Belajar Teknik Membatik di Rumah? Bisa Dong!

Belajar Teknik Membatik di Rumah? Bisa Dong! Kenapa tidak? bahkan bagi pembatik pemula. Sebagai warga negara Indonesia, kita tentu perlu selalu merasa bangga akan warisan budaya leluhur ini. Mengapa? karena jauh sebelum batik diakui sebagai salah satu ciri khas budaya oleh seluruh dunia, di Indonesia sendiri, batik sudah menjadi kebudayaan, bahkan dipergunakan sebagai pakaian kebesaran keseharian.

Untuk itu, belajar teknik membatik perlu untuk selalu menjadi bahan edukasi berkala di masyarakat. Termasuk Dirman Personal Blog, sesuai dengan kapasitasnya sebagai narablog, ingin mencoba menjadikan blog ini sebagai sarana informasi terkait bagaimana cara mudah belajar membatik.

Belajar Teknik Membatik di Rumah? Bisa Dong!
Belajar Teknik Membatik di Rumah? Bisa Dong!

Teknik Membatik Populer di Indonesia

Seperti telah diulas sebelumnya secara menyeluruh tentang tempat belajar teknik membatik, ada beberapa teknik membatik populer di Indonesia yang cukup mudah untuk dapat dipelajari oleh pemula, serta dapat dilakukan saat di rumah. Apa saja? mari kita membahasnya satu per satu, ya.

1. Membuat Batik Printing

Batik printing akan kita jadikan sebagai bahasan pertama, karena teknik membantik dengan metode printing ini diakui merupakan cara yang paling mudah dalam membuat motif batik. Apalagi, saat ini sudah cukup banyak sarana berupa alat teknologi digital yang dapat mendukung membuat batik printing. Berikut alasan mengapa batik printing cukup mudah untuk dicoba :

  • Dapat disesuaikan dengan aneka corak warna serta motif modern
  • Lebih cepat dalam membuatnya
  • Tidak terlalu diperlukan keahlian khusus dalam bidang desain motif
  • Dapat dilakukan untuk kebutuhan produksi masal dengan motif atau warna yang sama

Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Batik Printing

Secara konvensional, alat pendukung membuat batik printing ini memang masih cukup banyak, seperti diantaranya : meja sablon, plankan, klise atau film yang digunakan untuk cetak motif dan lain sebagainya. Namun, dengan adanya teknologi digital, saat ini mulai dikenal adanya istilah Digital Textile. Bahkan, alat ini tersedia dalam ukuran sederhana yang dapat digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Anda pernah memesan kaos atau pakaian lain yang bisa ditambahkan desain dalam waktu cepat? Nah, seperti itulah kira-kira proses pembuatan batik printing dengan teknik membantik berbasis teknologi. Cara ini, bahkan sudah mulai diminati oleh sebagian besar pelaku industri batik di Indonesia.

2. Membuat Batik Cap

Teknik membatik seperti ini juga masih tergolong mudah dicoba sebagai sarana belajar membuat batik bagi pemula, di rumah. Faktanya, model batik cap ini masih digemari oleh beberapa kalangan untuk dijadikan sebagai koleksi fashion baik pribadi maupun untuk keperluan kelompok tertentu.

Alat Membuat Batik Cap

Walaupun tidak sepraktis batik printing, alat yang digunakan untuk keperluan membuat batik cap juga tidak terlalu banyak dan cukup mudah untuk diperoleh. Alat tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Meja sebagai alas cap
  • Loyang dengan bahan tembaga untuk memanaskan malam
  • Kompor atau tungku
  • Canting cap
  • Kain mori

Disebut mudah, karena pada proses membuat batik dengan alat cap, kita belum perlu untuk memiliki kemampuan khusus dalam menggambar motif. Canting cap dapat dipesan sesuai dengan desain batik yang diinginkan. Jadi, canting di sini bukan merupakan cantik batik yang khusus untuk menggambar itu, ya. Namun lebih seperti alat cetak dengan bahan tembaga.

Belajar Teknik Membatik di Rumah? Bisa Dong!

Nah, dari kedua teknik membatik seperti yang telah disampaikan di atas, kira-kira mana nih yang paling mudah dan akan Anda coba terlebih dahulu? Teknik manapun yang akan dipergunakan, semoga dapat terealisasikan, ya. Paling tidak Anda akan memiliki koleksi pakaian dengan motif batik sesuai dengan keinginan sendiri.

Selamat mencoba belajar teknik membatik di rumah, semoga menyenangkan!

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *