Cara Sederhana Bermain Halang Rintang

Cara Sederhana Bermain Halang Rintang di rumah, bersama anak-anak. Boleh dibilang, permainan ini dapat membantu memicu beberapa hal baik, seperti merangsang ide kreatif, melatih kecepatan serta ketepatan, bahkan mendukung kemampuan anak agar dapat segera menyelesaikan sebuah tantangan hingga menemukan solusinya dengan cepat. Faktanya, permainan halang rintang ini disukai oleh anak-anak, remaja hingga orang dewasa.

Cara Sederhana Bermain Halang Rintang
Ilustrasi Permainan Halang Rintang di dalam rumah (YeJi Kim)

Jenis Permainan Halang Rintang Sederhana

Bermain halang rintang, tak melulu harus di halaman maupun pekarangan rumah yang luas. Namun juga dapat dilakukan di ruang keluarga atau bahkan ruang tamu dalam rumah sekalipun. Sarana yang perlu disiapkan untuk membuat permainan ini juga tak terlalu sulit didapatkan. Berikut beberapa contoh jenis permainan halang rintang yang sederhana :

Pindah Alat Tulis Dengan Rintangan

Alat yang perlu disiapkan hanya beberapa saja, dan kebanyakan pasti sudah tersedia, antara lain adalah : Alat tulis, seperti buku gambar, buku tulis, bulpoin, pensil, penggaris dan penghapus, tali, batu bata. Cara bermainnya juga cukup sederhana serta dapat dilakukan di ruang keluarga :

  • Letakkan batu bata pada posisi berdiri, kemudian atur sedemikian rupa agar dapat diikatkan dengan tali,
  • Ikatkan tali pada batu bata tadi dengan posisi lurus antara satu sisi dengan sisi yang lain, maupun dibuat zig-zag.
  • Simpan alat tulis, sarankan agar anak memindahkan alat tulis tersebut dengan melewati rintangan tali.

Selamatkan Aku!

Permainan halang rintang jenis ini juga mudah disiapkan dan dilakukan di rumah. Alat yang diperlukan antara lain adalah : kursi, meja, sapu, ember, pot bunga atau alat lain yang tersedia. Konsep bermainnya adalah menyelamatkan sebuah benda seperti guling kesayangan atau bisa saja seeokor hewan peliharaan seperti kucing. Contoh menerapkan permainan :

  • Tempatkan benda atau objek lain pada sebuah kamar,
  • Buat rintangan menuju tempat penyelamatan dengan mengatur alat rintangan pada posisi yang sekiranya menghalangi perjalanan, semisal menempatkan dua buah kursi di antara jalan keluar kamar dan si anak harus melewati halangan tersebut tanpa menyentuh bagian apapun dari kursi dan pintu kamar,
  • Ajak anak untuk memindahkan benda atau objek lainnya ke tempat yang ditentukan (seperti dapur) dengan waktu tertentu, jika waktu yang disepakati tak tercapai, maka permainan harus diulang.

Apa Saja Manfaat Bermain Halang Rintang ?

Tentu banyak sekali manfaatnya, seperti diulas sedikit pada awal informasi ini. Namun sejatinya, ada dua manfaat utama yang akan disebabkan dengan melakukan permainan halang rintang :

1. Bermanfaat Bagi Otak Anak

Apalagi, permainan dibuat sedemikian rupa agar anak mendapatkan rintangan yang memerlukan mereka untuk menemukan sebuah solusi bagaimana cara melewatinya. Ini juga bisa digunakan untuk membantu orangtua agar lebih memahami sejauh mana si anak dapat mememcahkan sebuah tantangan.

2. Bermanfaat Bagi Otot Anak

Mengapa demikian? karena kebanyakan permainan halang rintang biasanya akan membutuhkan kemampuan ketangkasan fisik selain kecerdasan otak. Ini juga dapat bermanfaat baik untuk membantu merangsang kemampuan motorik anak. Permainan ini juga memiliki tipe mendekati olah raga ringan, dengan menentukan waktu permainan misalnya. Dengan demikian, keterampilan serta ketangkasan dasar anak juga dapat terbantu lebih terasah secara berkala.

Cara Sederhana Bermain Halang Rintang

Masih banyak jenis permainan halang rintang sederhana yang tak perlu dilakukan di luar rumah, atau bahkan harus berkunjung ke sebuah tempat tertentu. Jika diperlukan, bisa dengan mencari referensi menggunakan internet. Sudah pasti akan tersedia aneka macam macam permainan halang rintang yang dapat disesuaikan dengan usia anak, ukuran rumah serta tujuan khusus yang ingin dicapai.

Anda sendiri, permainan halang rintang jenis apa yang sudah dicoba dimainkan bersama anak di rumah?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.