Tips Memilih Asuransi: Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Tips Memilih Asuransi: Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan -/- Asuransi bisa dibilang sebagai salah satu hal penting yang perlu dimiliki oleh semua orang. Selain sebagai jaminan bagi diri sendiri maupun properti yang diasuransikan, memiliki asuransi dapat membantu untuk menjaga keadaan finansial keuangan menjadi lebih stabil. Memiliki asuransi juga menjadi faktor yang dapat membantu untuk menjadi bekal bagi masa depan yang lebih baik.

Apabila Anda sebelumnya belum pernah membeli asuransi, ada beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan ketika akan memilih sebuah asuransi, baik itu asuransi untuk diri sendiri maupun properti.

Lalu, apa saja hal-hal yang sekiranya perlu diperhatikan dalam memilih sebuah asuransi? Berikut ini ulasan yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum memilih asuransi yang tepat.

Pemilihan Produk Asuransi

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli asuransi adalah dengan memastikan kebutuhan dari asuransi itu sendiri. Anda ingin membeli asuransi untuk apa, jenis asuransi apa yang ingin dibeli, cakupan fasilitas seperti apa yang diinginkan, dan lain sebagainya. Jangan membeli asuransi karena tergoda dengan promo meskipun asuransi tersebut belum menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan konsultasi terkait jenis asuransi seperti apa yang ingin Anda beli.

Selain pemilihan produk asuransi, Anda juga perlu memperhatikan agen asuransi yang nantinya ingin Anda beli produk asuransinya. Pastikan agen asuransi tersebut merupakan agen asuransi profesional dan memiliki sertifikat keagenan. Selain itu, agen tersebut juga harus bisa menjelaskan secara rinci, detail, serta cermat, terkait produk-produk asuransi yang ditawarkan.

Tips Memilih Asuransi: Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan
Tips Memilih Asuransi — Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Kemudian, Anda perlu memastikan bahwa ketika telah memiliki produk asuransi dari seorang agen asuransi telah mengisi data Surat Permintaan/Permohonan Pertanggungan asuransi (SPPA) serta Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ). Anda juga perlu mengetahui manfaat, persyaratan, serta pengecualian jaminan dari asuransi yang ingin Anda beli.

Setelah menerima polis asuransi, pastikan Anda juga telah membaca isi polis asuransi secara cermat dan apabila tidak sesuai, langsung tanyakan kepada agen asuransi untuk melakukan perubahan hingga pembatalan.

Pemilihan Perusahaan Asuransi

Saat ini, sudah banyak perusahaan-perusahaan penyedia layanan asuransi dengan berbagai jenis kebutuhan. Sebelum membeli produk asuransi, penting bagi Anda untuk mencari tahu terkait latar belakang maupun ulasan dari perusahaan asuransi yang akan Anda beli produk asuransinya. Hal pertama yang perlu Anda pastikan yaitu perusahaan asuransi yang dituju telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, serta Asosiasi.

Anda dapat memeriksa status perusahaan asuransi yang dituju melalui laman resmi OJK atau Asosiasi, atau Anda juga dapat bertanya langsung ke Layanan Konsumen OJK.

Anda juga perlu memperhatikan kualitas jasa yang diberikan oleh perusahaan asuransi, mulai dari proses penerbitan polis, layanan atau layanan tambahan yang ditawarkan oleh perusahaan, kualitas rekanan dari perusahaan (rumah sakit, bengkel, dan lain sebagainya), dan masih banyak lagi. Selain itu, pastikan Anda juga mengetahui track record dari perusahaan produk asuransi yang dituju, meliputi tingkat solvabilitas atau risk based capital dari perusahaan asuransi tersebut.

Memahami Kebutuhan Asuransi

Tips yang satu ini mungkin sering diabaikan oleh orang-orang, namun penting untuk dilakukan. Sebelum melakukan pembelian asuransi, penting bagi Anda untuk memahami terlebih dahulu kebutuhan serta urgensi apa yang perlu diperhatikan sehingga Anda perlu membeli produk asuransi yang telah dipilih. Anda juga perlu untuk memperhatikan kemampuan keuangan dalam membayar premi asuransi.

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah produk asuransi yang akan dibeli benar-benar dibutuhkan atau ada faktor lain yang menjadi pendukung untuk membeli asuransi tersebut.

Tips Memilih Asuransi: Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan

Anda harus paham manfaat pertanggungan yang akan Anda terima ketika telah membeli produk asuransi, apakah itu telah mencakup kebutuhan yang Anda perlukan, atau tidak. Oleh karena itu, sebelum menandatangani surat SPAJ dan surat SPAK, ada baiknya Anda menelaah serta memahami kembali kebutuhan serta tawaran yang diberikan oleh produk asuransi yang akan dibeli.

Tips Memilih Asuransi: Hal-Hal Penting yang Perlu Diperhatikan – Pahami Secara Pasti

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebelum membeli produk asuransi sesuai kebutuhan. Ingat, jangan malu untuk bertanya kepada agen asuransi ketika Anda masih bingung atau belum memahami secara pasti tentang produk asuransi yang akan Anda beli, karena itu menyangkut tentang masa depan dan keuangan Anda.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *