Join di Telegram Bergabung Untuk Berbagi Pengalaman Bersama-sama

Memanfaatkan Telegram Chat Untuk Pencarian

Memanfaatkan Telegram Chat Untuk Pencarian @dirmantowebid. apa iya.. masa sih bisa..? seperti itu juga yang awalnya terpikir di benak saya ketika mendengar dari teman saya, yang sekarang lebih asyik menggunakan aplikasi telegram maupun dekstop telegram untuk sekedar chat bersama teman-teman melalui grup, channel, private message (pm/japri) dan juga keperluan lainnya. Keperluan lainnya…? memang bisa ngapain aja di telegram?

Nah, pada tulisan ini, DIRMANTO.web.id mencoba berbagi pengalaman tentang sedikit manfaat dan asiknya ketika menggunakan telegram.

Memanfaatkan Telegram Chat Untuk Pencarian

Sebagai sarana chat
Sebenarnya sama seperti aplikasi-aplikasi yang lain yang mungkin sudah teman-teman gunakan, telegram adalah sebuah layanan berupa aplikasi untuk berkomunikasi di dunia maya (chating). Fitur umum yang disediakan telegram juga tidak jauh berbeda dengan yang lain, seperti group dan ada tambahan fitur channel jika pada telegram. Perbedaan group & channel pada telegram terletak pada karakter komunikasinya.

Pada grup (group), user atau anggota lain dapat berkomunikasi (seperti group pada whatsapp), sedangkan channel, bersifat sebagai broadcast, sehingga member yang join hanya dapat membaca apa yang pemilik channel tuliskan. Telegram channel lebih mirip seperti e-book, namun dituliskan secara langsung dan berkala. Jika teman-teman menghendaki ruang untuk diskusi (ngobrol), maka lebih disarankan membuat group pada telegram, bukan channel.

Memanfaatkan Telegram Chat Untuk Pencarian, kita kembali pada topik bahasan utama ya.. 🙂
Selain chat, telegram menyediakan layanan khusus, yakni  Telegram BOT. Dengan bot, kita dapat menikmati beberapa kemudahan layanan seperti : mencari dan menonton video youtube, memeriksa email gmail, mendengarkan musik, mencari media gambar, mencari lokasi dan sebagainya. Sehingga kita dapat “meminimalisir” penggunaan aplikasi lain, karena sudah dapat kita lakukan pada telegram saja.

Bagaimana contoh dan cara menikmati fasilitas tersebut diatas dengan menggunakan telegram?
Berikut adalah beberapa bot yang dapat dipergunakan untuk keperluan pencarian tersebut :

  • Bot Youtube – https://telegram.me/youtube
    Untuk menampilkan khusus video pada channel youtube kita sendiri, cukup japri bot nya, kemudian klik START/MULAI, nanti akan disediakan menu login untuk mengelola apa saja yang bisa tampil dengan akun youtube kita sendiri. Sedangkan jika hanya untuk mencari video yang kita butuhkan, cukup dengan mengetik : @youtube (spasi) video yang dicari dimana saja, bisa di group maupun channel.
    Melihat Video Youtube Dengan Telegram
  • Bot Game – https://t.me/gamebot
    Sama halnya seperti bot youtube diatas, bot ini menyediakan beberapa permainan menarik untuk kita mainkan sekedar untuk melepas penat. Penggunaan bot ini juga cukup hanya dengan mengetik @gamebot (spasi), dimana saja.
    Memanfaatkan Telegram Chat Untuk Pencarian

Selain kedua bot diatas, tentunya masih banyak lagi bot yang dapat kita manfaatkan untuk keperluan apa saja sesuai kebutuhan, baik bot official maupun bot yang dibuat oleh personal. Sebagai referensi, silahkan mengakses ke halaman Telegram Bot untuk mencoba koleksi bot lainnya.

Memanfaatkan Telegram Chat Untuk Pencarian — Setelah kita cukup mencoba bot yang sudah tersedia, sebagai pelengkap manfaat, kita juga dapat mencoba membuat bot sendiri dengan bantuan @BotFather, untuk keperluan sendiri, semisal: untuk menyampaikan cuaca pada group kita, menyampaikan update tulisan blog di group telegram yang kita buat, atau keperluan lain sesuai dengan kebutuhan.

Demikian yang dapat dibagikan tentang telegram chat & telegram bot. Untuk sekedar bersilaturahmi atau siapa tahu ingin bertukar informasi, berbagi ilmu dan sebagainya, silahkan bergabung (join) pada group telegram blog ini di @dirmantowebid atau dapat juga diakses melalui alamat https://telegram.me/dirmantowebid.

Silahkan download Telegram melalui situs resminya di https://telegram.org, Terima kasih.

Tinggalkan Kebaikan