Cara Sederhana Edit Video Dengan VideoPad

Cara Sederhana Edit Video Dengan VideoPad ini dapat dilakukan dengan mudah bagi pemula seperti saya. Melakukan editing video dengan tujuan menggabungkan beberapa video menjadi satu, memberikan effect suara berupa musik atau audio lainnya pada video, memberikan intro video, memberikan tambahan tulisan berupa text pembuka, atau keterangan video, sub title, dan lain sebagainya.

Dan setelah melakukan beberapa pencarian terkait software video editing yang mudah dan gratis, akhirnya dirmanto.web.id saat ini menggunakan software VideoPad milik NCHSoftware. Mengapa artikel ini dibuat dengan judul Cara Sederhana Edit Video Dengan VideoPad? Karena setelah dicoba menggunakan software ini memang cukup mudah dan user friendly.

Cara Mudah Editing Video Menggunakan Software VideoPad

Time needed: 10 minutes.

Berikut beberapa tahapan cara edit video menggunakan VideoPad, berdasarkan pengalaman sendiri :

  1. Download Software VideoPad

    Halaman download : https://www.nchsoftware.com/videopad/Download Software Videopad Gratis

  2. Install software VideoPad

    Saat melakukan instalasi, anti virus bisa dimatikan dulu. Tidak apa, ini akan aman.

  3. Coba Edit Video Pertama

    Setelah software videopad terinstall, buka aplikasinya, kemudian gunakan untuk mengedit video. Keterangan: Layar besar kiri adalah untuk preview video atau audio yang kita pilih. Layar besar kanan adalah untuk preview hasil edit video.
    Cara Sederhana Edit Video Dengan VideoPad

  4. Pilih menu Add Text

    Untuk menambahkan tulisan keterangan atau judul pada video.

  5. Pilih video yang akan kita edit

    Atau gabungkan dengan menu Add File

  6. Drag & Drop file video

    Fitur ini dapat ditemukan pada ruang video track atau gunakan menu PLACE.

Mempercantik Hasil Editing Video

Langkah selanjutnya adalah untuk mempercantik hasil editing video anda, yakni sebagai berikut :

  • Jika ingin menambahkan Lagu atau Audio, lakukan cara yang sama seperti memasukan video diatas
  • Masukan audio dengan Drag & Drop filenya pada ruang Audio Track ( Video dan Audio dapat kita atur volumenya, bahkan suara pada video dapat kita hilangkan )
  • Jika akan menggunakan Sub Title, maka kita dapat memilih menu Subtitles, setelah itu kita dapat mengatur jenis font tulisan dan posisi subtitle sesuai dengan yang kita inginkan
  • Untuk menambah effect transisi pada setiap pergantian video yang akan digabungkan, kita dapat menggunakan menu Transition, dimana tersedia banyak pilihan transisi
  • Setelah video selesai kita edit, pilih menu Export Video File sebagai tahap terakhir, pada tahapan ini, kita dapat memilih format dan ukuran video sesuai dengan keinginan kita.

Demikian Cara Sederhana Edit Video Dengan VideoPad. Tahapan diatas merupakan tahapan global dan utama untuk edit dan menggabungkan video, sementara untuk yang lainnya, tergantung kepada imajinasi dan kreasi kita sendiri 🙂

Tidak selalu dengan software yang bagus dan berbayar mahal untuk menjadikan sebuah kualitas video menjadi istimewa, namun kreasi dan nilai sebuah kisah pada video tersebut juga menentukan, happy shoot and editing.

Dirman Personal Blog

Sebagai pelengkap, Silahkan melihat Cara Sederhana Edit Video Dengan VideoPad menggunakan Tutorial Video. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.