Layanan Jasa Dirman Personal Blog
Hubungi Via WhatsappOnline: Senin sampai Sabtu, pukul 09.00-21.00 WIB.

Cara Kolaborasi Yandex Untuk Notifikasi Blog WordPress

Cara Kolaborasi Yandex Untuk Notifikasi Blog WordPress Self hosting berdasarkan pengalaman pribadi personal blog indonesia, dirmanto.web.id

Cara Kolaborasi Yandex Untuk Notifikasi Blog WordPress
Yandex Webmaster Tools

Apa itu Yandex ?

Di Negara asalnya, Rusia. Yandex merupakan sebuah perusahaan internet terbesar yang memiliki layanan mesin pencarian, email serta layanan terkait teknologi lainnya.

Wikipedia Indonesia

Pada ulasan ini, dirmanto.web.id akan berbagi pengalaman tentang bagaimana cara menggunakan fasilitas email yandex sebagai pengganti webmail cPanel untuk sebuah blog wordpress. Tulisan ini dibuat setelah ada beberapa pertanyaan terkait penggunaan plugin wp-smtp mail yang pernah saya sampaikan sebelumnya. Baca artikel Menggunakan Plugin WP Mail SMTP.

Karena pada tulisan diatas, saya menggunakan email custom domain (sekarang lebih dikenal dengan google g-suite), maka panduan yang disampaikan adalah menggunakan fasilitas email milik google mail (gmail) untuk domain.

Bagaimana jika anda tidak memiliki akun mail google untuk domain kustom? sebagai solusi lain adalah dengan menggunakan layanan email milik Yandex.

Jadi, tulisan ini khusus bagi pemilik blog wordpress self hosted yang tidak menggunakan cPanel, melainkan menggunakan unmanage server virtual private server (vps), agar tidak perlu melakukan instalasi dan setting mail server yang akan menyebabkan konsumsi space serta memory cukup banyak.

Cara Mendaftarkan Email Domain pada Layanan Yandex

  1. Registrasi akun menggunakan alamat : https://passport.yandex.com/registration/
  2. Daftarkan Domain pada layanan Mail untuk Domain menggunakan alamat : https://connect.yandex.com/pdd/
  3. Lakukan verifikasi domain dengan metode DNS Record
  4. Arahkan MX record mail domain dengan mx.yandex.net, nilai prioritas = 10
  5. Tambahkan nilai entry TXT berisi nama domain dengan kode v=spf1 redirect=_spf.yandex.net
  6. Tambahkan nilai entry DKIM Signatures, kode DKIM dapat dilihat dengan mengakses https://connect.yandex.com/portal/admin/customization/mail
Layanan Yandex untuk Mail Domain
Layanan Yandex untuk Mail Domain

Setelah 6 langkah diatas sukses, tahap selanjutnya adalah membuat akun mail yang nantinya akan digunakan sebagai alur komunikasi blog wordpress anda. Bisa digunakan sebagai notifikasi komentar atau informasi pembelian jika blog wordpress digunakan untuk website toko online. Caranya Mudah :

  • Buka menu Admin Structure pada halaman https://connect.yandex.com/portal/admin/structure/
  • Buat akun menggunakan tombol + Add
  • Lakukan percobaan mengirim dan menerima email dengan mengakses halaman https://mail.yandex.com/ (masukkan user dan password email yang teleh dibuat sebelumnya)

Cara Kolaborasi Yandex Untuk Notifikasi Blog WordPress

Setelah berhasil mengirim serta menerima email secara manual, maka artinya alamat email sudah anda miliki dengan baik. Tahapan selanjutnya adalah menjadikan blog wordpress memiliki fitur notifikasi otomatis untuk menerima email atau mengirimkan email.

Petunjuk bagaimana cara memiliki fitur tersebut, silahkan melihat tulisan paragraf atas, kemudian klik tautan tentang artikel menggunakan wp-mail smtp untuk wordpress. Tutorial lengkap akan tersaji pada plugin yang telah di instal nantinya, perbedaan hanya terdapat pada alamat smtp masing-masing layanan email yang digunakan.

Masih belum berhasil setting ? silahkan sampaikan pada kolom komentar yang tersedia pada artikel ini. Selamat mencoba, semoga hari anda menyenangkan.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.