Join di Telegram Bergabung Untuk Berbagi Pengalaman Bersama-sama

Youtube Annotation Diganti Dengan End Screen

Youtube Annotation Diganti Dengan End Screen. Begitulah kabar informasi terbaru yang saya baca dari dunia per-youtube-an saat ini 🙂

Sebelumnya, Annotation ini banyak dipergunakan sebagai fitur tambahan untuk konten video yang diupload para youtubers, termasuk juga saya. Karena menggunakan fitur Annotation cukup bermanfaat untuk menambahkan informasi lain pada video, seperti informasi link artikel pada blog kita dari video youtube, informasi berupa text pada video, dan fungsi bermanfaat lainnya.

Youtube Annotation Diganti Dengan End Screen
Gambar Tampilan Youtube Anotation Oleh : businessinsider.com.au yang berisi tutorial untuk menonaktifkan Anotation.

Anotation (dibaca: Enotesyen), adalah fitur dari youtube untuk menambahkan text pada video yang dapat ditempatkan sesuai dengan keinginan kita, bisa diawal, ditengah maupun di akhir video. Anotation ini biasanya dipergunakan oleh kebanyakan youtubers untuk menambahkan konten pada video atau sekedar menambahkan backlink dari video yang diupload kepada blog pribadinya.

Youtube Annotation Diganti Dengan End Screen, apa penyebabnya?
Melalui yang DIRMANTO.web.id baca pada blog resmi youtube (dapat diakses informasi lengkapnya di alamat https://youtube-creators.googleblog.com/2017/03/keep-fans-engaged-with-cards-end.html), beberapa kebijakan yang akhirnya diambil youtube untuk menggantikan Anotation dengan End Screen adalah sebagai berikut :

  • Fitur End Screen lebih bekerja maksimal pada tampilan blog yang diakses menggunakan versi mobile (handphone, smartphone, tablet, ipad, iphone dan sebagainya), sementara Anotation, karena dibuat mulai tahun 2008, maka tidak berfungsi maksimal pada tampilan versi mobile.
  • End Screen dapat lebih menambah penonton (disebut: viewers), pada channel youtube kita, karena link tujuan tetap pada video yang ada pada channel youtube kita sendiri.
  • Menggunakan End Screen lebih Friendly User (Mudah), karena didukung dengan tersedianya template yang dimana kita dapat mengarahkan penonton video pada video lainnya atau menu berlangganan (subscribe) pada menjelang akhir tayangan video yang kita upload.

Selain End Screens, fitur pendukung yang dapat tetap digunakan sebagai pengganti Anotation adalah Fasilitas CARDS. Namun menurut DIRMANTO.web.id fitur ini lebih kurang sama dengan Anotation, yakni dapat mengarahkan dengan text dilengkapi gambar yang menuju pada link url blog kita, walaupun dapat tampil hanya dalam kurang dari 20 detik saja.

Sehingga untuk menambah konten dan viewers video pada youtube, sebaiknya memang lebih bermanfaat dengan menggunakan fitur End Screens daripada Fitur Cards.

Bagaimana… apakah video mu di youtube sudah dilengkapi dengan fitur terbaru, yakni End Screens ini ?
Tonton beberapa koleksi video DIRMANTO.web.id dengan mengakses Halaman Ini.

Tinggalkan Kebaikan