Bagaimana Cara Memilih WordPress Plugin SEO Agar Optimal

Bagaimana Cara Memilih WordPress Plugin SEO Agar Optimal serta dapat membantu mempercepat website segera memiliki tempat di Situs Mesin Pencarian Populer. Sehingga harapannya adalah, saat pengguna internet mencari sebuah informasi maupun produk dengan kata kunci tertentu, situs web anda menjadi salah satu yang terlihat oleh mereka.

Bagaimana Cara Memilih WordPress Plugin SEO Agar Optimal
Ilustrasi WordPress SEO Plugin Populer

Pastikan Menggunakan WordPress

Sekedar mengingatkan pada awal artikel, bahwa informasi ini hanya akan membahas khusus tentang plugin wordpress saja. Siapa tahu anda berkunjung ke halaman ini hanya membaca sebagian kata dari judul artikelnya saja.

Gunakan Hosting Dengan Software Update Terbaru

Antara lain adalah webserver. Anda bebas menggunakan apa saja. Yang sedang populer saat ini adalah Litespeed, Apache dan Nginx. Selain webserver, software pendukung penting yang harus selalu terbaru adalah PHP. Saat ini versi php terbaru sudah pada angka 8. Database, adalah software yang juga harus terbaru. Database populer yang sering digunakan adalah MySQL dan MariaDB.

Untuk dapat menjadikan wordpress sebagai engine website anda dengan baik, persyaratan terbaru software yang disarankan saat ini adalah : PHP mulai dari versi 7.4, MySQL minimal versi 5.6 atau MariaDB dengan versi 10.1 atau lebih tinggi, serta dukungan SSL.

id.wordpress.org

Jika anda tak terlalu memahami dengan istilah software pendukung website di atas, silahkan tanya pada customer service jasa hosting yang menjadi pilihan terbaik anda saat ini.

Jangan Gunakan Plugin dan Theme Bajakan

Prinsipnya adalah : daripada menggunakan plugin atau theme bajakan, lebih baik memakai yang versi gratisan saja. Mengapa? Banyak contoh kasus yang diakibatkan terlalu sembrono memanfaatkan plugin/theme bajakan (nulled). Jika ingin bukti, googling saja dengan kata kunci ‘resiko plugin theme bajakan

Poin-poin di atas penting untuk terlebih dahulu diterapkan sebelum kita mulai membahas tentang Bagaimana Cara Memilih WordPress Plugin SEO Agar Optimal. Jika ini belum terpenuhi, silahkan tinggalkan halaman ini, karena tidak akan menghasilkan manfaat apa-apa untuk anda.

Tips Cara Memilih Plugin SEO [NON-TEKNIS]

Time needed: 7 minutes.

4 Cara Mudah Memilih Plugin SEO Wordress

  1. Pilih Plugin SEO Populer serta Banyak Digunakan

    Mengapa seperti itu? Dirman Personal Blog sendiri tak terlalu familiar dengan bahasa program dan teknis bagaimana cara membuat plugin wordpress. Sehingga informasi ini memang memiliki tujuan agar mudah dipahami secara non-teknis. Anda yang saat ini mengaku pemula dalam dunia wordpress, pasti akan setuju.

  2. Pastikan Plugin SEO Selalu Update

    Bagaimana cara melihat serta menilainya? Cukup mudah. Lihat saja pada halaman keterangan sebuah plugin yang akan anda pilih melalui halaman resminya atau halaman instalasi plugin wordpress. Plugin SEO terbaik biasanya akan selalu menunjukkan tanggal update terdekat dengan waktu anda saat ini. Misalkan saja terakhir diupdate beberapa hari atau seminggu yang lalu.

  3. Baca Petunjuk Lengkap Penggunaan Plugin

    Biasakan selalu seperti itu, ya. Ini akan dapat memudahkan apakah website anda dapat menggunakan plugin tersebut secara optimal atau tidak. Bilamana perlu, simak dengan teliti testimonal untuk plugin tersebut, karena ini penting untuk memahami apa saja kelebihan dan kekurangannya.

  4. Memiliki Halaman Developer Yang Jelas yang Menyediakan Versi Premium

    Walaupun dengan plugin SEO versi GRATIS sebenarnya sudah cukup sebagai awal. Namun dengan versi berbayar tentu fitur yang dapat dimanfaatkan akan lebih banyak serta variatif. Pastikan plugin seo yang akan anda gunakan memiliki support lengkap di halaman website resminya.

Dirman Personal Blog Pakai Plugin SEO

Lalu, apa saja sih plugin seo yang saat ini sedang populer dan terbukti banyak membantu setelah digunakan? Berikut adalah 3 (tiga) plugin yang selalu dirmanto.web.id gunakan saat membangun sebuah website menggunakan wordpress.

1. All in ONE WordPress SEO Plugin

Ini adalah Plugin SEO pertama yang saya pakai sejak mulai mengenal wordpress dan masih dipergunakan hingga saat ini untuk website yang memang cocok karakternya untuk dilengkapi plugin All in One SEO.

All in One SEO WordPress Plugin Gratis
All in One SEO WordPress Plugin Gratis

Kelebihan Plugin All in One SEO ini selain gratis, saat saya mulai menggunakannya sekitar hampir sejak 7 tahun yang lalu adalah menunya yang sederhana, user friendly dengan hasil yang cukup maksimal.

2. Yoast WordPress SEO Plugin

Ini adalah plugin seo kedua yang dirmanto.web.id selalu gunakan untuk kebutuhan memaksimalkan kaidah seo dalam sebuah website maupun blog. Terutama pada bagian posting blog dan halaman statis.

Bagaimana Cara Memilih WordPress Plugin SEO Agar Optimal
Yoast WordPress Seo Plugin Gratis

Terus terang, Plugin Yoast SEO ini merupakan kesukaan Dirman Personal Blog hingga sekarang. Selain juga mudah operasionalnya, kelebihan plugin Yoast SEO ini salah satunya adalah selalu terdepan dalam menyesuaikan diri dengan kaidah Algoritma Mesin Pencarian Populer. Baca 7 Manfaat Plugin Yoast SEO.

3. Rank Math WordPress SEO Plugin

Awalnya, saya memiliki kesempatan mencoba plugin rankmath karena sedang membuat sebuah halaman landing page menggunakan Elementor plugin. Nah, saat itu satu-satunya plugin seo yang kompatibel digunakan bersama elementor dalah plugin Rank Math SEO. Baca pengalaman Dirman Personal Blog menggunakan Plugin Rank Math SEO pada Elementor.

Rank Math WordPress Plugin Seo Gratis
Rank Math WordPress Plugin Seo Gratis

Karena masih sebagai pengguna baru, saya belum terlalu mengetahui apa yang menjadi kelebihan Plugin Rank Math SEO ini. Namun yang jelas, plugin seo ini memiliki fitur nilai seo saat digunakan. Semakin tinggi scorenya, ada kemungkinan konten yang kita buat semakin cocok dengan kaidah algoritma search engine populer yang berlaku.

Bagaimana Cara Memilih WordPress Plugin SEO Agar Optimal

Dari ketiga plugin seo di atas, masing-masing memang terdapat kelebihan serta kekurangannya. Silahkan dicoba sendiri, mana yang sekiranya lebih mudah anda pahami dalam mengoperasikannya dan tentu saja cocok dengan karakter konten website atau blog yang sedang dioptimalkan dari sisi Search Engine Optimation.

Profil PWA Dirman Personal Blog

“Menggunakan Plugin SEO tidak menjamin 100% Website Anda Akan Tampil di Mesin Pencarian. Update selalu konten Anda secara berkala.”

— Dirman Personal Blog This Post Disclosure

Tetap dahulukan konten daripada yang lain. Tak berbeda dengan blog, jangan terpaku di awal mencari plugin seo apa yang akan digunakan, namun isilah dengan konten semaksimal mungkin secara berkala. Ini juga akan berguna di kemudian hari.

Saat anda sudah menggunakan plugin SEO, anda dapat memerika konten mana yang semakin populer, apakah yang masih orisinil tanpa optimasi plugin, atau yang sudah disesuaikan setelah menggunakan plugin seo.

Selamat mencoba memilih plugin seo. Semoga artikel ini menjadi manfaat untuk membantu mempermudah anda dalam menentukan pilihan plugin seo pada wordpress.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.