Kenali Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak Usia 2 Tahun

Kenali Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak Usia 2 Tahun sejak dini, agar membantu mengurangi resiko bertambah banyaknya karang gigi, seiring dengan perkembangan usia anak anda. Sebagai orang tua, perlu tahu cara membersihkan karang gigi sejak anak mulai bisa mengkonsumsi makanan layaknya orang dewasa. Mengapa demikian? Karena salah satu penyebab utama timbulnya plak pada gigi anak adalah akibat sisa makanan yang terselip dan lupa dibersihkan secara maksimal.

Penyebab Utama Karang Gigi pada Anak Kecil

Kenali Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak Usia 2 Tahun
Gambar Ilustrasi Seorang Anak Sedang Periksa Kesehatan Gigi

Masalah karang gigi pada anak, biasanya terjadi saat anak mulai berusia 1-2 tahun. Atau saat anak sudah mulai terbiasa dengan aneka makanan seperti remaja maupun orang dewasa. Semisal, jika anak anda sudah mulai sekolah dan terbiasa jajan diluar, atau sering mengkonsumsi makanan cepat saji karena kesibukan anda sebagai orang tua.

Makanan Mengandung Kadar Gula

Ini memang tidak mudah untuk dihindari, apalagi anak sudah mulai bisa mengonsumsi nasi. Selain makanan pokok, kebiasaan makan permen, minuman kemasan, susu instan juga dapat menjadi faktor utama penyebab terjadinya karang gigi (kalkulus), pada anak kecil. Makanan serta minuman dengan kadar gula tertentu dapat dengan mudah mengalami pengerasan saat menempel pada gigi anak.

Tidak Teratur Membersihkan Gigi

Kaitannya dengan makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh anak seperti yang disampaikan di atas, kebiasaan membersihkan gigi secara teratur tentu harus menjadi perhatian khusus. Pastikan anak anda memiliki kebiasaan mandiri untuk menyikat gigi pada pagi dan sore hari. Atau pada saat-saat khusus, seperti setelah makan dan juga saat akan menjelang tidur malam hari. Akan lebih baik lagi jika memiliki jadwal khusus untuk periksa secara berkala ke dokter gigi. Banyak ahli menyarankan, sebaiknya periksakan gigi anak paling tidak 6 bulan sekali.

Kondisi Mulut Sering Kering

Faktor ini memang jarang dialami, terkecuali pada anak dengan kondisi tertentu yang menjadikan anak sering mengalami mulut kering. Mudah dehidrasi, akibat minum obat khusus secara berkala karena penyakit tertentu yang diderita, adalah salah satu penyebabnya.

Kenali Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak Usia 2 Tahun

Dengan kebiasaan serta pola hidup bersih yang teratur, sebenarnya akan lebih mudah untuk mengindari bertambah tumbuhnya karang gigi pada anak usia hingga 2 tahun. Secara alamiah, karang gigi anak dapat dihindari dengan sering melaksanakan pola kebersihan gigi dan juga memperhatikan konsumsi makanan maupun minuman pada anak. Bagi sebagian orang tua, ini tentu tidak mudah, apalagi dengan kesibukan harian yang sudah terlanjur tak sempat lagi saat anak tumbuh besar.

Pastikan memiliki waktu khusus saat anak usia dini untuk mengajarkan hal-hal yang sekiranya dapat membantu menjaga giginya agar tetap sehat tanpa karang gigi yang tumbuh terlalu cepat. Dengan demikian, diharapkan anak akan secara alamiah memiliki kebiasaan dengan pola hidup gigi sehat hingga usianya menjadi remaja bahkan dewasa, nantinya.

Dampak Utama Karang Gigi pada Anak

Karena jika perhatian terhadap kebersihan gigi terlanjur terabaikan, maka akan berdampak serius khususnya jika anak terlanjur memiliki karang gigi. Salah satu dampak serius tersebut adalah gingivitis, yaitu penyakit gusi yang diakibatkan infeksi bakteri dan membuat gusi meradang merah dan membengkak. Tak jarang hanya dari sekedar karang gigi yang sepele, dapat merembet kepada keluhan penyakit lain yang lebih serius, seperti gangguan pada jantung. Jadi, jangan anggap enteng, ya!.

Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak

Scaling Gigi. Sependek yang Dirman Personal Blog ketahui, memang tidak informasi khusus yang menyebutkan pada usia berapa, anak boleh mulai melakukan scaling untuk membersihkan karang gigi. Namun sebaiknya ini adalah cara terakhir yang dilakukan. Akan sangat mengurangi resiko lain jika kita sebagai orang tua dapat membiasakan anak secara alami menjaga kesehatan giginya. Beberapa cara alamiah agar gigi terhindar dari karang gigi tersebut, adalah :

  • Jangan biarkan anak terlalu sering makan camilan, terutama yang mengandung kadar gula tinggi,
  • Ajarkan kebiasan berkumur setelah makan snack atau kue,
  • Pastikan anak anda secara mandiri memiliki kemampuan menyikat gigi secara rutin.

Semoga informasi ini dapat mengingatkan untuk sama-sama menjaga kesehatan gigi terutama sejak anak-anak. Bagikan informasi ini kepada keluarga lain jika dianggap akan memiliki manfaat bagi mereka. Terima kasih telah bersedia membaca informasi tentang “Cara Membersihkan Karang Gigi pada Anak-Anak“.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.