Aktifitas harian seorang narablog

Sebagai seorang full time blogger, apalagi jika kamu sudah menjadi narablog profesional dengan banyak tawaran job konten promosi, pasti sibuk banget dong! benar, tidak? Biasanya, apa saja sih kesibukan tersebut? Berikut merupakan Aktifitas harian seorang narablog berdasarkan pengalaman dirmanto.web.id.

Rutinitas Umum Seorang Narablog

Mungkin sama, atau bisa saja berbeda dengan para narablog lainnya, karena jujur saja.. dirmanto.web.id merasa belum menjadi blogger populer seperti para narablog Indonesia lainnya yang dengan mudah dapat ditemukan melalui mesin pencarian google atau search engine populer lainnya.

Aktifitas harian seorang narablog
sumber gambar: https://www.pinterest.com/pin/323766660693803336

Pada judul posting ini, mengapa saya menuliskan kata NaraBLOG, bukan Blogger? Karena kebetulan saja beberapa hari terakhir ini sedang “gandrung” menggunakan kata narablog sebagai sebutan untuk para pemilik maupun penulis di blog yang berasal dari negara Indonesia.

Berbeda dalam bahasa inggris yang disebut dengan blogger, walaupun pada dasarnya adalah sama saja, yakni individu yang memiliki blog dan melakukan update dengan menulis secara berkala maupun tidak.

Rutinitas umum sehari-hari seorang narablog, berdasarkan pengalaman dirmanto.web.id, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Menuliskan apa saja yang sekiranya bermanfaat
    Tidak jarang halaman blog ini hanya berisikan pengalaman perjalanan ke suatu tempat, baik sendiri maupun bersama teman/keluarga, atau sekedar berkunjung ke tempat kuliner yang belum pernah dikunjungi sebelumnya.
  • Menjadikan pengalaman pribadi sebagai bahan membuat konten
    Biasanya, sebuah blog dengan konsep “rich content” lebih disukai untuk dikunjungi, dilihat kemudian dibaca. Sehingga dirmanto.web.id mencoba mengisi setiap posting tidak hanya sekedar tulisan saja, namun juga dilengkapi dengan gambar & video yang tentunya dapat mewakili isi tulisan.
  • Berkomunikasi dengan narablog lain & melakukan Blogwalking
    Bersilaturahmi dengan narablog lain, walaupun hanya sebatas melalui media sosial dan melakukan BLOGWALKING, tentunya dapat menjadi manfaat, diantaranya adalah sebagai ajang saling berkunjung secara virtual yang pada akhirnya bisa saja menambah ide untuk bahan tulisan berikutnya.
  • Mengakses situs berisi Tools yang bermanfaat sebagai kebutuhan Narablog
    Seperti misalnya: Webmaster Blog, Google Search Console/Analystic, halaman PageSpeed Insights, halaman Statistic pada cPanel/eksternal statistic, halaman adsense/adwords atau halaman afiliasi lain yang diikuti jika blog digunakan juga untuk monetize profitable.

Poin aktifitas harian diatas merupakan sesuatu yang cukup penting dilakukan seorang blogger (narablog), agar selalu tetap eksis dan produktif dengan blog yang dimilikinya.

Bagi Dirman Personal Blog sendiri, di antara poin di atas yang paling penting dan amat diperhatikan adalah pada poin terakhir, karena dengan beberapa tools tersebut, akan dapat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana status update popularity blog kita di mesin pencarian, siapa saja yang berkunjung, seberapa cepat blog ketika diakses melalui dekstop maupun smartphone, dan lain sebagainya.

Kebiasaan khusus seorang Narablog

Berbeda dengan beberapa narablog yang sudah memiliki “ritme khusus” dengan karakter blognya. Hal ini terjadi biasanya menyesuaikan dengan tema atau niche blog yang sedang dibangun serta dijadikan sebagai personal branding secara profesional.

Aktifitas harian seorang narablog
Aktifitas harian seorang narablog

Sependek yang Dirman Personal Blog ketahui dan juga pernah melakukan beberapa kebiasaan tersebut beberapa diantaranya adalah :

  • Melakukan riset kata kunci (keyword) untuk kebutuhan produksi konten sesuai tema blog.
  • Mengikuti update konten populer menggunakan fasilitas Google tren.
  • Memeriksa peringkat hingga kecepatan loading blog secara berkala.
  • Melakukan pemeriksaan ulang konten yang sudah tayang di blog, kemudian menyesuaikan kembali dengan beberapa perubahan atau update yang sekiranya dibutuhkan.
  • Update konten di social media yang terintegrasi dengan blog sebagai sarana mikro blogging.
  • Terus memantau kinerja performa blog menggunakan Google Analystic dan Search Console.
  • Meningkatkan peringkat authority domain blog dengan SEO Off Page.
  • Mengikuti lomba blog.

Demikian sekilas aktifitas harian dirmanto.web.id berdasarkan pengalaman pribadi. Ada yang kurang? kalau kamu, biasanya melakukan apa saja sebagai Aktifitas harian seorang narablog?

Informasi ini bermanfaat?

Pilih salah satu bintang untuk menilai.

Penilaian rata-rata: 0 / 5. Jumlah vote: 0

Jadilah yang pertama untuk menilai informasi ini.

8 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *