Cara Mudah Live Streaming di Layar Proyektor

Pengalaman baru ini bermula dari saat saya ingin mencoba menampilkan siaran langsung sebuah acara pengajian di Masjid Baiturachim Patangpuluhan, di dua layar tampil sekaligus, yakni televisi informasi dan layar lcd proyektor. Ternyata cukup sederhana, tak perlu tambahan aplikasi maupun software yang harus diinstall. Berikut Cara Mudah Live Streaming di Layar Proyektor menggunakan smartphone.

Cara Mudah Live Streaming di Layar Proyektor
Cara Mudah Live Streaming di Layar Proyektor – dok. @kopi_sunan_gunung_merapi

Perlengkapan yang diperlukan

Alhamdulillaah, semua alat serta kebutuhan pendukung lainnya sudah tersedia di Masjid ini. Berikut merupakan perlengkapan yang diperlukan saat saya ingin mencoba siaran langsung (live streaming) dari smartphone yang kemudian dapat ditampilkan melalui lcd proyektor dan televisi masjid dengan memanfaatkan kanal Youtube :

1. Smartphone (boleh merk apa saja)

Saya kira ini adalah sebuah alat yang mudah, karena hampir setiap orang punya. Jadi tak perlu membeli smartphone baru. Namun demikian, ada beberapa hal yang perlu diperiksa terlebih dahulu, terutama pada kemampuan resolusi visual yang dimiliki oleh ponsel tersebut. Hal ini sesuai dengan apa yang disarankan Google untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal saat siaran langsung di Youtube.

Agar hasil tampilan visual menjadi lebih maksimal, pastikan smartphone sudah memiliki kemampuan menghasilkan video dengan resolusi mulai dari 1080p: 1920×1080 hingga 7680p (8K): 7680×4320 yang dilengkapi kemampuan frame mulai dari 30fps (frame per second). Saya sendiri menggunakan Oppo Smartphone seri A12 yang sudah memiliki salah satu dari kemampuan resolusi tersebut.

2. Set Top Box (STB)

Secara umum, bisa saja alat ini sebelumnya dikenal dengan nama dekoder televisi. Namun menyesuaikan kemampuan saat ini yang lebih ke arah menjadikan gambar analog menjadi digital, maka STB (Set Top Box) lebih dapat diartikan sebagai sebuah alat untuk mengkonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di perangkat analog biasa.

Gampangnya, STB ini bisa menjadikan sebuah perangkat analog memiliki kemampuan seperti smartphone android. Sehingga bisa digunakan untuk membuka browser serta menonton video di youtube. Belum pernah melihat seperti apa STB? coba TEKAN DI SINI untuk menampilkan informasi gambar dan spesifikasinya.

Alat ini dibutuhkan ketika LCD dan Televisi yang akan digunakan untuk menampilkan siaran langsung live streaming belum memiliki kemampuan berteknologi digital, seperti : sudah bisa terkoneksi dengan wifi, sudah dilengkapi Sistem Operasi Android. Jika sudah, maka alat ini tidak dibutuhkan.

Tahapan Sederhana Memulai Live Streaming

  • Login ke akun Youtube,
  • Lakukan siaran langsung (live streaming),
  • Nyalanan LCD Proyektor,
  • Pilih menu koneksi USB agar lcd menampilkan fitur dari STB yang telah terpasang sebelumnya,
  • Buka browser (chrome, mozilla) kemudian akses youtube.com dan cari kanal di mana siaran langsung berjalan.

Mudah bukan? 3 poin paling penting saat akan melakukan siaran langsung yang akan ditampilkan di layar proyektor adalah :

  1. Pastikan LCD sudah terkoneksi dengan internet melalui wifi yang dapat disesuaikan menggunakan STB.
  2. Pastikan koneksi internet baik pada smartphone maupun STB selalu stabil (tidak lemot).
  3. Usahakan baterai pada smartphone terisi 100%, karena melakukan siaran langsung akan cukup menguras baterai. Siapkan sumber daya cadangan jika diperlukan seperti powerbank.
Cara Mudah Live Streaming di Layar Proyektor
Cara Mudah Live Streaming di Layar Proyektor

Terkait koneksi internet, karena live streaming ini akan membutuhkan kecepatan yang lumayan, maka pastikan kualitas internet memiliki tingkat kecepatan mulai 5Mbps untuk siaran langsung dengan resolusi 1080p hingga 20Mbps jika akan menggunakan resolusi 4K.

Selamat mencoba, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mempermudah Cara Live Streaming di Layar Proyektor.

Video Cara Membuat Streaming Langsung YouTube Seluler (bisa diterjemahkan ke bahasa Indonesia) – oleh kanal resmi Youtube Creators

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *