Temukan bantuan layanan hosting diskon gratis domain di sini
Publikasikan Bisnis AndaTampil di seluruh halaman. Harga mulai Rp 225.000,-

Orang Lebih Suka Belanja Online, Apa Penyebabnya?

Pasang Iklan Banner di Blog ukuran 1200x375

Faktanya memang sudah seperti itu, bukan? bahkan sudah tidak terbatas hanya pada produk tertentu saja, untuk membeli kebutuhan keseharian saja, kini orang lebih suka belanja online. Bagaimana dengan jasa? sama saja! sudah bukan merupakan hal yang luar biasa jika sekarang untuk memesan jasa membersihkan rumah saja, orang mencarinya secara online.

Mengapa Orang Lebih Suka Belanja Online?

Secara umum, penyebabnya sudah jelas. Yakni karena kemudahan teknologi yang menjadikan orang semakin nyaman untuk memenuhi kebutuhannya cukup hanya dari genggaman saja dengan menggunakan smartphone, kapan saja dan di mana saja. Namun secara khusus, setiap orang bisa saja memiliki alasan yang berbeda. Berikut adalah beberapa diantaranya:

Mengapa Orang Lebih Suka Belanja Online?

1. Berada dalam circle keluarga atau lingkungan masyarakat yang sudah terbiasa belanja online

Penyebab seperti ini biasanya terjadi kebanyakan di daerah perkotaan termasuk salah satunya di lingkungan perumahan dengan kemampuan daya beli kelas menengah ke atas. Selain sudah menjadi tren yang salah satunya disebabkan oleh gaya hidup, belanja online memang biasanya sudah menjadi pilihan agar keseharian menjadi lebih mudah. Pesan makanan online, biasanya menjadi salah satu yang sudah lumrah terjadi.

2. Belanja online lebih mudah, cepat serta nyaman

Faktanya memang seperti itu, apalagi bagi orang-orang dengan kesibukkan yang cukup tinggi, belanja online terbukti menjadi pilihan yang mudah, cepat serta nyaman untuk menjadi solusi memenuhi segala kebutuhan.

Apalagi untuk kebutuhan-kebutuhan tertentu seperti misalnya pakaian baru untuk hari besar keagamaan, belanja kebutuhan dapur saat masa-masa awal maupun akhir bulan dan lain sejenisnya. Pada saat khusus tersebut, belanja online menjadi pilihan agar tak perlu lelah mengantre sehingga dari sisi waktu juga akan bisa lebih efisien untuk dimanfaatkan aktivitas yang lain.

3. Bisa langsung belanja banyak produk dalam satu waktu

Jadi tidak perlu lagi ada cerita harus pergi ke toko A kemudian toko C, D dan toko-toko yang lain untuk membeli beberapa produk yang sedang dibutuhkan. Dengan belanja online, cukup duduk manis kemudian mencari semua produk yang dibutuhkan hanya sebatas mata memandang lebarnya layar smartphone.

Bahkan saat ini sudah banyak pemilik bisnis dengan banyak produk yang dijual sudah memiliki website toko online, sehingga calon pelanggan dapat langsung memilih semua produk yang sedang ingin dibeli hanya dengan beberapa kali klik dan sekali bayar saja. Mudah dan cepat bukan?

4. Memiliki teman, kolega atau bahkan keluarga yang punya bisnis jualan online

Penyebab seperti ini terlihat sederhana, namun bagi sebagian orang yang kebetulan memiliki teman, kolega atau keluarga yang punya bisnis jualan online hal ini bisa saja menjadi salah satu alasan utama belanja online sebagai pilihan. Pertimbangannya bisa saja karena beberapa hal di bawah ini:

  • Lebih percaya karena kenal dengan pemilik bisnis jualan online.
  • Ingin membantu melariskan bisnis onlinenya dengan cara membeli produk yang dijual.
  • Lebih nyaman karena jika ada sesuatu dengan produk yang dibeli, komplainnya gampang.
  • Bisa minta diskon.

Orang Lebih Suka Belanja Online: lalu bagaimana dengan pemilik bisnis atau umkm konvensional?

Ada sebagian orang pernah saya dengar berdiskusi yang intinya menyalahkan akibat dari maraknya situs belanja online, maka bisnis mereka menjadi “terganggu”, sepi pembeli tidak bisa bersaing dan lain sebagainya.

Namun sebagian besar orang juga sering saya dengar justeru menjadikan fenomena maraknya belanja online ini sebagai peluang baru dalam hal memasarkan produk yang ditawarkan. Bisa menggunakan social media, situs marketplace dan website toko online.

Bagaimana dengan Anda sendiri? sudah mulai rutin dan terbiasa dengan belanja online? atau sekedar untuk membeli kebutuhan tertentu saja?

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 5 / 5. Jumlah vote: 1

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Galang Solidaritas Mengembangkan Usaha di Tempat Baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *