fbpx
Layanan Jasa Dirman Personal Blog
Whatsapp Live ChatOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-15.00 WIB.

Kenali Aset Bisnis Online Dari Sekarang

Kenali Aset Bisnis Online Dari Sekarang. Walaupun dunia digital bisnis online tidak mengenal istilah terlambat untuk terjun didalamnya, namun sebelum melangkah lebih jauh, sebaiknya pelaku bisnis mengenali apa saja dan bagaimana aset bisnis online itu akan bekerja untuk anda.

Kenali Aset Bisnis Online Dari Sekarang
Gambar Seorang Wanita Muda Dengan Startup Bisnis Online

Agar lebih mudah untuk memahami, tahapan untuk mengenali apa saja aset bisnis online, maka uraian selanjutnya akan kita beri istilah Aset Digital Bisnis Online, antara lain adalah : Aset Bisnis Online Basic, Aset Bisnis Online Handal dan Aset Bisnis Online Bos.

Silahkan Download Materi Aset Bisnis Online Tersedia. Hubungi Kami Jika Kemudian Membutuhkan MENTOR.

Mengenal Aset Bisnis Online Bersama Dirman Personal Blog

Mengapa harus dibagi menjadi 3 bagian? Sebenarnya bebas sih, mau dibagi menjadi berapa saja, namun supaya lebih singkat, jadi kita bagi menjadi tiga saja yah.. 🙂 metode pembagian ini saya dapatkan saat mengikuti kelas google digital, insyaAllah akan lebih mudah dan bermanfaat serta efisien untuk diterapkan.

Kenali Aset Bisnis Online Dari Sekarang

#1 Aset Basic

Pada tahap basic (baca: pemula), aset bisnis yang perlu anda kenal, pelajari dan kuasai adalah sebagai berikut :

  • Produk yang akan dijual
  • Layanan jasa yang akan ditawarkan
  • Pengetahuan dasar tentang koneksi internet
  • Dasar penggunaan smartphone dan dekstop
  • Alamat email
  • Ilmu basic sosial media dan saluran digital bisnis online lainnya
  • Marketplace
  • Pemahaman awal tentang mesin pencarian (search engine)
  • Bahasa konten marketing
  • Cara menggunakan blog
  • Pengenalan dasar tentang website e-commerce
  • Download Materi Belajar Bisnis Online Basic

#2 Aset Bisnis Online Handal

Setelah anda terbiasa serta menguasai Aset Bisnis Online Basic, maka melanjutkan ke tahapan kedua akan terasa lebih mudah dan lancar tanpa kendala. Berikut adalah aset bisnis yang perlu anda miliki pada tahapan handal bisnis online.

  1. Website Online Shop
  2. Akun Media Sosial versi Bisnis
  3. Google Adwords
  4. Premium Marketplace
  5. Download Materi Belajar Bisnis Online Handal
Website Online Shop

Mengapa website online shop menempati urutan pertama sebagai aset bisnis online skala handal? Seperti halnya bisnis konvensional, calon pembeli, akan lebih cepat tertarik jika anda memiliki toko/tempat menjual produk.

Demikian juga dengan bisnis era digital, website toko online, dapat anda jadikan sebagai rumah produksi, sekaligus tempat virtual untuk menawarkan serta menjual produk anda.

Memiliki toko online tidak selalu harus membuatnya sendirian, anda bisa saja mempercayakan kepada pemilik jasa website online shop untuk mewujudkannya.

Mulai dari desain dan sistem web, hingga isi website termasuk di dalamnya konten marketing sudah siap untuk anda. Anda bisa langsung fokus ke produk maupun jasa yang akan anda pasarkan saja.

Akun Media Sosial versi Bisnis

Ini gratis. Kita ambil contoh anda sudah menggunakan facebook sebagai akun profil. Nah, untuk keperluan menawarkan produk, lebih disarankan memakai halaman facebook (fanspage). Mengapa? silahkan coba membuat satu halaman fanspage, anda akan tahu betawa powerfullnya.

Selain facebook, akun media sosial yang lain juga sebaiknya disesuaikan untuk diupdate menjadi akun bisnis, sekali lagi, ini adalah gratis. Akun-akun medsos yang dapat diupdate menjadi akun bisnis adalah : Instagram dan Whatsapp.

Google Adwords — Sarana Iklan Google

Nah, kalau yang ini berbayar. Anda perlu melakukan riset terkait hal-hal yang berkaitan dengan periklanan. Mulai dari target pasar, lokasi iklan hingga biaya iklan yang akan disiapkan. Apalagi jika toko online anda hanya beberapa halaman statis, dukungan pemasangan iklan akan dianggap diperlukan untuk mendongkrak eksistensi bisnis online anda.

Premium Marketplace

Karena anda saat ini bermaksud sedang mengenalkan produk yang anda jual secara online, maka imej yang baik tentu dibutuhkan. Salah satu caranya adalah dengan mendaftar di marketplace sebagai akun berbayar/premium. Selanjutnya? Tentu terserah anda.

#3 Aset Bisnis Online BOS

Pada tahapan ketiga (terakhir), diharapkan kondisi bisnis online anda sudah mencapai taraf nyaman, sehingga proses selanjutnya merupakan pilihan untuk ekspansi bisnis sesuai dengan keinginan anda. Tahap ini akan lebih dikenal sebagai pencapaian bisnis, anda akan segera mudah untuk memiliki :

  • Cabang Bisnis Online
  • Bisnis Online Baru
  • Reseller / Dropship
  • Dll

Perlu di ingat, sebuah bisnis online akan menuai hasil yang baik jika anda memang bersedia menyediakan waktu untuk dapat fokus selama beberapa waktu untuk mengelolanya secara serius.

Banyak penyebab terjadinya kerugian akibat memulai bisnis online, antara lain tidak fokus dalam mengelola serta melakukan update konten websitenya.

personal branding, dirmanto.web.id.

Sehingga, tidak sedikit yang kemudian memiliki tenaga tambahan sebagai admin web, pengelola sosial media, orang yang menangani iklan, saat seseorang mulai bisnis online, terutama dengan menggunakan website toko online.

Tentang Blog
dirmanto.web.id

Aset Bisnis Online apa yang sekiranya sudah anda miliki saat ini? Apakau sudah punya produk, jasa, website, akun media social, alamat email, akun marketplace? Jika salah satu sudah anda miliki, tentu akan lebih mudah untuk melangkah ke bagian selanjutnya, bukan?

Terakhir, memiliki aset sebagai sarana pendukung bisnis online saat ini boleh dibilang tidak mahal. Jadi, jangan ragu untuk “meluangkan modal usaha” anda untuk melengkapi usaha.

Bayangkan, hanya dengan kisaran mulai Rp. 600.000 sampai dengan Rp. 5.000.000 saja, anda sudah bisa memiliki aset bisnis online dengan kategori profesional. Tentu anda mau, kan?

Mulai saja dari yang apa saat ini anda miliki. Koneksi internet misalnya. Mendaftar akun email, memiliki akun social media, adalah langkah awal yang mudah dan gratis. Anda bisa melakukannya sekarang? Jika jawaban anda adalah, YA. Take action now!.

Kenali Aset Bisnis Online Dari Sekarang — Selamat memulai bisnis online, semoga sukses selalu. Jangan lupa berbagi bersama orang terdekat tentang informasi ini, karena bisa jadi, andalah sarana kebaikan serta keberhasilan bagi orang lain.

Ingin diskusi lebih lanjut bersama praktisi bisnis online? Silahkan bergabung pada grup yang membahasa tentang aset digital bisnis online. Join Grup Sekarang. GRATIS!.

Tulisan ini bukan berfungsi sebagai solusi ahli bisnis online. Merupakan pengalaman pribadi yang dijalankan secara berkala. Keberhasilan yang ditimbulkan akibat praktek dari teori pada tulisan ini, adalah murni sebagai ikhtiar serius anda, serta kewenangan Allah SWT.

disclosure – artikel tentang aset bisnis online – personal blog indonesia

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.