Cara Jualan Di GoFood Berdasarkan Pengalaman

Selain mencobanya langsung, Cara Jualan Di GoFood Berdasarkan Pengalaman pribadi ini juga kami dapatkan dengan melakukan survey ke beberapa pelaku bisnis yang sudah berjalan bagus serta pelanggan setia kulineran pengguna layanan GoFood sebagai aplikasi pesan antar makanan paling populer di Indonesia.

Cara Jualan Di GoFood Berdasarkan Pengalaman
sumber : situs gojek.com

Bisnis kuliner sendiri sudah kami coba sejak beberapa tahun yang lalu, salah satunya adalah dengan mencoba jualan jajanan pudding sedot (pudot) di pinggir jalan raya. Akun Merchant GoFood sendiri sebenarnya sudah kami miliki saat itu, hanya saja belum kami coba karena satu dan lain hal, salah satunya adalah pertimbangan produk kami yang masih sedikit.

Alasan Jualan Kuliner Menggunakan Aplikasi GoFood

Boleh jadi, alasan mengapa tertarik untuk mencoba jualan produk kuliner menggunakan layanan aplikasi GoFood ini juga menjadi pertimbangan pelaku UMKM secara umum, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Cepat dan Mudah. Apalagi sekarang ini, proses pendaftaran menjadi mitra GoFood tergolong lebih instant. Terakhir, kami mencoba mendaftar akun baru untuk bergabung menjadi merchant GoFood ini hanya memakan waktu sekitar 1-2 hari saja.
  • Gratis. Berbeda saat kita berencana memulai usaha jualan kuliner secara konvensional yang akan membutuhkan biaya cukup besar untuk sewa tempat, pakai gofood, cukup memanfaatkan halaman atau bahkan garasi rumah, kita sudah bisa punya warung kuliner sendiri.

Selain alasan tersebut di atas, keuntungan lain yang menurut kami paling utama saat kita mencoba jualan di GoFood adalah Cepat Mendapatkan Pembeli. Alhamdulillaah, kami sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar kurang dari sepekan saja untuk mendapat pelanggan setelah merchant kuliner kami buka di GoFood.

3 Cara Mudah Jualan di GoFood

Secara umum, memang terlihat amat sangat mudah saat kita mencoba jualan online kulineran dengan memanfaatkan GoFood sebagai aplikasi layanan pesan antar makanan. Nah, agar tulisan ini tak sekedar terlihat seperti teori saja, berikut merupakan informasi khusus Cara Jualan Di GoFood Berdasarkan Pengalaman yang pernah kami jalankan :

1. Pilih dan tentukan jenis makanan yang akan dijual

Caranya cukup mudah, yakni melakukan survey dengan membuka aplikasi gojek pada fitur food, kemudian mencermati makanan apa yang sekiranya banyak diminati. Salah satu pertanda makanan atau minuman tersebut banyak disukai pembelinya adalah dengan status rating bintang yang tinggi dan komentar positif atau ditandai dengan banyak yang memberi tanda suka pada beberapa makanan atau juga bisa diketahui dengan tanda “paling laku” di beberapa produk kuliner.

2. Siapkan syarat yang diperlukan untuk menjadi merchant di Gofood

Sependek yang telah kami alami, beberapa syarat penting yang perlu disiapkan sebelum mendaftar menjadi merchant sebagai mitra resto di Gofood adalah :

  1. Spanduk, papan nama atau x-banner sebagai identitas merchant.
  2. Membuat map lokasi bisnis menggunakan fasilitas Google maps. Lihat cara membuat profil bisnis di Google.
  3. Printer thermal untuk kasir (opsional), tidak harus langsung punya, bisa sambil berjalan seiring kebutuhan perkembangan bisnis kuliner. Lihat Harga Printer Thermal Terbaru.
  4. Smartphone untuk menerima pesanan. Sebagai awal, cukup menggunakan smartphone yang sudah dimiliki saat ini.

3. Segera daftar menjadi merchant

Sebaiknya jangan tunggu terlalu lama, karena proses pendaftaran menjadi merchant online di Gofood ini sangat mudah dan cepat. Oh iya, nama aplikasi untuk merchant di gofood adalah GoBiz, berikut cara mudah mendaftar sebagai merchant :

  • Unduh aplikasi GoBiz di playstore atau mengakses halaman resminya di https://gobiz.co.id.
  • Ikuti proses cara pendaftaran sesuai dengan yang tertera pada aplikasi maupun website.
  • Tunggu proses persetujuan pendaftaran akun GoBiz.

✔️ Cara Jualan Di GoFood Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Mudah, bukan? Hal lain yang juga penting untuk diperhatikan sebelum mulai jualan di GoFood adalah tentang Cara Menentukan Harga Jual Online. Acuan yang kami gunakan untuk menentukan harga jual di gofood sendiri ada beberapa hal : komisi 20% + Rp.1000, kemungkinan ikut promo diskon hingga 30%.

Sebagai contoh, kami sendiri menerapkannya seperti ini : harga produk offline adalah Rp.5000, maka Rp.5000 : 80% + Rp.1000 + 30% = Rp.9425,-. Jadi, di aplikasi gofood akan tertera harga jual senilai sembilan ribu empat ratus dua puluh lima rupiah.

Namun perhitungan ini tidak mutlak ya! artinya, silahkan menentukan sesuai dengan kebutuhan margin profit serta promo yang akan diikuti nantinya. Sebagai informasi pendukung, kami sampaikan salah satu video cara menentukan harga jual di gofood dari mentor yang sudah berpengalaman di bawah ini.

Video Cara Menentukan Harga Jual Online di Gofood oleh Didit Helditia
18 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.