Join di Telegram Bergabung Untuk Berbagi Pengalaman Bersama-sama

PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog

PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog, adalah sebuah tutorial sederhana, dimana kita akan mendapatkan cara mengetahui bagaimana supaya ketika kita menulis artikel di blog, lalu kemudian secara otomatis dapat dibagikan (share) pada grup atau channel telegram yang kita miliki. Cara membuat bot telegram menggunakan script php ini cukup sederhana, sehingga mudah dimengerti oleh kita yang kurang begitu paham tentang bahasa pemograman khususnya php.

PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog
sumber gambar : https://github.com/xLinkOut/telegram-udf-php

Karena pada tahapan membuat bot telegram saat ini sudah termasuk tahap yang agak serius serta membutuhkan tempat untuk menyimpan data dan menjalankan sebuah script php, maka kita akan memerlukan sebuah VPS (Virtual Private Server) untuk kebutuhan tersebut.

Maka sebelum kita mulai membuat telegram bot, DIRMANTO.web.id menyarankan untuk memiliki vps terlebih dahulu. Salah satu layanan vps yang digunakan DIRMANTO.web.id adalah Digital Ocean, informasi & link pemesanan dapat diakses melalui https://m.do.co/c/1bb9adc17f4c.

PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog – Persiapan

  • Akun VPS yang sudah di install PHP minimal versi 5
  • Akun Telegram Bot, yang dapat dibuat terlebih dahulu menggunakan @BotFather dari telegram (https://telegram.me/BotFather)
  • Script PHP yang dapat didownload secara gratis di github

Mari kita mencoba mulai membuat bot telegram yang berfungsi mengambil feed rss dari blog untuk kemudian dibagikan melalui grup secara berkala pada setiap kali kita menulis posting blog.

  • Login VPS sebagai root, kemudian buat user untuk keperluan bot (misalkan: telegrambot)
  • Login sebagai user yang telah dibuat tadi
  • Duplikasi php script untuk bot telegram dengan perintah :

    git clone https://github.com/dirmanto/Telegram-Bot-RSS.git
  • Beralih ke akun telegram anda, lakukan pm (japri) akun @BotFather, kemudian tap menu START
    PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog
  • Create Bot baru dengan perintah /newbot, kemudian simpan TOKEN Bot yang diberikan @BotFather
  • Kembali ke VPS, pada folder telegram-bot-rss-blog, edit file dengan nama bot_config.php
  • pada bagian $token, masukkan dengan token bot yang didapat dari @BotFather tadi
  • Edit bagian $chat dengan memasukan ID grup / ID channel Telegram Anda
  • Edit Bagian $rss dengan memasukan alamat url rss blog anda
  • Jalankan bot dengan perintah : php bot.php

Selesai, masukkan bot anda ke grup telegram yang telah anda miliki. Jika semua proses diatas berjalan dengan baik, maka ketika anda menulis artikel di blog, maka secara otomatis akan ditampilkan juga berupa link, isi artikel singkat serta gambar pada grup telegram anda dan dapat dilihat oleh seluruh user pada grup tersebut.

PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog
Contoh tampilan BOT pada group https://telegram.me/dirmantowebid

PHP Script Sederhana Telegram Bot RSS Blog.
Untuk melihat cara bekerja bot pada grup telegram, silahkan bergabung pada grup @dirmantowebid dengan link https://telegram.me/dirmantowebid atau jika ada kesulitan, akan kita coba bahas bersama disana, namun semampunya saja ya.. karena saya juga bukan ahli pemograman untuk membuat bot telegram, hanya berdasarkan dari pengalaman yang sudah pernah dicoba saja 🙂

Hangout bareng, diskusi, berbagi apa saja, silahkan berkunjung ke grup telegram kami di @dirmantowebid dengan cara mengakses https://telegram.me/dirmantowebid.

Terima kasih telah membaca, semoga dapat menjadi manfaat. Jika ingin mencoba bot telegram instan gratis tanpa harus melakukan instalasi & pemograman php, silahkan melihat tulisan sebelumnya di Pengalaman Pertama Membuat Telegram Bot.

Sekilas Tentang Telegram Bot.
Bot Telegram, adalah sebuah fasilitas dari aplikasi telegram yang dapat berfungsi dan digunakan sebagai alat otomatis (berupa robot online), untuk keperluan menyampaikan atau mencari sesuatu yang dibutuhkan secara otomatis melalui telegram.

Tinggalkan Kebaikan