Bergabung di GrupNgobrol Seputar Blog, bersama narablog Indonesia.

Selamat Datang WordPress Versi 51

Selamat Datang WordPress Versi 51. Atas dasar pertimbangan keamanan, kecepatan loading blog/web yang menggunakan wordpress, tim developer core wordpress terus melakukan update versi wordpress demi kenyamamanan penggunanya. Hari ini, 22 Pebruari 2019, muncul notifikasi bahwa wordpress versi 5.1 sudah tersedia.

Selamat Datang WordPress Versi 51
Tampilan Setelah Upgrade ke WordPress versi 5.1 Terbaru

Mau atau tidak, bisa tidak bisa, bahkan suka maupun tidak suka, sebagai pengguna wordpress perlu mengikuti untuk melakukan update core dengan versi wordpress yang terbaru. Mengapa? seperti yang disampaikan diatas, update dilakukan untuk meminimalisir celah vulnerable guna meningkatkan keamanan wordpress.

Ada yang menarik, ketika dilakukan upgrade wordpress terbaru dengan versi 5.1, pada tampilan salah satu blog yang masih menggunakan php versi 5.6 stable muncul peringatan notifikasi tentang saran melakukan update ke versi selanjutnya (php versi terbaru saat ini adalah 7.3).

Selamat Datang WordPress Versi 51
Notifikasi saran Update PHP pada Dashboard

Selamat Datang WordPress Versi 51. Semenjak kehadiran fitur Gutenberg yang kemudian menjadi fitur editorial tetap pada WordPress Versi 50, wordpress memang sudah menyarankan pengguna untuk mulai update versi php, karena kedepan secara bertahap, wordpress akan menggunakan php mulai versi 7.2, walaupun tidak menganggu pengguna php versi dibawahnya.

Berikut adalah beberapa pertimbangan mengapa pengguna wordpress perlu melakukan update pada versi php yang digunakan:

Get a faster, more secure website: update your PHP today.

wordpress.org
  • Dengan update ke php versi terbaru, diharapkan pengguna wordpress dapat meningkatkan kecepatan loading.
  • Pertimbangan keamanan, beberapa versi php lama, sudah tidak dilakukan update, sehingga celah resiko keamanan menjadi lebih besar.
  • Dengan kecepatan loading, maka blog/web menggunakan wordpress akan lebih ramah di mesin pencarian.
  • Lebih mungkin mendapatkan pengunjung lebih banyak lagi.

Selamat Datang WordPress Versi 51. Sebelum melakukan upgrade seperti informasi diatas, baik versi wordpress maupun php, ada baiknya melakukan pemeriksaan untuk theme serta plugin yang saat ini digunakan. Karena belum tentu sudah disesuaikan dengan wordpress serta php versi terbaru.

Untuk keperluan pemeriksaan tersebut diatas, silahkan berkonsultasi bersama teknikal support layanan web hosting yang digunakan, atau web master yang mengelola blog/website wordpress anda.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.