Bagikan Blogmu!Kamu punya Blog? Kami ingin membacanya bersama-sama.

Sebelum Update WordPress 5.0

Sebelum Update WordPress 5.0, ada beberapa hal penting perlu diperhatikan, antara lain adalah sebagai berikut:

Lakukan Backup.
Ini adalah paling penting, tidak hanya untuk kebutuhan update core, plugin, theme. Siapa tahu ada kesalahan pada saat update, kita memiliki file dan database cadangan sebelumnya. Simak Cara Backup dengan cPanel.

Sebelum Update WordPress 5.0
Tampilan Dashboard WordPress Setelah Update ke Versi 5.0

Periksa Plugin.
Developer plugin, ramai membicarakan rencana update versi core wordpress dari 4.9.8 ke 5.0. Periksa secara detail plugins yang kita gunakan, caranya dengan mengunjungi website developer plugin (biasanya tersedia pada halaman deskripsi plugin). Bila perlu, nonaktifkan plugin ketika proses update core, lalu aktifkan kembali setelah sepesai update.

Berbagi pengalaman dengan Narablog lain.
Saya pribadi tidak segan bertanya kepada teman lain pengguna wordpress, untuk informasi setelah mereka melakukan update, paling tidak, dapat sebagai pembanding apakah jika kita update, akan terjadi error atau tidak, dan bagaimana solusi mengatasinya.

Sebelum Update WordPress 5.0. Uraian diatas bukanlah 100% merupakan sisi teknis, sehingga dapat dengan mudah dilakukan.

Mereka (para programer) yang tergabung dalam tim wordpress core, tentunya adalah orang-orang pintar yang merupakan pilihan, sehingga bagaimanapun kondisinya, melakukan update wordpress adalah perlu, bahkan harus, karena biasanya salah satu pertimbangannya adalah pembenahan dari sisi keamanan/sekuritas demi kenyamanan pengguna wordpress itu sendiri.

Saya sendiri, alhamdulillah tidak terjadi error setelah update ke wordpress versi terbaru (saat ini 5.0). Hanya memang ada sedikit beberapa yang harus terbiasakan, terutama pada bagian menulis posting serta halaman. Yang sebelumnya kita sudah terbiasa dengan model klasik, saat ini wordpres hadir dengan opsi yang lebih modern.

Jika sudah pernah install plugin Gutenberg, tidak akan terlalu banyak mengalami kesulitan dalam hal membiasakan editorial.

Bahkan, jika ingin menggunakan model editor lama, masih dapat kita lakukan dengan menginstall plugin classic editor.

Apakah kita perlu langsung update core ke wordpress versi 5.0?
Jika blog/website kita sudah didukung dengan php versi terbaru (mulai versi 7.0), tidak ada masalah dengan kompatibel plugin maupun theme yang digunakan (seperti telah disampaikan diatas), maka jawabannya adalah PERLU, karena mau atau tidak, pada akhirnya harus menyesuaikan dengan versi yang paling update (terbaru).

Sebelum Update WordPress 5.0

Anda tidak sendirian, silahkan konsultasikan dengan teknisi hosting provider anda, atau teman yang dianggap lebih mengerti. Semoga bermanfaat.

Ada pengalaman menarik setelah update? silahkan bagikan menggunakan kolom komentar pada tulisan ini. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.