fbpx
Layanan Aset Bisnis Online Dirman Personal Blog
Whatsapp Live ChatOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-15.00 WIB.

4 Tips Keuangan dari I Love Life untuk Hadapi New Normal

4 Tips Keuangan dari I Love Life untuk Hadapi New Normal Agar Finansial Tetap Sehat. New normal atau yang belakangan diganti dengan adaptasi kebiasaan baru adalah masa dimana pemerintah sudah mulai melonggarkan PSBB.

Sehingga nantinya masyarakat sudah bisa menjalankan aktivitasnya seperti sedia kala, namun dengan tetap menerapkan protokol kesehatan atau medis yang ada. Dalam hal ini maka Anda yang dulunya dihimbau untuk di rumah saja, bahkan mungkin menjalankan pekerjaan dari rumah, maka sekarang ini sudah bisa keluar dan bekerja kembali di kantor.

Hanya saja yang berbeda disini pastinya adalah dari segi keuangan, karena mungkin tak jarang yang gajinya tetap dipotong atau pendapatan yang berkurang.

4 Tips Keuangan dari I Love Life untuk Hadapi New Normal
Uang. Dompet. Sendok. Garpu. Oleh: Peter Stanic dari Pixabay

Itulah mengapa penting menerapkan tips keuangan dari I Love Life berikut ini untuk sambut masa adaptasi kebiasaan baru, sehingga nantinya kondisi kantong tetap sehat.

4 Tips Keuangan dari I Love Life untuk Hadapi New Normal :

1. Buatlah skala prioritas

Hal utama yang hendaknya dilakukan adalah dengan membuat skala prioritas, yaitu mulai menyusun daftar kebutuhan kemudian mengkategorikannya, mulai dari daftar kebutuhan yang paling penting sampai tidak begitu penting, sehingga akan lebih mudah mengalokasikan dana untuk hal yang menjadi prioritas utama terlebih dahulu.

2. Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran secara detail

Banyak orang yang nyatanya menyepelekan pembuatan catatan keuangan ini, padahal sebenarnya fungsinya sendiri sangatlah penting. Karena dari sini maka Anda akan mengetahui posisi atau kondisi kesehatan keuangan, jika seandainya kondisi keuangan tersebut tidak sehat, tentunya akan jauh lebih mudah bagi Anda dalam mengevaluasi dan juga membenahinya.

3. Bijak di dalam menggunakan uang

Selanjutnya adalah dengan lebih bijak di dalam menggunakan uang, jangan asal belanja apa yang diinginkan, kembali lagi pada kebutuhan dan melihat pada skala prioritas yang sudah dibuat sebelumnya.

Apalagi dalam kondisi pandemi dimana memang pemasukan bulanan juga mengalami penurunan yang cukup signifikan dibandingkan dengan biasanya, sehingga harus lebih bijak dalam mengelolanya.

4. Siapkan dana darurat dan berinvestasi

Pastikan juga bahwa Anda menggunakan sebagian uang yang dimiliki untuk dana darurat. Bedakan antara tabungan dengan dana darurat ini, karena memang pada dasarnya dana darurat digunakan untuk hal yang sifatnya tidak terduga.

Sehingga pengeluaran tersebut nantinya tidak butuh tabungan. Investasi ini juga cara terbaik dalam mengelola kekayaan Anda sehingga jumlahnya selalu bertambah atau tidak stuck di jalan. Apalagi di tengah resiko krisis yang mungkin saja menyebabkan terjadinya inflasi.

Tips keuangan dari I Love Life tersebut hendaknya mulai diterapkan selagi belum terlambat. Apalagi masalah finansial ini termasuk dalam hal yang sifatnya begitu krusial.

Hal ini juga bisa berdampak pada kelangsungan hidup keluarga jika seandainya tidak dikelola secara tepat. Banyak pernikahan yang gagal disebabkan oleh masalah finansial. Bagaimana dengan Anda ?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.