Updraftplus: Cara Praktis Backup WordPress Otomatis

Updraftplus: Cara Praktis Backup WordPress Otomatis. Termasuk beruntung dapat mengenal serta menggunakan wordpress untuk kebutuhan membuat blog maupun website lainnya. Cukup banya kemudahan yang bisa didapatkan dari wordpress ini. Termasuk salah satunya adalah untuk kebutuhan pencadangan. Atau biasa kita kenal dengan istilah backup.

Pada artikel sebelumnya, Dirman Personal Blog pernah membahas tentang cara backup manual menggunakan cPanel Hosting. Pada informasi ini, akan mencoba menyampaikan pengalaman pribadi saat melakukan backup di blog wordpress self hosting menggunakan Updraftplus.

Apa itu UpdraftPlus?

Merupakan salah satu plugin populer yang banyak dimanfaatkan pengguna wordpress untuk kebutuhan pencadangan. Mengapa cukup terkenal? saat menulis artikel ini saja, pengguna plugin updraftplus sudah mencapai lebih dari 3 juta pengguna. Informasi selengkapnya dapat dilihat melalui halaman Plugin Pencadangan WordPress UpdraftPlus.

Updraftplus: Cara Praktis Backup WordPress Otomatis – Official Video

Video Tutorial Milik UpdraftPlus

Bagaimana Cara Menggunakan UpdraftPlus?

Ini dia yang pasti kita semua suka! Karena caranya mudah sekali, seperti yang sekilas dapat ditonton pada video di atas, caranya sama seperti saat kita menggunakan plugins wordpress yang lain :

  • Login ke Dashboard WordPress
  • Pilih menu Plugins
  • Cari plugin menggunakan kata kunci updraftplus
  • Install lalu aktifkan

Fasilitas Pencadangan Gratis Tersedia Untuk Kebutuhan Backup!

Setelah plugin terinstall serta aktif, kita akan menemukan beberapa opsi penyimpanan backup yang telah tersedia secara gratis, antara lain adalah Google Drive dan Dropbox. Tersedia juga fitur pencadangan premium berbayar yang bisa kita coba seharga $1 USD untuk sebulan pertama. Dirmanto.web.id sendiri menggunakan fasilitas Google Drive untuk menyimpan backup gratis.

Tersedia Beberapa pilihan tempat menyimpan backup
Beberapa pilihan tempat Menyimpan Backup

Memiliki Kemampuan Pencadangan Otomatis

Selain dapat digunakan untuk melakukan backup manual, plugin updraftplus ini juga memiliki kemampuan untuk melakukan backup otomatis dengan tujuan berbagai penyimpanan gratis seperti pada gambar di atas. Waktu pencadangan otomatis yang saat ini tersedia mulai dari setiap 2 jam sekali, setiap hari, setiap seminggu sekali hingga backup bulanan. Keren, ya?! Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan backup yang kita inginkan.

Kelebihan dan Kekurangan Plugin UpdraftPlus

Dirman Personal Blog sebenarnya sudah lama mengenal plugin updraftplus. Namun, baru sekitar beberapa pekan yang lalu menggunakannya. Ini dilakukan sebagai opsi tambahan pencadangan yang biasanya dilakukan secara manual. Dan tentunya sebagai pengalaman agar dapat berbagi pada tulisan ini. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan saat menggunakannya.

5 Kelebihan Plugin UpdraftPlus Sebagai Alat Backup

  1. Mudah. Praktis. Gratis!
  2. Dapat digunakan sebagai alat backup lengkap (core, theme, plugin, media, database)
  3. Bisa integrasi secara mudah dengan penyedia penyimpanan data pihak ketiga
  4. Tersedia fitur backup otomatis harian, mingguan bahkan bulanan
  5. Kompatibel untuk WordPress Multisite

Kekurangan Plugin UpdraftPlus

Sependek waktu menggunakan plugin ini, belum menemukan kekurangan berarti sesuai dengan kebutuhan sekarang. Hanya satu yang mungkin jika boleh disebut sebagai kekurangan. Yakni, saat memasang plugin pada blog yang menggunakan shared hosting (non VPS), beberapa kali prosesnya sempat terhenti sehingga bisa saja menyebabkan data backup menjadi tidak lengkap.

Updraftplus: Cara Praktis Backup WordPress Otomatis – Kesimpulan

Jadi, plugin updraftplus ini sangat cocok digunakan sebagai opsi utama backup maupun sekedar tambahan pencadangan. Paling tidak, semikian yang dirasakan oleh kang Dirman sendiri. Untuk pengalaman lebih menyenangkan, silahkan mencoba plugin backup gratis ini pada blog wordpress kamu, ya. Semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Updraftplus Cara Praktis Backup WordPress Otomatis
Cara Praktis Backup WordPress Otomatis Bersama UpdraftPlus

Updraftplus: Cara Praktis Backup WordPress Otomatis – Q&A

Apakah kamu pernah menggunakan plugin Updraftplus?

Pakai yang Gratisan atau Premium? Bagaimana pengalamannya?

Jika pernah menggunakan, berapa lama pakai plugin UpdraftPlus?

Ceritakan apa saja kendala yang pernah dialami atau mungkin apakah pernah mengalami error?

Cara Mendapatkan Plugin Updraftplus Premium

Walaupun untuk saat ini cukup bagi saya menggunakan plugin updraftplus versi gratis, namun Anda mungkin akan membutuhkan versi premium agar mendapatkan fasilitas tambahan sesuai dengan keperluan, seperti : pengaturan jadwal waktu backup secara lebih detail, serta tempat backup lebih dari satu lokasi penyimpanan saja.

Caranya mudah, silahkan gunakan tombol di bawah ini untuk memeriksa lebih lanjut terkait informasi harga terbaru berlangganan plugin updraftplus versi premium.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.