Apa Saja Aplikasi Desain Grafis Favorit Anda?

Apa Saja Aplikasi Desain Grafis Favorit Anda? Dirman Personal Blog, cukup sering mendengar beberapa ungkapan seperti ini : “Pakai software premium berbayar, tapi harga berlangganannya mahal sekali!“. “Jika menggunakan yang gratisan, takut nanti hasilnya kurang bagus!“. Anda adalah salah satunya?

Kapan Anda Membutuhkan Sebuah Desain?

Mari kita cermati beberapa aktivitas online harian yang sederhana. Misalkan saja, saat melakukan update status whatsapp, instagram, facebook dan sosial media lain yang anda gunakan saat ini. Anda tentu memerlukan sebuah gambar kemudian dilengkapi dengan beberapa baris tulisan sebagai caption (baca: kepsyen). Secara tidak langsung, sebenarnya anda sedang menggunakan sebuah desain visual, walaupun tergolong sederhana.

Apalagi jika status yang anda update memiliki tujuan tertentu, seperti misalnya : berisi ajakan, mengandung konten promosi jualan dan sebagainya. Sadar atau tidak, anda pasti membutuhkan desain khusus agar status tersebut menjadi lebih menarik. Ini artinya, hampir setiap saat anda akan selalu membutuhkan sebuah desain grafis, baik berupa gambar maupun video.

Anda sebenarnya sudah menggunakan Aplikasi Desain. Apa saja, itu?

Sejalan bersama fakta di atas, coba perhatikan lagi isi laptop atau smartphone anda. Adakah beberapa aplikasi desain yang sudah terinstall di dalamnya? Jika belum, berikut adalah beberapa aplikasi desain populer yang pastinya sudah pernah banyak digunakan, paling tidak oleh saya sendiri :

Foto Grid – Editor Foto & Kolase Foto

Foto Grid - Editor Foto & Kolase Foto
Aplikasi Editor Photo oleh Foto Grid

Ini adalah aplikasi pertama yang saya gunakan untuk mengedit foto. Fiturnya cukup banyak dan keren. Saya menggunakan Foto Grid untuk kebutuhan membuat gambar kolase produk. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi fotogrid antara lain :

  • Hasil resolusi foto cukup tinggi, sehingga cocok sebagai foto untuk update status di sosial media populer seperti : instagram dan facebook.
  • Tersedia banyak koleksi bingkai foto untuk disesuaikan menjadi koleksi foto terbaik.
  • Bisa menggabungkan hingga lebih dari 15 foto dalam satu kolase yang keren.
  • Jika diperlukan, kita dapat memilih aneka latar belakang jenis font untuk pelengkap tulisan sebagai caption gambar.
  • Ada fitur blur (bisa menjadikan sebagian foto kita tampak terlihat kabur).

Kalau tidak salah ingat, saya hampir 3 tahun lamanya menggunakan aplikasi Foto Grid ini untuk keperluan editing foto, baik foto pribadi maupun foto produk untuk jualan. Anda juga pernah menggunakan aplikasi ini?

Snapseed – Editor Foto besutan Google

Snapseed adalah editor foto lengkap dan profesional yang dikembangkan oleh Google
Snapseed adalah editor foto lengkap dan profesional yang dikembangkan oleh Google

Awalnya, saya memang tidak tahu kalau ada aplikasi yang lengkap dan profesional milik google. Saya baru kemudian mengetahuinya setelah seorang teman update instagram feed dengan foto yang cukup bagus. Selain tersedia fitur keren, aplikasi Snapseed ini juga bisa diunduh secara gratis melalui google playstore. Beberapa fitur yang saya sukai dari snapseed foto editor ini, antara lain adalah :

  • HDR Scape, fitur ini sangat saya suka karena bisa menjadikan foto standar memiliki tampilan lebih memukau dengan menciptakan efek beberapa eksposur.
  • Eksposur Ganda, jika anda ingin memadukan 2 (dua) foto menjadi satu kolase yang mantap, snapseed punya fitur yang bisa anda gunakan. Hasilnya, cukup halus, lho.
  • Penyempurnaan Fokus Wajah, saat ini, kita lebih mengenalnya dengan sebutan fitur filter efek. Nah, snapseed ini juga memiliki kemampuan untuk menambahkan fokus ke mata, pencahayaan khusus, atau muluskan kulit.

Aplikasi Desain Grafis Favorit Saya

Sebagai seorang praktisi digital yang belakangan memiliki blog pribadi, aplikasi desain sepertinya menjadi wajib untuk dimiliki. Apalagi jika konten yang diproduksi perlu ditampilkan agar memiliki nilai promosi khusus. Tak hanya gambar disertai tulisan, terkadang saya juga membutuhkan sebuah hasil desain grafis audio visual berupa video. Tentu saya perlu sebuah aplikasi desain yang mumpuni untuk keperluan tersebut.

Saat ini, saya menggunakan Canva.

Saya cukup yakin anda juga sedang menggunakannya saat ini. Selain tersedia dalam versi gratis. Canva cukup memenuhi kebutuhan saya membuat gambar maupun video untuk : persentasi, posting feed dan story instagram, konten facebook post, poster, logo, flyer, spanduk, brosur, bahkan untuk kebutuhan membuat desain gambar cover akun media sosial. Untuk kebutuhan desain yang lebih beragam, anda bisa menikmati fitur Canva Premium.

Apa Saja Aplikasi Desain Grafis Favorit Anda?
Buat Desain Grafis Menakjubkan Bersama Canva

Sebagai pelengkap informasi, berikut hasil berupa gambar serta video yang merupakan pengalaman pribadi saya menggunakan canva editor untuk membuatnya.

Video ini dibuat serta diedit menggunakan aplikasi Canva

Apa Saja Aplikasi Desain Grafis Favorit Anda?

Selain hasil desain yang dibuat menggunakan canva bisa menghasilkan jenis ekstensi gambar berupa jpg, png dan gif. Bisa juga dibuat animasi menjadi video mp4 lho.. keren, kan?

Jika Dirman Personal Blog saat ini sedang menggunakan Canva sebagai aplikasi favoritnya untuk keperluan membuat desain grafis, bagaimana dengan Anda? apakah juga sama? atau mungkin Anda memiliki aplikasi desain yang lain? Boleh dong berbagi pengalaman menariknya saat mencoba aplikasi tersebut, ya.

Bagi yang bersedia berbagi pengalaman, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang sudah tersedia pada halaman ini.

Apa saja Aplikasi Desain Grafisnya, Imajinasi Anda Adalah Penentu Hasil Akhirnya.

dirmanto.web.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.