7 Alasan Install Plugin Yoast

7 Alasan Install Plugin Yoast. Pengguna wordpress mana yang tidak mengenal plugin dengan nama Yoast. Beberapa blogger yang menggunakan wordpress, bahkan sudah “mewajibkan” untuk menambahkan plugin ini di setiap blog wordpress miliknya.

Sebelum disampaikan 7 Alasan mengapa perlu install plugin yoast, mari kita kenali sedikit saja, apa itu plugin yoast, siapa tahu pembaca saat ini belum begitu mengenal walaupun mungkin sudah pernah mendengarnya.

7 Alasan Install Plugin Yoast
Gambar milik: Yoast.com

Sekilas Kisah Plugin Yoast

Joost de Valk, dikenal sebagai orang pertama (Founder), yang kemudian bersama tim saat ini terus mengembangkan Yoast plugin. Yoast, adalah sebuah wordpress plugin yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membantu meningkatkan penerapan kaidah SEO OnPage dari sisi karakteristik penulisan (posting), disesuaikan dengan perkembangan Algoritma mesin pencarian Google.

Secara garis besar, menggunakan plugin yoast, berarti kita melakukan penulisan yang akan selalu sesuai dengan apa yang disarankan oleh google, seperti jumlah kata, keyword, backlink, penggunaan gambar dan sebagainya untuk mendukung tujuan Rich Content (konten yang kaya akan informasi).

7 Alasan Install Plugin Yoast

1. Analisa Konten Langsung

Menurut saya, ini adalah poin paling penting, sembari menulis konten di blog, plugin yoast menyediakan fitur analisa langsung, seperti tipe judul, panjang judul, fokus deskripsi, penggunaan atribut gambar, link internal, link eksternal, meta deskripsi dan masih banyak lagi. Analisa ini akan selalu terupdate sesuai dengan ketentuan algoritma yang berlaku pada kebijakan google search console.

2. Tersedia Fitur Cornerstone

Adalah sebuah fasilitas dengan tujuan untuk menjadikan satu datau beberapa artikel blog menjadi yang utama, ini akan berguna jika anda ingin mengedepankan tulisan promosi atau topik tertentu pada blog, yang kemudian dijadikan sebagai pilar/landasan, informasi utama dari blog.

3. Dukungan Update Berkala

Yoast tidak hanya sekedar dibuat orang sebuah developer biasa, Tim yang kompeten serta profesional, akan selalu bekerja agar plugin tetap dapat mendukung segi SEO sebuah blog.

4. Satu Plugin Untuk Semua Keperluan SEO

Dengan menggunakan yoast, kita bisa memanfaatkan seluruh keperluan SEO, terutama onPage tanpa penggunakan plugin tambahan lain, cukup satu plugin saja.

5. Meringankan Load Blog

Berdasarkan alasan nomor empat di atas, semakin sedikit seo plugin kita install, maka semakin tidak memberatkan loading website/blog.

6. Gratis

Plugin ini bisa kita install tanpa mengeluarkan biaya tambahan alias free, untuk kebutuhan keseluruhan SEO pada blog.

7. Tersedia versi Premium

Jika anda membutuhkan pengalaman SEO tambahan yang lebih baik, bisa gunakan versi yang berbayar kapan saja. Semisal Anda sedang membangun sebuah blog untuk kebutuhan personal branding, membuat web toko online dengan wordpress, sebaiknya gunakan versi premium agar fitur yang didapatkan menjadi lebih banyak lagi.

Demikian disampaikan 7 Alasan mengapa perlu Install Yoast Plugin. Ini merupakan pengalaman pribadi bersama blog DIRMANTO.web.id, dimana yoast plugin terinstall didalamnya, selain plugin wordpress populer lainnya yang memiliki fungsi Non SEO.

Pengalaman Menggunakan Yoast Plugin

Anda sendiri, punya pengalaman menarik saat mulai menggunakan plugin populer ini pada blog? Boleh dong berbagi apa saja kekurangan dan kebelihaanya, atau bahkan ada pencapaian tersendiri setelah intens menggunakan yoast?

7 Alasan Install Plugin Yoast
Tampilan Analisa Yoast Plugin pada Halaman Posting

Memasang plugin wordpress terlalu banyak, memang akan sedikit banyak berpengaruh kepada kecepatan loading blog, gunakan seperlunya saja, sesuaikan dengan kebutuhan.

7 Alasan Install Plugin Yoast

Menerapkan Kaidah Analisis SEO Yoast pada Blogspot

Anda pengguna Blogger? Bisa juga lho menerapkan analisa yang digunakan oleh plugin yoast agar konten postingan pada blogspot Anda sesuai dengan kaidah SEO yang berlaku saat itu. Jenis kaidah SEO yang dapat dioptimalkan, antara lain adalah :

  • Fokus Keyword yang akan digunakan,
  • Tampilan judul, deskripsi serta link posting yang akan tampil di mesin pencarian (snippet preview),
  • Saran jumlah kata minimal dalam sebuah konten,
  • Penggunaan Heading pada halaman konten.

Tool online untuk memeriksa apakah konten sudah sesuai kaidah SEO atau masih perlu dimaksimalkan versi Yoast Plugin tersebut dapat diakses pada link : https://yoast.com/research/real-time-content-analysis/.

Semoga bermanfaat.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.