Tips Memilih Hosting
Whatsapp Online ChatJam Online: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-21.00 WIB.

Di Rumah Saja, Narablog Bisa Apa?

Di Rumah Saja, Narablog Bisa Apa? Apa saja bisa. Salah satu pilihannya adalah sebagai sarana filter informasi benar serta valid bagi masyarakat di sekitar tempat anda tinggal sekarang. Sudah mencoba?

Di Rumah Saja, Narablog Bisa Apa?
Gambar Oleh Gerd Altmann, Pixabay.

Bantu Memantau Informasi pada Whatsapp Grup

InsyaAllah sudah pasti terjadi, terutama saat pandemi wabah corona melanda dunia dan Indonesia saat ini. Informasi yang masuk melalui whatsapp akan banyak kita lihat, terutama melalui grup whatsapp warga masyarakat maupun keluarga. Sulit dibendung, memang. Dengan tujuan beragam, namun pada intinya adalah bermaksud baik; menyampaikan info update terkini.

Sayangnya, tidak semua melakukan pemeriksaan atau filtering dengan cek kebenaran informasi yang disampaikan (share). Nah, sebagai narablog, salah satunya bisa menjadi personal yang mau memeriksa kebenaran informasi tersebut dengan keilmuan masing-masing. Tujuannya satu, agar tidak terjadi kepanikan tanpa sebab, apalagi menimbulkan buruk sangka.

Caranya bagaimana?
  • Periksa Whois Domain,
  • Periksa Tanggal serta Bulan dan Tahun Informasi Tersebut,
  • Telusuri sumber awal informasi, bilamana perlu hubungi redaksi situs tersebut.
  • Jika ternyata meragukan atau informasi tersebut HOAX, segera sampaikan kepada warga / keluarga pada grup whatsapp tersebut.

Sampaikan Konten Menarik serta Menghibur

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan sekresi imunoglobulin A dan penurunan kortisol saliva diinduksi oleh emosi yang menyenangkan.

The immune system and happiness, ncbi.nlm.nih.gov.

Saya jadi teringat salah seorang teman bercerita : “Aku itu, kalau ada posting tentang coronavirus, langsung aku hapus. Lha.. semua orang sudah tahu kok, malah menambah was-was saja, auto imunku jadi terbuang percuma!“.

Ya masuk akal juga, seperti katanya makan coklat dapat menimbulkan rasa bahagia, sesuatu yang menyenangkan bisa membantu para prajurit kekebalan tubuh kita untuk berpacu melawan sesuatu yang negatif, termasuk virus.

Di Rumah Saja, Narablog Bisa Apa?

Beberapa opsi yang dapat dilakukan diatas, sifatnya bisa dibilang sosial. Narablog, pada realitanya juga membutuhkan koneksi internet, kopi, makanan (nasi padang enak) serta air mineral sehat, untuk bisa tetap terhubung dengan segala aktifitas diluar rumah, selama di rumah aja.

Tawarkan Layanan Jasa

Realistis saja, apa yang bisa kita lakukan untuk tetap bisa hidup, lakukanlah. Seorang narablog biasanya memiliki layanan jasa berupa pengadaan aset bisnis online, seperti membuatkan website, menulis artikel, menjadi admin sosial media dan lain sejenisnya. Ada memiliki salah satu layanan itu? maka coba tawarkan saja kepada sekitar.

Membuka Kelas Online

Karena saat ini berlaku kebijakan Jaga Jarak / Social Distancing, maka aktifitas yang satu ini perlu sedikit perhatian khusus dalam praktek pelaksanaan. Semisal dengan membatasi peserta hanya 1 orang saja, atau dilakukan di grup khusus. Selain itu bisa juga menggunakan sarana online streaming.

Semoga uraian ini bisa menjadi semangat kita dalam menghadapi situasi dan kondisi yang sedikit banyak sudah berpengaruh kepada banyak hal, termasuk salah satunya adalah sosial ekonomi. Keep on Fight, Stay Safe for Everyones.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.