5 Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis

5 Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis di Blog. Siapa sih yang tak pernah mengalami kehilangan ide saat ingin menulis konten. Bahkan, saya sering mendengar hal ini juga terjadi pada seorang narablog yang seluruh waktu produktifnya diluangkan untuk ngeblog. Apalagi, bagi blogger yang masih menjadikan aset blog sebatas profesi tambahan dalam melengkapi sumber penghasilannya. Nah, kamu sendiri, seberapa sering mengalami kebuntuan ide?

5 Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis
Pengalaman Pribadi Dirman Personal Blog

Beberapa Hal Penyebab Writer’s Block

Yeps.. akhir-akhir ini, saya mengenal istilah kebuntuan inspirasi dalam menulis konten di blog dengan istilah populer writer’s block. Dirman Personal Blog sendiri pernah mengalami hal tersebut. Jika diingat, hal-hal yang sering kali menyebabkan sulitnya menemukan ide serta inspirasi saat ingin membuat sebuah konten berupa tulisan, adalah sebagai berikut :

1. Terlalu Sering Membuat Konten

Saya setuju. Bagi sebagian besar blogger, sering membuat sebuah konten dapat berarti juga cuan semakin tebal. Namun saya sendiri pernah mengalami saat menerima beberapa “pekerjaan menulis” dengan topik atau niche yang itu-itu saja, sangat riskan untuk menjadi cepat merasa bosan. Akhirnya, malah menemui kebuntuan saat akan membuat tulisan.

Namun demikian, kondisi ini biasanya tidak berlaku kepada seorang narablog yang memang memiliki keahlian khusus pada salah satu bidang tertentu.

2. Dipaksa Menulis Konten Di luar Bidangnya

Ini juga pernah saya alami beberapa kali. Awalnya, saya juga punya konsep berpikir seperti ini : “harus bisa!, karena ini adalah sebuah tantangan bagi seorang blogger“. Ada beberapa konten yang pada akhirnya suskes dipublikasikan. Namun tak sedikit juga yang sempat “bertengger” di Draft Posting selama sekian hari.

Jika saya coba telaah, konten yang berhasil saya publish walaupun bukan merupakan passion-nya, disebabkan karena pada akhirnya saya suka atau bahkan tertarik sampai menyenangi topik/bidang tersebut. Jadi, hal ini bukan merupakan sebuah penyebab mutlak, paling tidak itu yang berlaku pada diri saya sendiri. Asal awalnya sudah suka, bisa jadi benih cinta kemudian bersemi di dalamya. #eh.. heuheuhe.

3. Kurang Sosialisasi Dengan Sekitar

Ini juga bisa menjadi masalah serius lho. Saat awal punya blog, saya cukup sering hanya terlalu sibuk dengan blog sendiri saja. Memaksimalkan SEO, mempercantik tampilan, menambahkan fitur unggulan di blog, dan kegiatan dalam zona nyaman yang lain. Sekalinya “keluar melihat dunia persilatan” yang lain, baru deh menyadari kalau saya ternyata kurang update karena terlalu masyuk dalam tempurung.

Sebagai blogger, sama juga halnya seperti hidup bersama orang lain. Narablog bukan cuma kita sendiri, bahkan beberapa kota di Indonesia, punya komunitas blog masing-masing. Berangkat dari pengalaman tersebut, sekarang saya lebih senang untuk mencari teman blog, bahkan tergabung dalam beberapa komunitas. Hasilnya, luar biasa!.

Pengalaman Merupakan Guru. Kenali. Lakukan Adaptasi. Lalu Temukan Sebuah Solusi.

Dirman personal blog

5 Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis

Paling tidak, ini adalah yang pernah saya terapkan sendiri, sesuai dengan pengalaman saat mengalami kebuntuan ide menulis sebuah konten di blog, berdasarkan beberapa penyebab di atas.

Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis versi Dirman

1. Buatlah Beberapa Micro Blog

Jujur saja, saya benar-benar sangat terbantu sekali saat menerapkan metode ini. Apa yang saya lakukan adalah hanya dengan membuat blog tambahan dengan memanfaatkan platform bloging maupun media sosial seperti instagram dan twitter. Pastikan micro blog kamu memiliki topik yang berbeda dengan blog utama, ya. Rasanya seperti berlibur, saat waktu kerja sarat dengan rutinitas yang sama, maka gunakan akhir pekan untuk membuat konten lain yang lebih menyegarkan.

2. Temukan Sisi Lain Yang Menarik Perhatianmu

Seperti dibahas sebelumnya, saat kita ternyata menjadi suka dengan sesuatu, walaupun baru saja mengenalnya, ini justeru bisa dijadikan sebagai peluang sumber konten baru. Lakukan riset dan adaptasi, kembangkan ide-ide baru setelah mandapatkan inspirasi. Bayangkan, jika kamu menyukai seseorang, biasanya secara otomatis akan menemukan hal-hal baru bersamanya, dan itu akan membuatmu lebih merasa senang. Apalagi sampai cocok, ehh.. lagi, wkwkw.

3. Kunjungi Blog atau Sarana Informasi Digital Lainnya

Normaly, ini kita kenal dekat dengan istilah bermasyarakat, bersosialisasi atau bahkan silaturahmi. Setelah bergabung dengan sebuah komunitas blog yang sesuai dengan minatmu, misalnya. Ikuti beberapa kegiatan yang sekiranya bisa menyegarkan inspirasimu sehingga akan dapat dengan mudah menemukan ide konten baru.

Sebagai lanjutan, kamu bisa melakukan interaksi bersama mereka dengan mengikuti social medianya. Bertemanlah dengan baik, jika perlu tanggapi konten mereka secara serius dan terus-menerus. Bagi saya pribadi, ini bisa membuat suasana hati menjadi fresh! coba deh, ya.

4. Tutup Laptop, Matikan Smartphone Sesekali.

Selain bisa menghemat, ini juga bermanfaat baik untuk kesehatan. Badan sehat, pikiran tenang, hati menjadi lebih senang, sudah tentu ide serta inspirasi baru bisa datang, bukan?

5. Awali Dengan Sesuatu Yang Menyenangkan

Lupakan sesaat rencana semalam. Awali hari dengan semangat. Ini dapat berbeda pada setiap orang. Ada yang lebih nyaman mengawali hari dengan membaca berita terkini, melihat status teman di social media atau bahkan memeriksa trafik kunjungan di blog. Kalau kamu, lebih suka ngapain saat membuka laptop pertama kali?

Sebagai sesuatu yang menyenangkan, saya lebih suka mengawali hari dengan yang ringan dulu. Salah satunya adalah bermain game online. Tidak harus game yang seru, sih. Justeru sebuah permainan yang tidak perlu banyak berpikir, biasanya lebih bisa membuat saya lebih fresh untuk bersiap mengarungi samudera kehidupan yang lebih luas lagi ^_^.

Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis
Lihat, game apa yang saya mainkan? — ini sangat menyenangkan!

Tidak hanya saat sekarang saja sih, sebenarnya. Game ini sudah kerap saya mainkan sejak dulu. Walaupun sekarang sudah hadir dalam versi online, tapi bagi saya fungsinya tetap sama, yaitu sebagai salah satu cara agar mood dapat kembali segar. Hanya saja berbeda penerapan saja, dulu saya mainkan saat di ruang kerja, sekarang di rumah saja.

Asyiknya Bermain Game Solitaire Klasik Online
Asyiknya Bermain Game Solitaire Klasik Online

Yups.. kita semua mengenal permainan ini dengan istilah populer SOLITAIRE. Pasti sudah pernah memainkan game ini juga, bukan? Nah, sekarang hadir secara online, lho. Jadi tidak perlu repot install aplikasi apapun untuk memainkannya. Cukup berkunjung ke website game resminya dengan alamat Solitaire.org, langsung main game, deh.

Ada beberapa jenis Game Solitaire yang bisa kamu pilih setelah mengakses webnya, antara lain yang saat ini sedang populer serta paling banyak diminati adalah : Klondike, Freecell, Spider, Pyramid, Tripeaks dan Golf.

Golf Solitaire : Lebih Inovatif. Lebih Menyenangkan.
Golf Solitaire : Lebih Inovatif. Lebih Menyenangkan.

Dari semua jenis permainan yang tersedia pada situs game solitaire tersebut, yang saat ini paling saya sukai adalah Solitaire Klasik dan Golf Solitaire. Coba kamu kunjungi permainan game online ini, pilih salah satunya, lalu beritahu saya, tipe jenis permainan mana yang bisa menjadi game favorit kamu?

5 Tips Alami Menemukan Ide Inspirasi Menulis di Blog

Pengalaman tentang saat kehilangan ide dalam menulis konten di blog serta beberapa tips yang pernah saya terapkan ini, tentu tidak akan menjadi informasi yang kaya manfaat secara umum tanpa kamu. Nah, kalau tidak keberatan, mungkin kamu bisa berbagi cerita tentang hal berbeda yang kamu alami. Jika ada, silahkan sampaikan pada kolom komentar yang telah tersedia, ya. Terima kasih sudah bersedia membaca dan berbagi. Sukses selalu!

15 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.