Apa itu WhatsApp Business Platform? dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Menggunakan fitur whatsapp bisnis untuk menjalankan sebuah startup, memang akan lebih mendukung serta memudahkan jalur komunikasi antara calon pembeli dengan Anda sebagai pemilik usaha. Nah, agar lebih bisa maksimal merasakan manfaatnya, simak informasi lengkap tentang Apa itu WhatsApp Business Platform? dan Bagaimana Cara Mendapatkannya, berikut ini.

Apa itu WhatsApp Business Platform? dan Bagaimana Cara Mendapatkannya
Whatsapp Business Platform: Solusi Canggih Untuk UKM hingga Enterprise!

Jika Anda mencoba googling WhatsApp bisnis, Anda akan menjumpai 2 versi yang berbeda, yakni WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform.

Keduanya sama-sama merupakan WhatsApp yang digunakan untuk berbisnis. Jadi, apa perbedaannya? Ternyata, dari segi fitur hingga kegunaan, WhatsApp Business dan WhatsApp Business Platform keduanya berbeda.

Mari kita bahas dari beberapa aspek, termasuk kegunaan dan mana yang lebih menguntungkan bagi bisnis.

Apa Bedanya WhatsApp Business Aplikasi dan WhatsApp Business Platform?

Sebelum memilih tipe whatsapp seperti apa yang sekira akan cocok dengan startup bisnis, sebaiknya kenali lebih dulu tentang Apa Bedanya WhatsApp Business Platform dengan Aplikasi WhatsApp Business Biasa.

Baik WhatsApp Business Platform, maupun aplikasi WhatsApp Business, keduanya sama-sama dapat digunakan sebagai sistem serta sarana untuk berbisnis. Namun, saran penggunanya ternyata dibedakan sendiri oleh Meta atau WhatsApp.

Aplikasi WhatsApp Business diperuntukkan bagi bisnis online (olshop) atau yang skala bisnisnya terbilang kecil. Sedangkan WhatsApp Business Platform ditujukan bagi UKM dan bisnis berskala menengah hingga besar, serta perusahaan berskala apapun yang lebih fokus pada sistem pelayanan pelanggan.

Apa Bedanya WhatsApp Business Aplikasi dan WhatsApp Business Platform?
Apa Bedanya Aplikasi Whatsapp Bisnis dan WhatsApp Business Platform?

Selain itu, wujud atau format kedua versi WhatsApp ini pun berbeda. WhatsApp Business merupakan aplikasi siap pakai, berwujud aplikasi Android, iOS, web, dan desktop. Sedangkan, WhatsApp Business Platform tidak langsung siap dipakai user.

Wujudnya adalah API (Application Programming Interface), yang mana harus diubah dulu menjadi aplikasi siap pakai oleh pengembang dan perusahaan penyedia layanan yang bermitra dengan Meta atau WhatsApp.

Lalu, dari segi fitur, kedua jenis WhatsApp ini juga berbeda. Pada aplikasi WhatsApp Business, bisnis bisa menggunakan berbagai fitur bawaan sederhana yang setidaknya cukup untuk berbisnis secara online dengan menggunakan WhatsApp.

Sedangkan WhatsApp Business Platform, memiliki fitur yang jauh lebih canggih. Misalnya, seperti untuk mengirimkan OTP, promosi marketing, dan reminder serta billing, membuat FAQ dan pusat informasi dengan chatbot, melakukan transaksi komersial dengan akun yang teverifikasi (centang hijau), serta masih banyak fasilitas untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Kenali WhatsApp Business Platform, Solusi Canggih WhatsApp untuk UKM dan Enterprise!

Sebagai pebisnis, tentu Anda selalu akan mempersiapkan segala sesuatu terkait kebutuhan pelayanan binis hingga untuk jangka panjang, bukan? Prinsip seperti ini perlu, bahkan penting diterapkan agar kedepan anda bisa melakukan “upgrade” sistem pelayanan dengan mudah dan cepat!.

Lalu, Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business Platform?

Perlu diketahui, cara mendapatkan WhatsApp Business Platform berbeda dengan aplikasi WhatsApp Business biasa yang bisa diunduh langsung dari app store atau situs resmi WhatsApp.

Untuk menggunakan solusi WhatsApp Business Platform, bisnis harus menggunakan layanan WhatsApp Business Solution Provider (BSP), atau perusahaan pihak ketiga yang secara resmi bekerjasama dengan WhatsApp dan Meta untuk menghadirkan layanan WhatsApp Business Platform.

Salah satu WhatsApp BSP yang paling terkemuka di Indonesia ialah Wappin. Wappin menyediakan solusi WhatsApp Business Platform, WhatsApp chatbot, omnichannel, WhatsApp OTP, dan berbagai solusi komunikasi lainnya yang dapat digunakan oleh bisnis.

Nah, sekarang jadi lebih mengerti tentang Apa itu WhatsApp Business Platform, bukan? Selanjutnya, Anda hanya perlu melanjutkan untuk segera dapat memiliki manfaat integrasi bisnis online dengan semua fitur canggih pada whatsapp business platform tersebut.

Anda bisa menggunakan layanan Wappin sebagai salah satu perusahaan whatsapp business solution provider terkemuka, di Indonesia.

Whatsapp Business API Mulai Dilirik UKM dan Enterprise, oleh: Wappin Indonesia.
19 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.