Bagaimana Memilih Sistem ERP untuk Bisnis? Ini Caranya

Saat ini, perusahaan sangat membutuhkan sistem ERP untuk membantu menjalankan kegiatan bisnis sehari-hari. Sistem ERP itu sendiri adalah tool yang hadir dalam bentuk software dan pada umumnya digunakan untuk mengelola stok barang di gudang, mengatur proses produksi, mengelola pelanggan, hingga membuat laporan keuangan bisnis. Bagaimana Memilih Sistem ERP untuk Bisnis? Ini Caranya!

Mengingat pentingnya software ERP bagi bisnis, Anda tidak bisa memilih software ini dengan sembarangan. Anda perlu memilih software ERP yang tepat agar bisa membantu mengembangkan bisnis dengan efektif dan efisien.

Oleh karena itu, berikut ini adalah artikel tentang tips memilih sistem ERP yang bisa Anda terapkan. Silakan mencoba tipsnya!

Bagaimana Memilih Sistem ERP untuk Bisnis Ini Caranya
Bagaimana Cara Memilih Sistem ERP yang tepat untuk Bisnis Anda

1. Memilih Sistem dengan Fitur yang Tepat

Tips pertama adalah memilih sistem dengan fitur yang tepat, bukan hanya lengkap. Pastikan software ERP memiliki semua fitur yang Anda butuhkan dalam mengelola kegiatan bisnis di perusahaan. Jangan sampai software ERP memiliki banyak fitur yang tidak benar-benar Anda butuhkan.

2. Memilih Sistem Berbasis Cloud

Ada banyak data dalam bisnis yang perlu dimasukkan ke dalam sistem ERP. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan software ERP yang menyediakan kapasitas data yang besar.

Anda bisa mendapatkannya dengan menggunakan software ERP berbasis cloud. Software yang berbasis cloud menyediakan kapasitas data yang besar dan fleksibel. Ketika bisnis Anda bertumbuh, data-data bisnis yang semakin banyak akan tetap mendapatkan tempat.

Selain itu, sistem berbasis cloud juga memiliki keamanan data yang terjamin. Ini karena penyimpanan data berbasis cloud memiliki fitur enkripsi data.

3. Mempertimbangkan Aksesibilitas dan Mobilitas Sistem

Selanjutnya, Anda juga perlu mempertimbangkan aksesibilitas dan mobilitas software ERP. Anda perlu memilih software ERP yang mudah diakses dan mudah digunakan. Dengan demikian, karyawan akan cepat beradaptasi dengan software ini.

Jika kegiatan operasional bisnis di perusahaan Anda membutuhkan fleksibilitas yang tinggi, Anda bisa memilih software ERP versi mobile. Software ERP versi mobile jauh lebih mudah diakses dan digunakan daripada software ERP yang berbasis desktop.

4. Mempertimbangkan Total Biaya

Ketika memilih software ERP, jangan lupa untuk mempertimbangkan total biaya. Jumlah biaya yang Anda keluarkan untuk menerapkan sistem ERP di perusahaan tidak boleh melebihi anggaran.

Untuk itulah, Anda tak hanya perlu mengetahui harga dasar dari software ERP. Cari tahu pula apakah ada biaya tersembunyi yang harus Anda bayar, seperti biaya penerapan atau pemeliharaan software.

5. Mempertimbangkan Reputasi Vendor

Software ERP akan terus Anda gunakan dalam bisnis secara jangka panjang. Itulah sebabnya penting sekali untuk memilih vendor software yang berpengalaman dan memiliki reputasi yang baik.

Cara untuk mengetahui reputasi vendor adalah dengan melakukan pemeriksaan latar belakang. Cari tahu bagaimana hubungan vendor dengan klien dan kepuasan klien dalam menggunakan jasa vendor software ERP.

6. Mempertimbangkan Kustomisasi

Software ERP yang dipilih seharusnya bisa memenuhi kebutuhan perusahaan Anda. Namun, bukan tidak mungkin ada beberapa aspek pada pengelolaan bisnis Anda yang membutuhkan kustomisasi.

Jika kondisinya seperti itu, maka Anda perlu memilih software ERP yang dapat menangani kustomisasi. Hanya dengan cara itulah, kebutuhan operasional bisnis di perusahaan Anda bisa ditangani dengan baik.

7. Mengikuti Demo Aplikasi

Tips yang terakhir adalah mengikuti demo aplikasi sebelum benar-benar memutuskan sistem ERP yang akan dipilih. Dengan mengikuti demo, Anda bisa melihat kecocokan software ERP yang ditawarkan vendor dengan bisnis perusahaan Anda.

Setelah membaca ketujuh tips di atas, semoga Anda tidak lagi bingung dalam memilih sistem ERP yang tepat untuk bisnis perusahaan Anda, ya.

Software ERP Indonesia
Software ERP Indonesia

Supaya Anda tidak semakin bingung, Anda bisa langsung menggunakan software ERP Indonesia dari RedERP. Software ini memiliki segudang modul yang bermanfaat seperti modul Inventory, Manufacture, Purchase Order, CRM, Point of Sales, Project Management, Asset Management, dan Finance. Semua aktivitas bisnis Anda dapat dikelola dengan mudah menggunakan modul-modul tersebut.

Berita baiknya, Software RedERP juga sudah berbasis cloud dan bisa memfasilitasi kostumisasi untuk perusahaan. Sehingga, Anda bisa mendapatkan layanan ERP yang sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan.

Segera ikuti demo aplikasi Software RedERP sekarang juga! Kunjungi website-nya untuk informasi lebih lanjut.

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 5 / 5. Jumlah vote: 1

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *