Temukan bantuan layanan hosting diskon gratis domain di sini
Publikasikan Bisnis AndaTampil di seluruh halaman. Harga mulai Rp 225.000,-

Jelang Musim Hujan Datang: Lakukan 5 Persiapan Ini

Pasang Iklan Banner di Blog ukuran 1200x375

Bulan Nopember biasanya dikenal juga dengan sebutan “November Rain”, karena identik dengan dimulainya musim hujan di hampir sebagian tempat. Di kota kamu sudah hujan? kalau di tempat saya tinggal masih belum, walaupun sebenarnya sudah ada beberapa tempat di Yogyakarta yang sudah mulai turun hujan. Bagi yang sudah Jelang Musim Hujan Datang: Sebaiknya Lakukan 5 Persiapan Ini.

1. Persiapkan hal-hal yang menunjang kesehatan

Saya kira ini yang paling penting, karena apa? bisa jadi kita sering lupa dengan hal-hal kecil yang justeru bermanfaat sebagai sarana penunjang kesehatan saat musim hujan datang. Seperti misalnya: periksa kotak obat apakah sudah tercukupi dengan obat harian yang dapat digunakan sebagai pertolongan pertama saat masuk angin, demam, batuk dan lain sejenisnya.

Jika perlu, cek smartphone seluruh keluarga apakah sudah menggunakan aplikasi konsultasi kesehatan yang sekiranya dapat menunjang saat dibutuhkan konsultasi medis dengan dokter untuk masalah kesehatan yang disebabkan karena musim hujan.

2. Periksa alat pelindung hujan

Terutama yang selalu akan digunakan untuk aktivitas keseharian, seperti misalnya: payung, jas hujan, sepatu booth hingga jaket dan baju atau selimut hangat. Jika memang dirasa sudah tidak layak untuk digunakan atau tidak lagi dapat melindungi, sebaiknya segera beli yang baru sesuai dengan yang dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga.

Jual Payung Lipat Ajaib 3D Bisa Muncul Motif Saat Terkena Air

3. Selalu stok makanan sehat dan bergizi

Jika sebelum musim hujan biasanya hanya stok bahan makanan yang cukup untuk kebutuhan memasak untuk makan sehari-hari saja, saat jelang musim hujan datang sebaiknya tambahkan juga bahan makanan atau bahkan minuman yang sekiranya dapat tetap menjadikan agar tubuh tetap sehat. Seperti buah-buahan, sayuran yang bisa dibuat untuk kebutuhan minuman sehat (sawi, tomat dlsb).

4. Periksa kelayakan saluran pembuangan air di sekitar rumah

Pastikan semua saluran pembuangan dari dalam ke luar rumah dapat bekerja dengan baik. Tak terkecuali juga seperti talang atau atap rumah yang sekiranya terhalang oleh kotoran atau dedaunan, sebaiknya segera dibersihkan agar pembuangan air menjadi tidak tersumbat.

Lakukan koordinasi juga dengan perangkat warga setempat agar bersama-sama melakukan pemeriksaan saluran air atau drainase di seluruh wilayang lingkungan terutama yang sering rawan menjadi penyebab menggenangnya air hujan hingga menyebabkan adanya sarang nyamuk hingga banjir.

5. Sempatkan untuk melakukan edukasi kepada keluarga tentang resiko saat musim hujan

Apalagi jika memiliki anggota keluarga yang masih anak-anak, edukasi tentang resiko saat musim hujan ini sangat penting untuk dilakukan. Poin yang disampaikan bisa saja terkait beberapa hal berikut ini:

Lakukan 5 hal ini saat Jelang Musim Hujan Datang
  1. Kelengkapan yang harus dibawa saat mereka berada di luar rumah
  2. Apa yang harus mereka lakukan saat berada di luar rumah kemudian terjadi hujan
  3. Bagaimana cara mereka menemukan tempat berlindung dari hujan yang cukup deras atau bahkan disertai dengan petir
  4. Penekanan agar selalu melakukan komunikasi dengan Orangtua saat berada di luar rumah dalam situasi hujan
  5. Apa saja yang harus mereka lalukan saat hujan berada di rumah sedangkan Orangtua masi di luar rumah

Itulah 5 hal penting yang dapat dilakukan sebagai persiapan jelang musim hujan datang dalam lingkup keluarga. Ingin menambahkan sesuai dengan apa yang pernah dialami? silakan sampaikan melalui ruang komentar yang telah tersedia di bawah artikel ini.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 5 / 5. Jumlah vote: 1

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Galang Solidaritas Mengembangkan Usaha di Tempat Baru

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *