fbpx
Lapak Online Dirman Personal Blog
Whatsapp Live ChatOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-15.00 WIB.

Tip Untuk Menulis Surat Bisnis Yang Terkenal

Tip Untuk Menulis Surat Bisnis Yang Terkenal. Sebuah surat bisnis adalah alat komunikasi antara perusahaan Anda dan klien Anda, atau pemasok, yang umum. Komunikasi, baik tertulis maupun lisan sangat penting bagi perusahaan mana pun.

Tip Untuk Menulis Surat Bisnis Yang Terkenal
Surat Elektronik Untuk Keperluan Bisnis

Anda harus tetap mendapat informasi dan memberitahu orang lain tentang masalah tertentu yang terkait dengan perusahaan atau bisnis Anda agar berfungsi dengan baik. Untuk menjaga komunikasi semacam ini, berbagai instrument dapat digunakan.

Instrumen ini dapat berupa platform social atau email yang berguna untuk berbagai keadaan, seperti membuat klaim. Terlepas dari bagaimana surat bisnis dikirim, tidak ada yang bisa meragukan kinerjanya.

Mengetahui cara menulis surat-surat ini akan menguntungkan citra perusahaan Anda. Untuk mencapai kesuksesan bisnis, Anda harus meningkatkan keterampilan dan kemampuan komunikasi Anda. Selain itu, Anda harus memperoleh pengetahuan yang beragam tentang strategi komunikasi dan negosiasi.

Struktur Surat Bisnis

Apapun tujuannya, setiap surat bisnis harus menghormati struktur logis dan harus menyertakan serangkaian elemen.

Tips Membuat Surat Bisnis

1. Header Surat

Header biasanya terdiri dari komponen yang menunjukkan entitas yang menerbitkan surat dan orang yang dituju. Kepala bagian, biasanya mencantumkan logo perusahaan Anda beserta data atau informasi. Jangan lupa tambahkan tempat dan tanggal; Biasanya, itu ditempatkan di sebelah kanan kertas.

Sesuaikan surat Anda sebaik mungkin; tulis nama orang tersebut dan mulai dengan sapaan seperti “Dear…”. ”Yang Terhormat..” dan jenis sapaan lainnya.

2. Isi pesan Surat

Di bagian ini, Anda harus menyatakan alas an surat Anda dengan jelas.
Mulailah dengan perkenalan singkat tentang perusahaan Anda dan kemudian jelaskan tujuan tulisan Anda dengan jelas dan ringkas. Akhiri pesan Anda dengan kesimpulan singkat atau ringkasan tentang alas an dan permintaan yang relevan.

3. Penutupan Surat

Akhiri tulisan Anda dengan kalimat perpisahan seperti “Hormat kami” atau “Salam Hormat”. Setelah itu tambahkan nama dan posisi Anda di sebelah tandatangan Anda.

Purpose dari Menulis Surat Bisnis

Berikut adalah tujuan berbeda untuk menulis surat bisnis kepada pemangku kepentingan atau perusahaan lain :

  • Tawarkan layanan atau produk perusahaan Anda
  • Beritahu pesanan
  • Minta kolaborasi atau informasi
  • Informasikan tentang promosi dan acara
  • Buat klaim

Kiat untuk Menulis Surat Bisnis

  1. Buat pola standar yang dapat digunakan sebagai alas, sehingga Anda dapat menghemat waktu berharga Anda.
  2. Jaga tampilan desain surat Anda; usahakan agar terlihat cukup baik untuk menarik pembaca.
  3. Tak perlu terlalu panjang, coba batasi dalam satu halaman.
  4. Gunakan surat yang langsung, jelas, dan ringkas .
  5. Menulis kalimat dan paragraph pendek; usahakan agar lebih dimengerti dan mudah dibaca.
  6. Pilih jenis font yang jelas serta mudah dibaca.
  7. Tebalkan kata-kata dan baris terpenting yang ingin Anda sorot.
  8. Beri spasi di antara baris dan paragraph.

Bergantung pada tujuan surat Anda, nada tulisan Anda mungkin berbeda; bersikaplah sopan dan gunakan nada formal. Jangan mencoba menjadi agresif atau tidak sopan. Ingatlah bahwa surat bisnis adalah bagian dari citra perusahaan Anda. Karena itu Anda harus menjaga penampilan, struktur, dan isinya.

Tip Untuk Menulis Surat Bisnis Yang Terkenal (Tambahan)

A. Sesuaikan modelnya

Sesuaikan model agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda dan buat model Anda sendiri atau yang lebih baik untuk berbagai jenis pesan. Dengan melakukan ini, Anda tidak hanya akan menghemat waktu untuk menulisnya tetapi juga Anda akan memiliki konsistensi dan individualitas. Akan lebih mudah bagi Anda untuk menulis berhasil dengan mengikuti cara ini.

B. Bersikaplah jelas dan perhatian

Efisiensi komunikasi dicapai hanya dengan kejelasan. Jangan abaikan hal-hal yang sudah jelas seperti penggunaan bahasa yang jelas, kalimat pendek, dan paragraf. Hindari detail teknis dan gosip. Yang terpenting, cobalah untuk singkat, sederhana, dan jelas.

C. Pemeriksa tata bahasa menggunakan Grammarly

Hindari kesalahan ejaan dan tata bahasa karena akan meninggalkan kesan buruk bagi pembaca. Anda dapat belajar mengurangi kesalahan tata bahasa atau Anda dapat menggunakan Grammarly online untuk tujuan ini. Hapus kesamaan menggunakan sebuah alat parafrase Jika Anda menyalin kata-kata orang lain dan menambahkannya ke surat bisnis Anda, itu mungkin memengaruhi citra perusahaan Anda.

Tip Untuk Menulis Surat Bisnis Yang Terkenal. Untuk menghindari rasa malu seperti itu, gunakan alat parafrase profesional yang membantu Anda menyusun ulang teks Anda untuk meningkatkan keunikan.

D. Gunakan nada formal dan sopan

Gunakan nada ramah dalam komunikasi Anda dan tambahkan semua detail formal; bagaimanapun, selalu gunakan nada yang sopan dan hormat.
Hindari agresivitas dan terlalu percayadiri; cetak tebal poin yang ingin Anda sorot.

Tunjukkan minat pada penerima dan berikan alasan, dan tunjukkan optimism saat menghadapi konflik. Jangan abaikan dokumentasinya Dalam beberapa kasus, perlu menyiapkan draf awal dan menyerahkan dokumen yang diperlukan sehingga surat tersebut berisi data yang parah atau informasi lain.

E. Belajar subtle (halus)

Menunjukkan minat pada penerima tidak berarti terlalu percaya diri.
Pelajari strategi komunikasi agar hubungan bisnis mengalir lebih baik, seperti menghindari perselisihan, menyerahkan kebebasan bertindak kepada penerima, merefleksikan dalam surat bahwa kita akan memahami bahwa dia tidak dapat memenuhi permintaan kita.

Tip Untuk Menulis Surat Bisnis Yang Terkenal — Kesimpulan

Mengetahui cara menulis surat bisnis jenis ini dengan benar membutuhkan sedikit pembelajaran, latihan , dan menerapkan beberapa tip praktis seperti yang kami sebutkan di artikel ini.

Menulis surat bisnis juga membutuhkan menghormati struktur tertentu dan berisi serangkaian komponen yang dapat Anda sesuaikan dengan semua jenis konten.

Di era teknologi seperti sekarang ini, memiliki kemampuan baik dalam menyampaikan sebuah surat elektronik (lebih kita kenal dengan sebutan: email), tentu akan dapat menjadi nilai tambah bagi anda di perusahaan atau untuk kebutuhan personal branding.

Tidak sedikit perusahaan skala kecil, menengah bahkan berskala besar memperkerjakan staff khusus untuk menangani pengelolaan surat elektronik bisnis secara profesional. Apakah anda termasuk yang bersedia memiliki kemampuan tersebut sebagai nilah tambah keahlian?

Selamat mencoba menulis surat baik konvensional maupun elekronik (email) dengan baik serta benar. Semoga informasi ini dapat menjadi manfaat bagi anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.