Tempat Belajar Teknik Membuat Batik Terdekat di Jogja

Tempat Belajar Teknik Membuat Batik Terdekat di Jogja serta wilayah sekitar Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa lokasi ini insyaAllah dapat dijadikan tujuan saat Anda ingin lebih mengenal teknik membuat batik. Tak hanya itu, di tempat tersebut juga tersedia aneka kain batik dengan motif menarik untuk kebutuhan oleh-oleh. Jika beruntung, bahkan bisa membawa pulang kain batik hasil karya Anda sendiri.

Tempat Belajar Teknik Membuat Batik Terdekat di Jogja
Belajar Membuat Batik Sendiri itu, Menyenangkan!

Teknik Dasar Membatik Tradisional

Sebelum Dirman Personal Blog memberikan informasi tempat dimana Anda dapat belajar teknik membatik, alangkah lebih baik jika Anda bersedia mengetahui beberapa teknik tradisional dalam membuat batik. Tujuannya agar Anda dapat menentukan teknik batik apa yang sekiranya akan dipelajari. Sehingga, Anda akan dapat dengan mudah menemukan serta menentukan tempat membuat batik terdekat dengan lokasi Anda saat ini. Berikut 5 teknik dasar membuat batik yang populer :

  1. Teknik Membatik Tulis Mengunakan Canting
  2. Teknik Membatik Metode Tjap
  3. Teknik Membatik Metode Tjelup
  4. Teknik Membatik Metode Printing
  5. Teknik Membatik Metode Tjolet

1. Belajar Membatik Tulis Menggunakan Canting

Hasilnya, dikenal dengan nama populer Batik Tulis. Merupakan jenis kain batik yang memiliki harga jual yang fantastis. Bagi pengrajin batik yang sudah piawai membuat baik dengan teknik ini tak memerlukan sebuah pola khusus saat membuatnya. Jiwa seni yang sudah menyatu dalam hati, akan menghasilkan sebuah karya seni batik yang luar biasa. Bahkan, hasil batik yang satu, tak selalu sama dengan hasil batik yang dibuatnya kemudian. Boleh dibilang, kain batik seperti ini adalah jenis limited edition. Anda tentu akan sangat bangga saat memiliki kain batik ini.

2. Belajar Membatik Metode Tjap (baca: cap)

Beberapa orang mengenal teknik ini dengan istilah populer : Batik Canting Cap. Sepintas, cara membuatnya hampir mirip dengan metode canting tulis seperti disampaikan di atas. Hanya saja, ada perbedaan pada tingkat kesulitan serta nilai seni yang dimiliki. Membuat batik dengan metode cap, cenderung lebih mudah dilakukan dan kebanyakan sudah tersedia semacam pola batik pada kainnya.

3. Belajar Membatik Metode Tjelup (baca: celup)

Sebagian besar mengenal hasil kain batik yang dibuat dengan metode ini dengan nama populer : Batik Jumputan. Sependek yang Dirman Personal Blog ketahui, teknik membuat batik celup ini bahkan sudah mulai disosialisasikan pada anak remaja setingkat sekolah menengah pertama hingga SMA. Corak batik yang dihasilkan juga tak dapat terlalu banyak dibuat variasi, karena cara membuatnya bergantung pada ikatan kain saat dicelupkan kedalam pewarna khusus batik.

4. Belajar Membatik Metode Printing

Terkenal dengan sebutan: Batik Printing. Dari semua teknik membatik yang disampaikan pada artikel ini, metode printing mungkin bisa dikatakan sebagai teknik yang paling mudah serta cepat dalam hal menghasilkan selembar kain batik dengan motif yang dapat lebih disesuaikan variasi serta warnanya. Alat yang digunakan juga sudah termasuk modern. Sependek yang Dirman Personal Blog ketahui, hanya dengan waktu 5 menit saja, kita sudah bisa memiliki sebuah kain batik dengan motif sesuai keinginan.

5. Belajar Teknik Membatik Metode Tjolet (baca: Colet)

Hasilnya, kita kenal dengan nama Batik Lukis. Salah satu alasan mengapa dinamai batik lukis, mungkin metode cara membuatnya ada saat pembatik perlu mengoleskan pewarna khusus batik pada kain dengan menggunakan alat berupa koas. Seperli halnya melukis, yang juga membutuhkan koas untuk membuat sebuah gambar atau pola tertentu. Karena teknik membatik ini juga memerlukan jiwa seni, maka tak jarang jika kain batik yang dihasilkan memiliki harga tinggi, bahkan ada yang hampir menyamai harga batik tulis.

Tempat Belajar Teknik Membuat Batik Terdekat di Jogja

Nah, setelah Anda mengetahui paling tidak 5 (lima) teknik membatik populer, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan tempat dimana akan mulai belajar membuat batik. Baik sekedar belajar sesaat sebagai tambahan pengetahuan saat anda bepergian wisata ke jogja, atau Anda memang ingin meluangkan waktu khusus untuk belajar lebih dalam tentang teknik membuat batik secara menyeluruh. Berikut adalah beberapa tempat yang menyediakan program belajar membatik untuk umum.

Sanggar Galeri Batik Seno

Di sini, Anda beserta keluarga akan mendapat kesempatan belajar membatik dengan teknik canting. Tempatnya mudah dijankau dari lokasi anda menginap di kota jogja. Galeri Batik Seno memiliki alamat lengkap : Jl. Mantrijeron, Mantrijeron, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143. Lihat Peta Batik Seno. Galeri yang sudah berdiri sejak tahun 1979 ini, banyak juga dikunjungi wisatawan mancanegara dengan tujuan belajar membatik maupun sekedar belajar teknik membatik.

Sanggar Galeri Batik Darmo

Masyarakat lokal jogja bahkan sudah mengenalnya sebagai tempat kursus batik. Hal tersebut karena batik darmo ini cukup intens dalam menyelenggarakan pelatihan membatik bagi warga sekitar yogyakarta. Galeri batik yang memiliki alamat lengkap di Jl. Polowijan No.20, Kadipaten, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132 ini, tetap ingin selalu menjaga warisan luhur budaya Indonesia secara konsisten, paling tidak, bagi warga lokal jogja. Lihat Peta Lokasi Batik Darmo.

Sebenarnya masih banyak lokasi dapat ditemukan sebagai tempat belajar teknik membatik di Yogyakarta. Namun, sementara ini hanya kedua lokasi di atas yang sempat dikunjungi oleh Dirman Personal Blog. Anda memiliki pengalaman belajar membatik di tempat lain? Silahkan sampaikan melalui kolom komentar yang tersedia pada halaman ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.