Ngobrol BarengBerbagi bersama yang lain di Grup DIRMANTO.web.id.

Menunggu Blekok di Warung Geblek Nanggulan

Menunggu Blekok di Warung Geblek Nanggulan. Sejatinya, inilah yang kami rencanakan ketika berkunjung ke salah satu tempat di seputaran nanggulan, kulonprogo. Kami ingin mengenalkan burung blekok, burung yang sudah lumayan cukup langka dijumpai secara sengaja, terutama diwilayah perkotaan. Karena setahu kami burung blekok ini senang berkumpul mencari makan di area persawahan, maka kami memutuskan untuk melihat burung blekok pada sore hari didaerah nanggulan, kulonprogo, yang masih banyak persawahan.

Blekok sawah (Ardeola speciosa), adalah spesies burung dari famili Ardeidae. Makanan utamanya adalah serangga, ikan, dan kepiting. Burung ini menyebar luas di Asia Tenggara. Panjang tubuh sekitar 46 cm. Paruh berwarna kuning dan hitam pada ujungnya. Pada masa tidak berbiak warna punggung lebih kecokelatan. sumber: wikipedia indonesia.

Blekok Sawah
Blekok Sawah, terbang diatas area persawahan.

Namun ternyata rencana kami tersebut gagal. Karena kebetulan pengairan di area persawahan nanggulan sedang tidak berjalan, sehingga sawah-sawah sedang kering. Menurut informasi dari warga sekitar, hal tersebut disebabkan oleh adanya perbaikan saluran irigasi, dan akan berlangsung selama 3 (tiga) bulan kedepan.

Terpaksa keinginan kami melihat cantiknya burung blekok beterbangan sembari mencari makan di area sawah harus menunggu hingga saat pengairan normal kembali. Tapi kegembiraan tidak lalu terhenti, karena kebetulan diarea nanggulan, ada sebuah warung unik dan klasik yang menyediakan aneka masakan jawa serta kuliner khas kulonprogo. Nama warung tersebut adalah GEBLEK PARI Nanggulan.

Menunggu Blekok di Warung Geblek Nanggulan
Suasana di Warung Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo

Menunggu Blekok di Warung Geblek Nanggulan — Warung Geblek Pari Nanggulan Kulonprogo, cocok jika kita berkunjung bersama keluarga tercinta, terutama mengajak putera-puteri. Disamping view sawah serta perbukitan yang akan membuat kita terlena sesaat melupakan penatnya kehidupan kota, disini juga kita dapat menikmati matahari terbenam dibalik bukit, jika kita datang saat sore menjelang.

Simak video suasana warung geblek pari nanggulan

Menuju lokasi warung geblek pari cukup mudah, baik menggunakan kendaraan roda empat, maupun roda dua. Jika kita dari arah kota jogja, maka tentukan arah perjalanan anda menuju jalan godean, kemudian terus kearah barat sekitar 20 s.d 30 menit saja. Warung Geblek Pari akan berada pada sebalah kanan jalan, maka ketika kita sudah mencapai pasar kenteng nanggulan, perlambat laju kendaraan agar tidak terlewati. Lokasi lengkap via google maps, silahkan dilihat seperti dibawah ini,

Ketika anda berkunjung ke tempat wisata di kulonprogo, maka warung geblek pari nanggulan dapat menjadi tujuan akhir sembari beristirahat dan menikmati suasana desa serta menunggu terbenamnya matahari. Wisata sekitar yang dapat dikunjungi didaerah sekitar warung geblek pari nanggulan, antara lain adalah Curug Kembang Soka dan Taman Ekowisata Sungai Mudal.

Silahkan berkunjung, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda, teman dan keluarga. Jangan lupa siapkan kuota internet serta kuota penyimpanan data yang cukup ya, karena anda akan selalu mendapatkan view jalan serta pedesaan yang akan amat sayang jika tidak disimpan sebagai kenangan.

10 Comments

Saran / Kritik / Komentar Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.