Join di Telegram Bergabung Untuk Berbagi Pengalaman Bersama-sama

Pengalaman Pertama Memiliki Telegram Bot

Pengalaman Pertama Memiliki Telegram Bot. Kali ini, DIRMANTO.web.id akan mencoba berbagi pengalaman tentang BOT Telegram. Dibandingkan dengan yang lain, mungkin pengalaman ini termasuk bisa dibilang “terlambat”, karena teman yang lain sudah lebih dulu belajar membuat telegram bot, sementara DIRMANTO.web.id masih asyik mahsyuk “wa-nan” 😀

Sebelum berlanjut, mari kita bercerita sedikit tentang telegram. Tidak akan ditulis terlalu banyak sih, karena untuk lebih mengenal telegram, silahkan dapat langsung mencoba sendiri dengan mendownload aplikasinya baik untuk smartphone maupun untuk dekstop (laptop/pc) melalui website resminya di halaman https://telegram.org.

Pengalaman Pertama Memiliki Telegram Bot

Namun yang jelas, chat menggunakan aplikasi telegram, lebih membuat banyak mengetahui sesuatu yang baru, terutama untuk dunia bot telegram yang saat ini sudah banyak yang memiliki dan mengembangkan untuk kebutuhan yang beragam, seperti: jual-beli pulsa, online shop, input-output data, tausiyah, random qur’an & hadist, publikasi blog, sosial media melalui group/channel, bahkan untuk kebutuhan serius seperti data absensi dan masih banyak lagi.

Pengalaman Pertama Memiliki Telegram Bot yang DIRMANTO.web.id dapatkan adalah dengan menggunakan fasilitas gratis yang sudah tersedia, yakni ManyBOT. Cara memiliki bot sendiri menggunakan manybot ini cukup mudah :

  • Gunakan telegram (baik melalui smartphone atau dekstop)
  • Pada kolom pencarian (search), tuliskan: manybot, kemudian tap/klik
  • Tap/klik menu START
    ManyBOT
  • Pilih menu / tombol Create a New Bot
  • Setelah itu, ikuti langkah selanjutnya seperti yang disampaikan oleh si ManyBot ini, termasuk nama dan username bot serta bot token yang akan kita dapatkan melalui BotFather.

Jika proses sukses dan selesai, maka kita sudah memiliki bot telegram dengan kempuan awal yang cukup lumayan kaya akan fitur, diantaranya adalah: menyampaikan update rss blog, twitter, youtube langsung kepada user, channel dan group telegram secara real time setiap kita update status pada sosial media maupun blog. Membuat menu yang berisi halaman pada blog kita, dan lain sebagainya.

Setelah kita memiliki sebuah akun telegram bot yang dapat dipergunakan, maka kemudian akan berkembang menjadi sesuatu yang dapat menjadi tambahan belajar dan pengetahuan kita selanjutnya. Seperti memiliki bot yang memiliki kemampuan mengucapkan selamat datang kepada user yang join pada grup kita, menyampaikan prakiraan cuaca, waktu sholat, random & pencarian surat dalam Alqur’an, dan sebagainya. Setidaknya itulah yang sementara ini DIRMANTO.web.id miliki sebagai pengalaman baru dalam memiliki telegram bot.

Pengalaman Pertama Memiliki Telegram Bot dan pengalaman-pengalaman selanjutnya, dapat diikuti secara langsung atau paling tidak dapat bergabung untuk sharing berbagi bersama atau sekedar hang out saja di group telegram yang dapat diakses di https://telegram.me/dirmantowebid

Terima kasih kepada :

  1. Anda, yang membaca tulisan ini
  2. ManyBOT, sebagai pengalaman pertama memiliki bot sendiri
  3. Bang Hasan & rekan-rekan, atas tutorial membuat bot menggunakan hook & php dengan diskusi melalui grup Telegram BOT PHP Indonesia
  4. BotFather, sebagai fasilitas pembuat akun bot resmi dari telegram

Chat menggunakan telegram, menurut DIRMANTO.web.id seperti chat bersanding dengan mesin pencarian google, karena kita dapat mencari apa yang kita butuhkan.

Demikian sedikit pengalaman tentang telegram bot, semoga dapat menjadi manfaat. Untuk pengalaman lanjut membuat telegram bot menggunakan php, silahkan lihat disini.

One Comment

Tinggalkan Kebaikan