Tren Pemasaran Digital Terbaru Yang Wajib Diketahui UMKM
Sudah bukan merupakan rahasia lagi. Bahkan hampir sebagian besar pelaku bisnis UMKM mengakui bahwa memanfaatkan teknologi sebagai sarana pendukung pemasaran terbukti lebih murah serta dapat diterapkan pada jenis usaha apa saja. Termasuk bisnis Anda. Ini dia Tren Pemasaran Digital Terbaru Yang Wajib Diketahui UMKM sebelum mulai membuka bisnis baru.
1. Pemasaran online menggunakan media sosial
Sebut saja misalnya menggunakan Instagram atau TikTok yang sudah mulai menyediakan fitur toko online shop sebagai sarana yang akan dapat mempermudah UMKM dalam menjual produk maupun jasa miliknya. Sebagai contoh penampakannya, silakan kunjungi toko online layanan jasa Dirman Personal Blog di akun Instagram.
2. Memasarkan produk secara digital menggunakan website
Faktanya, situs google masih menjadi sarana informasi utama yang digunakan pengguna internet dalam mencari kebutuhan apapun yang ingin dibelinya. Bisnis UMKM yang memiliki website baik berupa profil bisnis maupun toko online, tentu akan lebih mudah tampil sehingga akan ditemukan oleh calon pelanggan yang kebetulan membutuhkan produk maupun jasa yang dijual online.
3. Pemasaran digital dengan memanfaatkan blogger atau influencer
Coba perhatikan diri Anda sendiri saat sedang akan mencari dan membeli sebuah produk berupa lampu philips smart lighting misalnya. Apa yang Anda lakukan agar lebih yakin dalam memilih lampu philips yang akan dibeli secara online?
Sebagian besar calon pembeli termasuk juga Anda, akan mencoba menemukan reviewnya terlebih dahulu. Baik terkait produk maupun toko online yang menjualnya. Nah, biasanya ulasan ini akan dicari dan ditemukan di mesin pencarian online seperti google. Jika produk UMKM Anda memanfaatkan blogger atau influencer, maka peluang produk Anda ditemukan akan semakin besar.
Bahkan, sejak tahun 2020 yang lalu, data statistik menyebutkan bahwa review blogger atau influencer dapat mendorong terjadinya pembelian terhadap sebuah produk yang ditampilkan hingga mencapai 60%. Ini artinya bahwa produk UMKM yang diulas secara langsung oleh para blogger maupun influencer mampu memiliki peluang lebih besar dalam mendapatkan pembeli online.
Blogger, biasanya memublikasikan produk yang direviewnya secara langsung berupa konten artikel yang dilengkapi dengan gambar saat menggunakan maupun video. Sedangkan influencer lebih sering melakukan hal tersebut di atas pada akun social media pribadi miliknya.
4. Menjual produk atau jasa di Marketplace
Kehadiran marketplace di Indonesia juga memiliki pengaruh besar terhadap terjadinya Tren Pemasaran Digital Terbaru bagi bisnis UMKM. Banyak kemudahan serta fasilitas yang diberikan oleh marketplace yang membantu calon pelanggan menemukan bisnis UMKM hingga akhirnya membeli produk maupun jasa yang ditawarkan.
Dari informasi tentang Tren Pemasaran Digital Terbaru yang disampaikan pada halaman ini, metode marketing digital mana yang sudah dilakukan oleh bisnis UMKM Anda?
Benar banget kak.. Memanfaatkan teknologi sangat mendukung buat para UMKM yaa.. Dan ada banyak media yang dibutuhkan untuk mengembangkan UMKM kita seperti lewat promosi di media digital yang disebutkan di artikel ini.. Terima kasih sangat informasinya kak, sangat bermanfaat..
sekarang memang wajib banget ya kita melakukan pemasaran lewat digital begini apalagi kalau jalur influencer biasanya lumayan cepat mengangkat penjualan produk
Sementara ini yang saya coba masih poin nomor 1 dan 4 Kak. Dan sepertinya, sering-sering mengiklankan produk juga jadi tren pemasaran ya bagi pengguna marketplace. Apalagi untuk toko atau produk yang baru merintis. Harus sering-sering pasang iklan agar bisa terlihat.
Pemasaran digital memang sangat diperlukan sekarang ini. Tanpa itu, bisnis pasti kurang maksimal.
Wah bener banget nih, digital marketing tuh sekarang bahkan mengalahkan traditional market. Sangat bagus untuk UMKM yang bisa memasarkan produknya ke mana saja