2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar

Informasi tentang 2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar ini merupakan pengalaman pribadi menggunakan layanan vps dengan lokasi server luar negeri. VPS, Virtual Private Server, merupakan sebuah server private dengan teknologi virtualisasi yang dapat membagi hardware fisik menjadi beberapa server virtual dengan konsep infrastuktur yang sama.

Pemilik blog dengan kapasitas trafik kunjungan yang sudah banyak, semestinya akan membutuhkan layanan virtual private server ini sebagai hosting untuk blog nya.

2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar
2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar

Pada artikel ini, DIRMANTO.web.id akan sedikit berbagi pengalaman tentang menggunakan server vps. Berikut adalah 2 layanan virtual private server yang pernah digunakan dalam 1 – 2 tahun terakhir ini :

VPS DigitalOcean

Adalah layanan pertama yang pernah digunakan, hingga saat ini. support yang cepat & handal, merupakan salah satu pertimbangan untuk dapat dijadikan sebagai layanan pilihan.

Kelebihan Layanan Virtual Private Server (VPS) DigitalOcean

  • Harga sewa yang disesuaikan dengan kebutuhan (dikenal dengan istilah populer pay as you go), sehingga kita bisa memilih paket layanan yang tepat dengan keperluan, mulai dari $5 USD per bulan.
  • Instalasi server yang (menurut saya), sudah semi full manage, karena sudah tersedia dengan template OS (operating sistem) yang diperlukan, mulai dari Ubuntu hingga Centos. Bahkan tersedia pilihan instalasi lengkap dengan fitur khusus, seperti LAMP/LEMP, WordPress, NodeJS dan sebagainya (Gratis).
  • Jika kita ingin melakukan instalasi server secara manual untuk kebutuhan belajar maupun coba-coba, sudah tersedia panduan lengkap mulai dari hardening server hingga melakukan installasi opsi-opsi kebutuhan server melalui blog resminya.
  • Saat ini, tersedia pilihan lokasi server US & Asia (Singapore).

Host US

Adalah layanan vps kedua yang pernah digunakan hingga saat ini. Berbeda dengan DigitalOcean di atas, aktivasi ketika kita melakukan pemesanan layanan virtual private server, sedikit lebih lambat.

Menurut keterangan dari tim billing, hal tersebut karena sistem aktivasi layanan menggunakan metode manual (tidak dengan sistem otomatis).

2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar

Kelebihan Layanan vps di Host US

  • Murah, tersedia harga mulai $5.95 per 3 bulan.
  • Ada pilihan lokasi server US, UK, Amsterdam, Sydney, Singapore serta China.
  • Tersedia juga template instalasi OS (Operating System), seperti: CentOS, Debian, Devuan, Ubuntu, Slackware & Docker.
  • Tersedia 2 (dua) pilihan tipe (OpenVZ & KVM).

2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar negeri ini sudah pernah saya coba dan masing-masing cukup baik dari sisi kualitas server juga pelayanan support/billing nya. Kedua layanan tersebut di atas menggunakan metode pembayaran paypal & kartu kredit (credit card).

Tidak sulit jika kita tidak memiliki kedua alat pembayaran tersebut, karena saat ini sudah banyak jasa isi saldo paypal tanpa kita harus memiliki kartu kredit, cukup mendaftar pada layanan paypal saja.

Profil Layanan & Pemesanan (menggunakan link diskon affiliasi)
#1 DigitalOcean – Silahkan Akses
#2 Vultr – Silahkan Akses
#0 Host US – Silahkan Akses

Anda sudah pernah mencoba 2 Rekomendasi Layanan VPS Server Luar ini ?

Dengan menggunakan VPS, selain untuk dapat menyimpan data hosting, juga dapat dipergunakan untuk kebutuhan lain seperti koneksi virtual private network, menjalankan source telegram bot, maupun keperluan teknis lainnya sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing. Semoga bermanfaat.

Update 19/02/2020 — karena saya mendapatkan sisi layanan yang kurang memuaskan pada HostUS, maka saya mengganti saran untuk pilihan vps dengan layanan vps dari Vultr.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.