Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online untuk anak, remaja maupun dewasa hingga setingkat mahasiswa. Informasi ini dapat dimanfaatkan baik oleh siswa sebagai referensi untuk tenaga didiknya. Maupun Anda sebagai Tenaga Pengajar untuk kebutuhan belajar online harian, mingguan maupun bulanan.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online
Gambar Ilustrasi Oleh : Mudassar Iqbal

Persiapan Membuat Sekolah Online

Karena sarana sekolah online yang akan kita buat ini berbasis website, maka persiapan pertama dan paling utama adalah aset digital berupa nama domain dan web hosting. Pada akhir tulisan, akan disampaikan referensi untuk membeli domain dan hosting yang cocok untuk kebutuhan ini.

Bagaimana jika saya tidak ingin membeli domain hosting terlebih dahulu. Apakah bisa mencoba membuat sekolah online ini?

Sangat Bisa!. Jika sebagai awal memang dibutuhkan untuk mempelajari bagaimana membangun sebuah sarana belajar online, Anda bisa memanfaatkan komputer/laptop sebagai basis data. Namun dengan metode ini, sekolah online tidak bisa diakses secara publik, karena tersimpan di hardisk lokal komputer.

Lalu bagaimana cara membuatnya? Sebagai software yang akan membantu menangani pengolahan data berbasis website, Anda dapat menggunakan XAMPP. Apa itu xampp?

XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri, yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. (sumber: Wikipedia Indonesia).

Namun kita tidak akan membahas lebih dalam bagaimana menggunakan xampp. Anda dapat mengunduh serta mendapatkan informasi lengkap terkait xampp dari situs resminya di https://www.apachefriends.org.

Engine Populer Untuk Membuat Sekolah Online

Sependek yang dirmanto.web.id ketahui, saat ini ada 2 (dua) platform engine profesional yang banyak digunakan untuk membangun sarana belajar online untuk sekolah berbasis web dan aplikasi. Kedua engine tersebut adalah :

  1. WordPress. Platform utamanya bisa kita dapatkan gratis (baca: artikel terkait wordpress). Namun untuk melengkapi agar dapat digunakan sebagai alat sekolah online, kita perlu menambah engine berupa plugin LMS (Learning Management System). Plugin yang termasuk populer digunakan adalah LearnPress.
  2. Moodle. Adalah sebuah content management system yang lebih fokus peruntukkannya untuk sebuah web berbasis edukasi online. Berbeda dengan wordpress, pada moodle, kita cukup melakukan instalasi engine moodle saja tanpa menginstall engine lain di dalamnya.

Kedua platform di atas memang menarik untuk dicoba. Masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, bergantung pada kebutuhan yang akan kita sesuaikan nantinya.

Cara Membuat Website Sebagai Sarana Sekolah Online Menggunakan WordPress dan LearnPress Plugin

  • Lakukan Instalasi WordPress — baca: cara install wordpress.
  • Pilih tema desain wordpress sesuai kebutuhan saja, atau gunakan theme yang sudah tersedia secara default.
  • Install Plugin LearnPress.
    Learnpress Plugin
  • Aktifkan Plugin LearnPress.
  • Setelah aktif, anda akan diarahkan ke halaman setup wizard. Ikuti langkah sesuai pada informasi yang tersedia hingga selesai.
    Halaman Seting LearnPress
  • Setelah selesai. Anda akan mendapatkan 3 halaman baru, yakni: halaman kursus online, profil siswa, pembayaran dan halaman pendaftaran untuk tenaga mentor / pengajar.
  • Lakukan setingan tambahan pada menu Dashboard sebelah kiri bertuliskan : LearnPress.
  • Demo LMS menggunakan WordPress dapat diakses menggunakan: https://demo-learnpress.thimpress.com/.

Kelebihan Website Sekolah Online WordPress

  1. Lebih mudah dari tahapan instalasi hingga seting serta operasional
  2. Gratis (kecuali untuk modal beli domain dan hosting)
  3. Tersedia fitur belajar gratis maupun berbayar
  4. Ada fasilitas kuis untuk membantu pengajar memahami hasil dari materi yang telah disampaikan
  5. Responsive Mobil Friendly (dapat diakses optimal menggunakan smartphone)
  6. Banyak pilihan tema desain yang dapat di sesuaikan (Premium)
  7. Bisa membuat sertifikat hasil Kursus Online (Premium)

Cara Membuat Website Sekolah Online Menggunakan Moodle

Jika menggunakan wordpress seperti disampaikan diatas perlu beberapa langkah. 2 langkah utama yakni melakukan instalasi wordpress itu sendiri kemudian menambahkan plugin LMS. Pada moodle cukup 1 langkah saja, yakni : Install Moodle. Karena moodle sendiri secara keseluruhan sudah merupakan platform untuk website e-learning. Nah.. bagi anda, lebih mudah yang mana?

Kelebihan Website Sekolah Online Moodle

  1. Engine All in one, sekali install tidak perlu plugin tambahan seperti pada wordpress
  2. Gratis, sekali klik instalasi jika anda menggunakan cPanel
  3. Serta masih banyak fitur menarik lainnya yang dapat di ketahui dari halaman resmi Dokumentasi Moodle.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online — Pada artikel ini, sengaja tidak dibahas secara detail bagaimana cara install masing-masing platform (wordpress dan moodle). Karena seperti disampaikan pada awal tulisan tentang persiapan membuat sarana sekolah online, bahwa aset utama untuk bisa membuatnya adalah dengan memiliki domain hosting terlebih dahulu.

Setelah itu, kita akan bisa langsung melakukan instalasi dengan mudah baik wordpress maupun moodle, hanya dengan sekali klik saja. Seperti janji saya diatas, berikut disampaikan referensi layanan domain hosting yang dapat digunakan.

Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online Gratis

Ya..! semua engine di atas tersebut dapat digunakan secara gratis, kecuali fitur tertentu. Selamat Mencoba. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menghubungi dirmanto.web.id melalui informasi kontak yang tersedia pada blog ini.

Suatu komitmen menghadirkan konten yang informatif, edukatif, dan akurat untuk para pembaca. Saya berusaha akan hal itu sampai saat ini.

14 thoughts on “Cara Mudah Membuat Sarana Sekolah Online

  • Wah…ternyata gak terlalu sulit ya. Baiknya para guru-guru dilatih juga dalam hal mencipatakan situs belajar online seperti ini.

  • Dari yang disampaikan Kang Dirman ini bener banget. Membuat sarana sekolah di wordpress. Selain loadingnya cepet, fiturnya juga banyak banget.

  • Ilmu baru nih Mas Dirman, cara bikin sarana sekolah online gratis. Kalo saya lagi pengin bikin landing page khusus untuk usaha offline di wordpress, tapi belum tau caranya n pakai plug in apa karena saya ngeblog pakai BS. Ada artikelnya nggak ya Mas Dirman?

  • Wahh dapat ilmu cara membuat sekolah online dari Kang Dirman nih, siapa tau suatu saat nnti bisa buka kursus online tentang research dan kepenulisan yaa

    anyway, wordpress memang the best! hihi

  • Sebagai anak baru di dunia blogging, banyak istilah-istilah yang baru saya kenal di sini. Wah saya jadi belajar. Baru tahu juga soal Moodle. Makin banyak aplikasi dan teknologi yang mendukung proses pembelajaran lewat online yaaa. Bisa direkomendasikan nih untuk saudara saya yang jadi guru. Terima kasih artikelnya.

  • Jadi makin pingin punya wp. Aku agak bingung sama bahasan wp masihan (pengguna bloger) wkwk. Tapi bagus ya kak buat agenda online pembelajaran. Aku pertama kalau kalau denger moodle sih. Mau kepoin lebih lanjut lagi 🙂

  • iya jaman sekarang emang bisa banget yaa bangun sekolah online, kampus aku juga pake moodle tuh, tapi katanya layanan moodle itu mahal yaa hahhaha

  • Info baru nih buat aku mengenai moodle, biasanya sering dengar wp aja kan… Berarti sebelum buat website sekolah yg perlu banget hosting tu ya kang, cara membuat website pun gak seribet yg dipikirkan sih dengan learn plugin gitu ya…

  • wah teknis banget nih klo untukku, tapi bisa nih kuteruskan info keren ini ke teman yg membutuhkan. terima kasih sharingnya Kak

  • Wah aku baru tahu tentang Moodle nih. Kok ya pas hari ini ada temenku tanya tentang website tapi buat yayasan sih. Sepertinya cocok nih. Artikel nya mau aq share dulu ke temenku

  • Baru dengar tentang Moodle ini, yang senangnya bisa nih jadi website untuk sekolah, apalagi fiturnya bermanfaat dan mudah diaplikasikan ya.

  • Pertama kali denger Moodle. Ternyata ada yah web yang berbasis edukasi online.
    Informasi yang bagus kang, pasti bermanfaat bagi guru atau org yg bekerja di bidang edukasi dibluar sana.

  • Jadi ingat ketika tugas akhir dulu, membuat sistem pembelajaran sekolah untuk diaplikasikan di SMA. Pakainya bahasa programan PHP, pake XAMMP juga, dan tentunya MySQL sebagai databasenya. Kalau tujuannya untuk sistem pembelajaran yang dilakukan di sekolah memang cukup menggunakan jaringan intranet saja.

    Tapi sekarang dengan berkembangnya banyak CMS dan plugin, bikin LMS memang nggak perlu ribet dari awal sih. Hanya saja betul perlu hosting yang space-nya lumayan tinggi.

  • dengan CMS WordPress dan plugin jadi semuanya mudah dan praktis yaaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *