Ekowisata Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal, merupakan salah satu pesona wisata alam Jogja Ecotourism yang kami kunjungi. TSM (Taman Sungai Mudal), berlokasi di wilayah jatimulyo, girimulyo, kabupaten kulonprogo, Yogyakarta. Oh iya, agar keseruan membaca lebih lengkap, silahkan tonton juga video saat kami berada di sana, ya!.

Setelah sampai TSM, kita akan dimanjakan dengan pemandangan mata air alami yang telah dikelola dengan apik menjadi suatu aliran sungai buatan. Pada hulu dan hilir, terdapat bendungan yang juga dapat dinikmati untuk berenang sembari menikmati lukisan Sang Pencipta, berupa alam yang indah. Bagi kami, ini seperti surga tersembunyi di kulonprogo. Pesonanya sangat luar biasa.

Ekowisata Taman Sungai Mudal
Berfoto Selfie di Ekowisata Taman Sungai Mudal

Perjalanan Menuju Taman Sungai Mudal

Wisata kali ini, kami nikmati berdua saja, perjalanan kami mulai dari rumah, dengan arah pertama melewati jalan godean, lalu jembatan sungai progo. Pernah menggunakan rute ini? Jika belum, dicoba ya, asik banget!.

Terus lurus melewati pemandangan persawahan dan perbukitan di sepanjang kiri dan kanan jalan, sungguh keindahan yang harus kita nikmati selama dalam perjalanan (tidak perlu terlalu cepat memacu kendaraan).

Jalan mulai berkelok setelah kami memasuki jalan raya kaligesing menuju goa kiskendo, karena kami menggunakan petunjuk dari google maps, jadi kami manut saja sesuai arahan peta google menuju Ekowisata Taman Sungai Mudal.

Walaupun jalan berkelok dan menanjak, namun kita tetap masih dapat menikmati kesejukan dan keasrian sepanjang kiri dan kanan perjalanan, hingga akhirnya sampailah di Goa Kiskendo.

Ekowisata Taman Sungai Mudal - Goa Kiskendo
Sampai di Goa KISKENDO – Jogja Ecotourism
Menurut wikipedia Indonesia, Goa Kiskendo ini memiliki kedalaman sepanjang 1,5 kilometer di dalam bumi Bukit Menoreh dan terdapat dua percabangan besar di dalamnya. Di dalam goa juga terdapat stalaktit dan stalakmit di dinding-dindingnya.

Pastikan Kendaraan Dalam Kondisi Prima

Karena mungkin pada saat itu kondisi kendaraan (motor) kami kurang begitu prima, sempat terjadi sebuah pengalaman lucu dan menarik bagi kami saat melewati tanjakan terakhir menuju goa kiskendo, dimana kami tidak bisa melanjutkan perjalanan karena motor “tidak kuat” nanjak ^_^.

Padahal posisi gear sudah pada gigi 1 (satu), untung saja, ada warga sekitar yang menawarkan bantuan kepada salah satu dari kami untuk dibonceng sampai mendekati goa kiskendo. Terima kasih untuk mas-mas yang kami lupa bertanya siapa namanya ^_^.

Motor tidak kuat menanjak saat mendekati area goa kiskendo kulonprogo.
Nunggu Siapa kak… Nunggu Tumpangan Ya… heuheuhe

Sungguh luar biasa masyarakat sekitar goa kiskendo ini, kebanyakan dari mereka mau memberikan bantuan tumpangan kepada orang lain yang kebetulan kesulitan menanjak.

Jalan menuju lokasi wisata Jogja Ecotourism Sungai Mudal

Setelah melewati Goa KISKENDO, perjalanan menuju Ekowisata Taman Sungai Mudal hanya tersisa beberapa tarikan gas, jika diukur jarak, mungkin sekitar 5 (lima) kilometer lagi untuk dapat sampai di tempat tujuan, Taman Ekowisata Sungai Mudal.

Akhirnya sampai juga di Surganya Kulonprogo

Setelah sampai di TSM (Taman Sungai Mudal), semua lika-liku pengalaman unik saat perjalanan akan terbayar. Karena lokasi wisata alam dan wisata air yang akan kita nikmati ini, sungguh luar biasa, selain refreshing, kita juga bisa lebih merasakan betapa besar kekuatan ALLAH SWT dalam mencipta sebuah keindahan alami.

Video Saat Berada di Lokasi Ekowisata Jogja Ecotourism Mudal

Cerita visual dalam perjalanan dan di lokasi Ekowisata Taman Sungai Mudal, Kulon Progo, dapat dilihat juga melalui video di bawah ini, Selamat menonton, jangan lupa jadwalkan untuk berkunjung ya.

Ekowisata Taman Sungai Mudal – Jogja Ecotourism / source: youtube.

Peta Lokasi Ekowisata Sungai Mudal

Ada yang sudah pernah berkunjung? Pasti seru juga dong pengalamannya, boleh tahu ceritanya? Siapa tahu dari cerita pengalaman yang berbeda, jadi tambah menarik wisatawan lain untuk segera berkunjung ke Taman Wisata Sungai Mudal. Yuk.. bagikan pengalamanmu juga, yah.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.