Bagikan Blogmu!Kamu punya Blog? Kami ingin membacanya bersama-sama.

Tool Untuk Periksa Performa Blog

Tool Untuk Periksa Performa Blog. Benar, aktifitas utama sebagai seorang blogger/narablog adalah menulis konten pada blog milikya sendiri maupun di platform lain. Namun ada baiknya juga, jika blog yang dimiliki diperiksa performanya secara berkala, paling tidak seminggu sekali. Agar dapat diketahui bagaimana kecepatan, kenyamanan diakses, user view, kompatibilitas tampilan responsive dan sebagainya.

Narablog profesional diluaran sana, bahkan bersedia mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli sebuah tool/software premium yang dapat digunakan untuk memeriksa bagaimana performa blognya ketika diakses pengunjung.

Tool Untuk Periksa Performa Blog
Tampilan Performa Blog pada Google Console Gratis

Personal Blog ini, sebagai pemula, cukup dengan memanfaatkan tool yang sudah tersedia gratis dari Google saja. Disamping karena kebutuhan hanya untuk memeriksa performa pada mesin pencarian google, tool ini mudah untuk digunakan serta cukup memadai fitur untuk seorang pemilik blog.

Nama Tool tersebut saat ini dikenal dengan Google Search Console, yang mana sebelumnya menggunakan nama Google Webmasters Tools. Cara mendaftarnya mudah, cukup hanya dengan memiliki akun email google, maka tools ini sudah otomatis menjadi fasilitas gratis untuk kita. Baca tulisan cara mendaftar Google Search Console.

Tool Untuk Periksa Performa Blog. Apa saja fasilitas gratis yang tersedia disana? Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Performance / Performa. Menu tool ini bisa dimanfaatkan untuk melihat performa blog kita meliputi: Total Klik dalam kurun waktu mulai 7 hari hingga 16 bulan terakhir, jika ingin melihat lebih dari kurun waktu tersebut, tersedia pilihan kustom.
  • Total Impresi. Adalah hasil perhitungan berapa kali link ke blog kita dapat tampil kepada pengguna mesin pencarian google.
  • Inspeksi URL. Pilihan menu yang dapat digunakan untuk memeriksa apakah link sebuah posting blog kita sudah dapat muncul/tampil pada halaman pencarian google atau belum.
  • Cakupan Halaman Index. Dengan fasilitas ini, kita bisa mengetahui seberapa besar seluruh link pada blog kita sudah dapat terindeks dengan baik pada mesin pencarian google. Jika ada halaman error atau tidak valid, maka laporan tersebut akan kita dapatkan secara realtime.
  • Peta SITUS. Mesin pencari google, akan mengenali semua konten berupa link di blog kita, salah satunya adalah dengan peta situs (sitemap). Pada menu ini, kita dapat mengetahui berapa jumlah link yang sudah dapat masuk pada halaman pencarian google.
  • Tampilan Responsive dan AMP. Saat ini, fitur ini merupakan sebuah kebutuhan yang amat penting, karena hampir seluruh blog sudah memanfaatkan desain tema responsive agar dapat diakses melalui smartphone dengan tampilan yang baik serta proporsional. Di menu ini, kita bisa tahu, apakah blog kita sudah dapat tampil dengan baik atau belum bagi pengguna gadget.
Tool Untuk Periksa Performa Blog
Halaman Periksa Mobil Usability pada Google Search Console

Tool Untuk Periksa Performa Blog. Nah, sebagai pemilik personal blog, google search console, merupakan tool wajib untuk dimiliki serta diakses secara rutin untuk kebutuhan memeriksa performa blog atau informasi lainnya.

Apakah Anda juga Begitu ?

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.