Blog Fotografi Awards 2017
Download AplikasiGunakan Aplikasi Untuk Mengakses DIRMANTO.web.id

Membuat Halaman Video Blog Pribadi

Membuat Halaman Video Blog Pribadi diperlukan ketika kita akan melengkapi blog dengan tampilan yang berisi seluruh konten video. Caranya tidak sulit jika blog yang kita miliki menggunakan engine wordpress, karena sudah tersedia plugins yang mendukung keperluan tersebut. Fitur plugin pun beragam, dari mulai yang sederhana, hingga kaya fasilitas yang dapat ditampilkan.

Karena aktivitas video blog, atau yang dikenal dengan vlog, dimana pelakunya dikenal dengan sebutan vlogger ini telah cukup menjadi aktifitas yang sering dilakukan pada saat ini. Sebagai pelengkap aktifitas nge-blog tambahan, biasanya para vlogger melakukan upload video yang sudah dibuat itu di penyedia data koleksi video raksasa yang pasti semua sudah mengenalnya, youtube.

Membuat Halaman Video Blog Pribadi
Tampilan Halaman Video Blog pada DIRMANTO.web.id

Membuat Halaman Video Blog Pribadi ini sebenarnya dapat memperkaya konten personal blog kita. Walaupun sebenarnya kita dapat menyisipkan sebuah video pada sebuah posting artikel secara manual, namun dengan menampilkan seluruh video yang kita miliki dalam satu halaman khusus, tentunya akan dapat mempermudah pengunjung untuk dapat melihat seluruh koleksi video kita.

Cara Membuat Halaman Video Blog Pribadi Menggunakan Plugin WordPress

  • Pilih menu Plugins
  • Pilih menu Add New
  • Masukan kata kunci : Youtube Embed, pada ruang yang tersedia pada sebelah kanan atas (Keyword)
  • Pilih plugins Youtube by EmbedPlus Team (seperti yang digunakan DIRMANTO.web.id)
    Membuat Halaman Video Blog Pribadi
  • Aktifkan plugin tersebut, kemudian lakukan setting pada menu yang akan tersedia dengan nama : Youtube Free di wordpress admin
  • Settingan yang akan anda temukan tidaklah cukup sulit, karena setiap menu sudah tersedia fitur bantuan berupa keterangan. Sehingga kita tinggal ikuti saja panduan pada settingan plugin ini

Your WordPress YouTube embed, YouTube gallery (channel and playlist), and even YouTube live stream can be customized in a wide variety of ways with this plugin.

Mengapa DIRMANTO.web.id menggunakan plugin tersebut diatas?
Karena melihat dari sisi fitur yang tersedia cukup lengkap untuk sekedar membuat sebuah halaman video pada blog, diantaranya adalah menampilkan video terbaru, list video sebelumnya, menu berlangganan (subscribe), dan juga menggunakan kode youtube api key untuk validasi keamanan video pada halaman yang ditampilkan. Deskripsi lengkap terkait plugin dan fiturnya, dapat anda akses pada halaman ini.

Setelah blog kita dilengkapi dengan plugin ini, maka secara langsung jumlah penonton video anda akan terdiri dari dua sumber : (1) Langsung dari youtube. (2) Melalui blog pribadi anda pada halaman video.

Selamat mencoba, semoga dapat menjadi manfaat.

Tinggalkan Kebaikan