9 Ide Bisnis Ekspor Modal Kecil Untung Besar

Jika kamu ingin mencoba peruntungan dalam dunia bisnis, kamu bisa mencoba beberapa contoh bisnis ekspor modal kecil berikut ini. Walaupun modalnya kecil, namun keuntungan yang didapat bisa besar, lho! Penasaran? Yuk, baca informasi tentang 9 Ide Bisnis Ekspor Modal Kecil Untung Besar ini sampai selesai, ya!

Bahkan, tak jarang bisnis ekspor yang bisa berjalan tanpa modal. Untuk melancarkan proses transaksi ekspor kamu ke luar negeri, kamu bisa mengandalkan Spenmo Indonesia.

Dengan didukung oleh proses transaksi yang canggih, maka bisnis ekspor kamu bisa semakin berkembang dan juga untung besar.

9 Ide Bisnis Ekspor Modal Kecil Untung Besar
Ilustrasi Salah satu Kegiatan Bisnis Ekspor Impor

Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil

Ada tiga produk ekspor yang cukup laris di Indonesia, yakni makanan, alat kesehatan dan obat-obatan.

Namun, bukan tidak mungkin ada produk-produk lain yang memiliki pasarnya sendiri. Berikut ini contoh bisnis ekspor modal kecil yang menjanjikan.

1. Bisnis ekspor batik

Contoh usaha ekspor yang pertama dan terbilang mudah adalah bisnis ekspor batik. Batik bisa dibuat berbagai macam jenis fashion, misalnya saja tas bermotif batik, dompet bermotif batik, atau yang umum adalah baju dan kemeja bermotif batik.

Untuk pilihan yang terakhir, para warga negara asing tersebut sangat menyukai motif pakaian batik Indonesia karena dinilai memiliki motif yang unik dan berbeda dan tidak mudah untuk ditiru.

Untuk memulainya, kita membutuhkan modal yang kecil mengingat harga batik di dalam negeri yang murah, sedangkan harga jual yang tinggi pun tidak masalah ke luar negeri.

2. Bisnis ekspor rempah-rempah

Sejak dulu hingga kini, Indonesia terkenal dengan rempah-rempahnya. Tak heran bila bisnis ekspor rempah-rempah selalu menggiurkan. Rempah-rempah ini bisa diolah kembali dan dijadikan minuman hingga menjadi bumbu masakan.

Selain itu, mau menjual rempah-rempah dalam bentuk masih mentah atau yang sudah diolah tak masalah. Namun, disarankan untuk menjual rempah yang sudah diolah untuk meningkatkan harga jualnya.

3. Bisnis ekspor kerajinan tangan

Bisnis ekspor kerajinan tangan bisa dikatakan sebagai salah satu contoh bisnis ekspor bermodal kecil. Sebab, kita bisa menggunakan bahan dasar yang telah didaur ulang atau bahan dasar murah lainnya seperti kayu, bambu, rotan, atau plastik.

Bisnis handycraft tergolong sebagai bisnis yang menguntungkan karena memiliki nilai jual keunikan yang sulit didapatkan dari produk lainnya.

Sekalipun produk handycraftnya pasaran seperti lampion atau boneka tetapi karena dibuat langsung tanpa mesin maka setiap produknya memiliki ciri khasnya masing-masing.

4. Bisnis Benda bernilai seni

Untuk seorang kolektor atau pelukis, akan sangat mudah untuk memasarkan barang koleksinya ke luar negeri. Sebab, di luar negeri barang-barang yang memiliki nilai seni tinggi sangat dihargai.

Meskipun harga belinya mahal, tetapi para warga negara asing tersebut tak berpikir dua kali untuk membeli benda bernilai seni ini. Kita bisa memasarkan hasil seni seperti lukisan atau koleksi benda bernilai di pasar seni atau situs galeri internasional.

Cara lain untuk memasarkan produk kita bisa dengan mengikuti acara lelang di situs-situs lelang online internasional.

Namun, yang perlu jadi pertimbangan adalah bagaimana cara transaksinya bila dilakukan secara online?

Solusinya, kamu bisa mencari jasa transfer uang ke luar negeri yang memiliki kredibilitas tinggi dan aman sebagai alat transaksi bisnis.

5. Bisnis ekspor makanan khas Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa permintaan ekspor makanan di Indonesia cukup tinggi di pasar global. Melihat itu, kita bisa mencoba bisnis ekspor makanan khas Indonesia.

Beberapa di antaranya seperti bisnis makanan gudeg dari Yogyakarta, rendang dari Padang atau keripik singkong dan makanan ringan atau makanan tradisional lainnya.

6. Bisnis ekspor makanan kaleng atau frozen food

Bila merasa ragu-ragu untuk memulai bisnis ekspor makanan khas Indonesia karena ketahanan makanan yang hanya dalam beberapa waktu, ditakutkan saat pembeli menerima produk tersebut malah sudah basi. Kita bisa memulai bisnis ekspor makanan melalui frozen food atau makanan kaleng.

7. Bisnis ekspor hasil tani dan perkebunan

Tak dipungkiri bahwa tanah di Indonesia memiliki kandungan tanah yang bagus sehingga cocok untuk bertani atau berkebun.

Bila menjual hasil tani dan kebun di dalam negeri sangat murah, kita bisa memulai peruntungan dengan memasarkannya ke dunia internasional. Contoh hasil tani dan kebun yang banyak permintaannya adalah buah dan sayur, apalagi di pasar Asia.

8. Bisnis ekspor hasil laut

Sama halnya dengan pertanian dan perkebunan, Indonesia yang merupakan Negara Maritim juga memiliki hasil laut yang melimpah.

Kamu bisa menjual atau pun mengolah hasil laut yang ada di Indonesia menjadi makanan yang enak untuk kemudian diekspor.

9. Bisnis ekspor perabotan

Contoh bisnis ekspor modal kecil selanjutnya adalah bisnis ekspor perabotan hasil buatan Indonesia yang terbuat dari kayu atau bambu. Memangnya dengan modal yang kecil cukup?

Cukup saja, kita bisa bekerja sama dengan pengrajin kayu atau bambu untuk memasarkan produknya ke luar negeri.

Tips Bisnis Expor Impor dengan Modal Kecil Namun Tetap Untung Besar
9 Ide Bisnis Ekspor Modal Kecil Untung Besar

Tips bisnis ekspor impor yang menjanjikan

Agar bisnis ekspor impor ini berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya:

  • Lakukan riset sebelum menentukan produk untuk diekspor. Riset dan analisa diperlukan untuk meminimalisir kerugian karena waktu pengiriman ke luar negeri yang cukup lama. Selain itu, bisa juga melakukan riset terkait permintaan barang dari luar negeri.
  • Pikirkan dengan matang negara mana yang menjadi pasar bisnis kita. Riset pula bagaimana adat, budaya, dan karakteristik atau watak suatu warga negara. Setelah itu pertimbangkan, apakah ada, budaya, atau karakteristik mereka tepat dengan produk yang kita tawarkan.
  • Lakukan promosi melalui media sosial, situs, atau komunitas internasional.
  • Ikut serta dalam event, pagelaran, atau pameran produk perdagangan skala internasional.
  • Daftarkan website atau situs bisnis kita di website entrepreneur Forum Bisnis Ekspor.
  • Di Indonesia sendiri, pemerintahnya telah menyediakan fasilitas untuk warganya yang ingin memulai bisnis ekspor impor melalui situs www.djpen.kemendag.go.id.

Siap menjalankan 9 Ide Bisnis Ekspor Modal Kecil Untung Besar ini sekarang?

Itu dia beberapa contoh bisnis ekspor modal kecil yang bisa kamu coba. Semoga informasi tentang 9 Ide Bisnis Ekspor Modal Kecil Untung Besar ini bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.