Fitur Update Widget Terbaru Pada WordPress 5-8

Fitur Update Widget Terbaru Pada WordPress 5-8. Mungkin sama seperti teman-teman Narablog yang lain, saat wordpress melakukan update, baik itu core maupun plugin, saya tidak selalu memperhatikan secara detail fitur apa saja yang disertakan. Yang penting, tidak membuat blog menjadi error, itu sudah cukup.

Namun kali ini, setelah ada update wordpress ke versi 5.8, rupanya ada sedikit yang membuat saya perlu mempelajari agar kemudian terbiasa untuk menggunakannya.

Fitur Update Widget Terbaru Pada WordPress 5-8
Tampilan Editorial Fitur Widget Pada WordPress Baru

Block-based Widgets Editor

Istilah tersebut di atas, menurut yang coba saya baca di situs resmi developer wordpress, sudah mulai diperkenalkan sejak wordpress core merilis versi 5.0. Hal ini mungkin dimaksudkan agar pengguna wordpress sudah terbiasa saat fitur ini diaktifkan. Barulah setelah wordpress resmi melakukan update pada versi 5.8 ini, fitur block berbasis widgets editorial tersebut diterapkan secara default.

Bagi Dirman Personal Blog sendiri, sebenarnya fitur ini asik-asik saja. Bahkan di beberapa sisi justeru semakin memberikan kemudahan baru saat mengelola konten. Baik, pada halaman posting, maupun desain utama. Saya adalah pengguna wordpress yang masih menganut menggunakan fitur sidebar pada bagian sisi sebelah kanan untuk menampilkan beberapa informasi lain, termasuk badge dan banner. Hanya saja, memang ada beberapa yang kemudian mengalami perubahan fungsi editorial, terutama pada bagian widget sidebar.

Perubahan tersebut (yang saat ini saya alami), antara lain adalah :

  • Tampilan editorial widget saat ini aktif secara penuh menggunakan semua fitur blocks (seperti saat kita melakukan posting blog). Sebelumnya, widget secara default sudah tersedia dengan model geser-pasang (drag and drop).
  • Untuk membuat tampilan informasi profil pada sidebar, sebelumnya saya menggunakan fitur widget klasik berupa kolom text, didalamnya juga tersedia menu untuk menambahkan gambar atau ikon (contohnya dapat dilihat pada sisi sebelah kanan atas blog). Nah, saat ini menu atau tool tersebut tidak saya temukan kembali. Namun masih bisa diganti dengan fitur blocks, yakni: Custom HTML Editor.

Kelebihan Fitur Blocks Widget

Secara umum, ada 4 (empat) kelebihan fitur block berbasis widget yang bisa kita terapkan pada halaman maupun single post. Artinya, menu yang sebelumnya biasa terpasang menggunakan widget sidebar, saat ini juga bisa dipasang pada semua halaman konten. Fitur berbasis widget tersebut adalah :

  1. Link Kategori Posting
  2. Arsip Artikel
  3. Kalender
  4. List Komentar Pembaca

Widget Klasik Apakah Masih Bisa ?

Jika saat ini Narablog belum berniat untuk berganti suasana pada tampilan serta fungsi blog pribadinya dengan Fitur Update Widget Terbaru Pada WordPress 5-8, tetap masih bisa menggunakan “gaya lama” kok. Caranya ? Jika ingin praktis, cukup tambahkan plugin Classic Widgets yang dapat diinstall langsung pada dashboard atau download manual melalui situs resmi wordpress plugin.

Fitur Update Widget Terbaru Pada WordPress 5-8

Bagaimana dengan blog wordpressmu? Adakah pengalaman lain seperti yang disampaikan pada halaman ini? Jika ada, boleh dong berbagi ceritanya pada kolom komentar, ya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.