Mampir Sejenak di Rest Area Banjaratma

Mampir Sejenak di Rest Area Banjaratma. Pengalaman ini memang tak sengaja kami dapatkan saat melakukan perjalanan untuk keperluan keluarga. Kami berangkat dari Slawi, Tegal menuju kota Sumedang via Jalan Tol yang berakhir di Kertajati, Majalengka. Rest Area Banjaratma Lintas Tol Pejagan-Pemalang ini, berada pada Kilometer 260B. Jika kami hitung, setelah masuk tol dari slawi, sekitar 35 menit, maka sudah memasuki rest area Banjaratma.

Mampir Sejenak di Rest Area Banjaratma
Foto : Saat Berada di lokasi Rest Area Banjaratma

Lokasi & Fasilitas di Rest Area Banjaratma Heritage

Jujur saja, kami memang jarang sekali melakukan perjalanan melintasi jalan tol. Setahu kami, rest area di jalan tol memang saat ini cukup luas dengan berbagai fasilitas di dalamnya seperti masjid, toilet dan restaurant. Namun, ketika kami mampir sejenak di Rest Area Banjaratma yang berlokasi di Jl. Tol Pejagan – Pemalang, Cipugur, Banjaratma, Kec. Bulakamba, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52253, ternyata luar biasa!. Berikut adalah 5 fasilitas utamanya :

1. Nuansa Tempo Doeloe

Bagaimana tidak, rest area banjaratma ini dibangun dengan memanfaatkan bangunan kuno berupa pabrik gula peninggalan zaman belanda yang pernah didirikan sejak tahun 1908. Waaah… sudah cukup lama ya!. Karena bangunan pabrik gula ini memang sengaja tak diubah sama sekali, jadi nuansanya penuh dengan kenangan masa lampau. Apik sekali untuk berfoto. Tak ketinggalan loko kereta uap dan mesin pengolah gula juga masih ada, lho.

2. Ada Kebun Binatang Mini

Perjalanan jauh bersama keluarga, tentu anak-anak juga ikut serta. Nah, di rest area banjaratma ini, anak-anak bisa melepas lelah sembari menikmati sebuah taman kecil, lengkap dengan aneka burung dan kelinci yang dapat dilihat melalui kaca. Jadi tetap aman serta anak akan tetap suka berada di area peristirahatan banjaratma ini.

3. Tersedia Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum

Ada 10 tempat pengisian untuk segala jenis bahan bakar di SPBU Rest Area Banjaratma. Jadi anda tak perlu khawatir jika melintas di tol ini dan lupa untuk mengisi BBM sebelumnya. Menariknya, anda akan mendapatkan kenang-kenangan berupa goodie bag saat mengisi bahan bakar pada saat waktu tertentu.

4. Foodcourt serta Tempat Ibadah

Jika saat melintas kebetulan di tol salat waktu sholat dzuhur dan makan siang, anda dapat singgah sejenak untuk melaksanakan kewajiban ibadah sholat sambil mengisi perut sebelum kembali melakukan perjalanan jauh. Tersedia Masjid dan aneka makanan khas di Rest Area Tol Banjaratma.

5. Toilet Umum

Saat saya menggunakan toilet umum di rest area banjaratma ini, cukup kagum. Selain tempatnya luas, kebersihannya juga amat terjaga. Namun saya lupa tak menghitung ada berapa toilet yang tersedia di Banjaratma.

Video di Lokasi Rest Area Banjaratma

Saat Mampir Sejenak di Rest Area Banjaratma

Mampir Sejenak di Rest Area Banjaratma

Demikian sedikit pengalaman pribadi Dirman Personal Blog saat rehat sejenak di Area Rest Tol Banjaratma. Kami beristirahat sejenak di banjaratma, kebetulan saat malam hari. Jika anda memiliki kesempatan untuk mampir di rest area ini pada siang atau sore hari, tentu akan lebih menarik dan menyenangkan. Anda dan keluarga sudah pernah istirahat saat perjalanan di Rest Area Banjaratma? Bagi kami, rest area ini juga cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata keluarga.

Karena memiliki area parkir yang cukup luas, anda bisa saja membeli makanan atau kopi panas di foudcourt yang tersedia, lalu menikmatinya di sebelah mobil anda sambil menggelar tikar.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.