus : Toko sebelah lebih banyak kedatangan pengunjung virtual yang kemudian memesan produknya ketimbang Toko Anda. Setelah dilakukan riset, ternyata toko sebelah memiliki sebuah website toko online, lengkap dengan media sosial terupdate sebagai sarana komunikasi langsung dengan konsumen. Tentu anda sudah harus langsung mengambil langkah, yakni mulai membangun sebuah website jualan online.

Cara UMKM Memiliki Aset Teknologi Digital

Jangan tunggu ayam berkokok dini hari nanti. Siapkan aset digital untuk menjadikan usaha konvensional anda Go Online sekarang. Apa saja asetnya?

  • Bangun sebuah website
  • Buat akun bisnis di seluruh jaringan media sosial populer
  • Bersaing dengan ikut memasarkan produk melalui marketplace
  • Ikuti Seminar/Webinar tentang teknologi digital dan bisnis online
  • Manfaatkan Google dan Sosial Media sebagai media pemasaran digital

Teknologi Digital itu MUDAH!

Perhatikan baik-baik di sekitar anda saat ini. Apakah anda sudah punya smartphone, laptop? Dengan apa anda saat ini membaca artikel tentang Teknologi Digital Sebagai Aset Penting UMKM Indonesia. Anda sudah menggunakan aplikasi whatsapp untuk menghubungi keluarga?

Benar, seperti itulah maksud Dirman Personal Blog. Tak sulit, karena sebenarnya saat ini saja, anda sudah menggunakan fasilitas teknologi. Yang anda perlukan adalah “menggeser” peruntukkannya tidak sekedar sebagai alat komunikasi biasa. Perluas fungsi alat digital yang sudah anda miliki saat ini.

Masih merasa kesulitan? saatnya anda melihat sekeliling. Apakah ada keluarga atau teman terdekat yang sudah lebih familiar dengan Informasi Teknologi Digital dibanding anda? Tanyakan pada mereka, utarakan secara gamblang apa yang menjadi kebutuhan anda saat ini. Bila perlu, jadikan tempat konsultasi sebagai Mentor Bisnis Online.

Atau anda masih memerlukan tambahan informasi tentang apa saja yang ada dalam dunia teknologi digital? Dirman Personal Blog, menyediakan beberapa artikel lain untuk anda. Gratis!.

Video : Dirman Youtube Channel
Profil PWA Dirman Personal Blog

Baca Artikel : Teknologi Digital & Industri Bisnis Online pada Blog Dirmanto.web.id