Fitur Whatsapp Bisnis Menarik Untuk Dimanfaatkan

Fitur Whatsapp Bisnis Menarik Untuk Dimanfaatkan
Informasi Tentang Fitur Whatsapp Bisnis Menarik Untuk Dimanfaatkan

Anda masih pakai whatsapp lama? Semoga informasi ini dapat membantu menjawab pertanyaan mengapa Anda perlu segera beralih menggunakan aplikasi chat whatsapp untuk bisnis. Tidak akan membuat chat atau grup Anda hilang, kok. Bahkan, Anda akan menemukan banyak hal bermanfaat setelah menggunakannya. Berikut Fitur Whatsapp Bisnis Menarik Untuk Dimanfaatkan.

1. Tersedia Pengaturan Profil Profesional

Ini adalah fitur unggulan pertama yang dapat Anda coba setelah melakukan upgrade menggunakan whatsapp bisnis. Berbeda jauh dengan tampilan profil pada aplikasi whatsapp untuk personal, berikut adalah beberapa fitur pada profil whatsapp bisnis yang bisa Anda coba manfaatkan :

  • Pilihan jenis layanan profesional. Pada fitur ini, Anda bisa saja memilih sesuai dengan layanan maupun bisnis yang sedang atau akan dijalankan, seperti : Tenaga pengajar (edukasi), kecantikan, penyelenggara kegiatan (event organizer), hotel, properti, toko online, transportasi, kesehatan hinga organisasi nirlaba.
  • Alamat bisnis. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melakukan integrasi ke profil bisnis lokal yang sudah dibuat sebelumnya menggunakan google maps.
  • Janji temu. Fitur ini dapat membantu menyediakan informasi kapan waktu yang tepat untuk menghubungi serta mendapatkan layanan atau bisnis Anda.
  • Alamat email dan website profil bisnis.

2. Katalog Produk / Layanan Bisnis

Nah, fitur ini rupanya yang menjadi favorit pengguna whatsapp. Seperti yang kita semua tahu, semakin hari semakin banyak yang memanfaatkan bisnis online di rumah seperti menjadi reseller, mencoba bisnis sebagai dropsiper hingga tren bisnis online yang saat ini sedang populer dengan menjadi afiliasi di marketplace seperti shopee dan tokopedia.

Menariknya, fitur ini memiliki kemudahan agar kita bisa menampilkan katalog produk maupun layanan yang sedang ingin kita tawarkan. Anda tinggal memasang foto produk atau layanan, melengkapi dengan deskripsi dan link situs afiliasi jika ada.

Bagaimana dengan bisnis rumahan yang masih konvensional, apakah bisa juga memanfaatkan fitur katalog yang tersedia di whatsapp bisnis? Tentu saja! Sebut saja Anda punya usaha warung kelontong atau jualan lontong opor, misalnya.

Cara memanfaatkan fiturnya sama : upload foto produk, tambahkan deskripsi, selesai! Lalu Anda tinggal menyampaikan link katalog produk yang sudah akan tersedia secara otomatis nantinya.

Video tutorial singkat oleh Whatsapp Official tentang Cara membuat katalog

3. Fitur jawab pesan otomatis

Fasilitas ini juga termasuk fitur mewah yang tersedia secara gratis di whatsapp bisnis. Dirmanto.web.id sendiri memanfaatkan fitur ini agar tetap bisa menjawab chat secara otomatis ketika menerima pesan masuk diluar jam online.

Untuk kebutuhan bisnis, tentu ini merupakan fitur yang sangat menarik untuk dicoba dan dimanfaatkan. Bayangkan saja, saat Anda sudah beristirahat, namun ada calon pelanggan yang ingin mengetahui apa saja kelebihan produk atau layanan Anda.

Nah, fitur ini akan sangat membantu menjawab pesan secara otomatis dengan isi pesan yang dapat disesuaikan, semisal memberitahu kalau saat ini Anda sedang offline dan menambahkan link informasi produk yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Esok harinya, Anda bisa langsung melakukan follow up saja, bukan?

Anda sudah mencoba Fitur Whatsapp Bisnis Menarik Untuk Dimanfaatkan ?

Bahkan saat ini tersedia fitur baru dari whatsapp bisnis yang bisa juga bermanfaat sebagai sarana informasi dan publikasi. Yakni berupa fasilitas untuk memiliki profil berupa gambar cover. Ukuran gambar yang disediakan juga tergolong cukup besar, yakni 1211 x 691 pixel. Contoh gambarnya seperti yang saya buat di bawah ini :

Contoh Gambar Whatsapp Profil Cover dengan Ukuran 1211 x 691 px
Contoh Gambar Whatsapp Profil Cover dengan Ukuran 1211 x 691 px
Tapi saya belum punya bisnis, apakah saya bisa menggunakan aplikasi whatsapp business?

Sangat bisa! karena pada dasarnya fitur yang dimiliki hampir sama dengan whatsapp personal sebelumnya. Hanya saja, pada whatsapp tipe bisnis ini sudah dilengkapi dengan fasilitas untuk keperluan bisnis online.

Mumpung masih gratis, coba langsung saja! Jadi, saat Anda punya bisnis dan menawarkan produk maupun layanan jasa, sudah siap tempur dengan aset bisnis digital berupa aplikasi chat whatsapp bisnis ini.

Masih membutuhkan informasi tambahan tentang Whatsapp Business? Silahkan berkunjung ke situs resmi Pusat Bantuan Pengguna Whatsapp yang sudah tersedia dengan Bahasa Indonesia. Selamat mencoba, ya!

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *