Layanan Aset Bisnis Online Dirman Personal Blog
Whatsapp Live ChatOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-15.00 WIB.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online untuk Anak, Remaja maupun dewasa setingkat mahasiswa. Informasi ini dapat dimanfaatkan baik oleh siswa, sebagai referensi untuk tenaga didiknya. Maupun anda sebagai Tenaga Pengajar untuk kebutuhan belajar online harian, mingguan maupun bulanan.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online
Gambar Ilustrasi Oleh : Mudassar Iqbal

Persiapan Membuat Sekolah Online

Karena alat sekolah online yang akan kita buat ini berbasis website, maka persiapan pertama dan paling utama adalah aset digital berupa nama domain dan web hosting. Pada akhir tulisan, akan disampaikan referensi untuk membeli domain dan hosting yang cocok untuk kebutuhan ini.

Bagaimana jika saya tidak ingin membeli domain hosting terlebih dahulu. Apakah bisa mencoba membuat alat sekolah ini ?

Dirman Personal Blog Indonesia

Sangat Bisa!. Jika sebagai awal memang dibutuhkan untuk mempelajari bagaimana membangun sebuah sarana belajar online, anda bisa memanfaatkan komputer/laptop sebagai basis data. Namun, dengan metode ini, sekolah online tidak bisa diakses secara publik, karena tersimpan di hardisk lokal komputer. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Sebagai software yang akan membantu menangani pengolahan data berbasis website, anda dapat menggunakan XAMPP. Apa itu xampp?

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. (sumber: Wikipedia Indonesia).

Namun kita tidak akan membahas lebih dalam bagaimana menggunakan xampp. Anda dapat mengunduh serta mendapatkan informasi lengkap terkait xampp dari situs resminya, di https://www.apachefriends.org.

Engine Populer Untuk Membuat Sekolah Online

Sependek yang dirmanto.web.id ketahui, saat ini ada 2 (dua) platform engine profesional yang banyak digunakan untuk membangun sarana belajar online untuk sekolah berbasis web dan aplikasi. Kedua engine tersebut adalah :

  1. WordPress. Platform utamanya bisa kita dapatkan gratis (baca: artikel terkait wordpress). Namun untuk melengkapi agar dapat digunakan sebagai alat sekolah online, kita perlu menambah engine berupa plugin LMS (Learning Management System). Plugin yang termasuk populer digunakan adalah LearnPress.
  2. Moodle. Adalah sebuah content management system yang lebih fokus peruntukkannya untuk sebuah web berbasis edukasi online. Berbeda dengan wordpress, pada moodle, kita cukup melakukan instalasi engine moodle saja tanpa menginstall engine lain di dalamnya.

Kedua platform di atas memang menarik untuk dicoba. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, bergantung pada kebutuhan yang akan kita sesuaikan nantinya.

Cara Membuat Website Sebagai Sarana Sekolah Online Menggunakan WordPress dan LearnPress Plugin

  • Lakukan Instalasi WordPress — baca: cara install wordpress.
  • Pilih tema desain wordpress sesuai kebutuhan saja, atau gunakan theme yang sudah tersedia secara default.
  • Install Plugin LearnPress.
    Learnpress Plugin
  • Aktifkan Plugin LearnPress.
  • Setelah aktif, anda akan diarahkan ke halaman setup wizard. Ikuti langkah sesuai pada informasi yang tersedia hingga selesai.
    Halaman Seting LearnPress
  • Setelah selesai. Anda akan mendapatkan 3 halaman baru, yakni : halaman kursus online, profil siswa, pembayaran dan halaman pendaftaran untuk tenaga mentor / pengajar.
  • Lakukan setingan tambahan pada menu Dashboard sebelah kiri bertuliskan : LearnPress.
  • Demo LMS menggunakan WordPress dapat diakses menggunakan : https://csr.dirmanto.web.id/courses/
Kelebihan Website Sekolah Online WordPress
  1. Lebih mudah dari tahapan instalasi hingga seting serta operasional
  2. Gratis (kecuali untuk modal beli domain dan hosting)
  3. Tersedia fitur belajar gratis maupun berbayar
  4. Ada fasilitas kuis untuk membantu pengajar memahami hasil dari materi yang telah disampaikan
  5. Responsive Mobil Friendly (dapat diakses optimal menggunakan smartphone)
  6. Banyak pilihan tema desain yang dapat di sesuaikan (Premium)
  7. Bisa membuat sertifikat hasil Kursus Online (Premium)

Cara Membuat Website Sekolah Online Menggunakan Moodle

Jika menggunakan wordpress seperti disampaikan diatas perlu beberapa langkah. 2 langkah utama yakni melakukan instalasi wordpress itu sendiri kemudian menambahkan plugin LMS. Pada moodle cukup 1 langkah saja, yakni : Install Moodle. Karena moodle sendiri secara keseluruhan sudah merupakan platform untuk website e-learning. Nah.. bagi anda, lebih mudah yang mana?

Kelebihan Website Sekolah Online Moodle
  1. Engine All in one, sekali install tidak perlu plugin tambahan seperti pada wordpress
  2. Gratis, sekali klik instalasi jika anda menggunakan cPanel
  3. Serta masih banyak fitur menarik lainnya yang dapat di ketahui dari halaman resmi Dokumentasi Moodle.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online — Pada artikel ini, sengaja tidak dibahas secara detail bagaimana cara install masing-masing platform (wordpress dan moodle). Karena seperti disampaikan pada awal tulisan tentang persiapan membuat sarana sekolah online, bahwa aset utama untuk bisa membuatnya adalah dengan memiliki domain hosting terlebih dahulu.

Setelah itu, kita akan bisa langsung melakukan instalasi dengan mudah baik wordpress maupun moodle, hanya dengan sekali klik saja. Seperti janji saya diatas, berikut disampaikan referensi layanan domain hosting yang dapat digunakan.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online Gratis

Ya..! semua engine di atas tersebut dapat digunakan secara gratis, kecuali fitur tertentu. Selamat Mencoba. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi dirmanto.web.id melalui informasi kontak yang tersedia pada blog ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.